Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Jamur Tiram?

Jamur adalah pilihan yang pas untuk diolah menjadi makanan lezat

26 Februari 2021

Bolehkah Ibu Hamil Konsumsi Jamur Tiram
Freepik/stockking

Jamur tiram adalah salah satu jenis jamur yang bisa dikonsumsi. Jenis jamur lainnya yang dapat dikonsumsi adalah jamur kancing, jamur madu, dan jamur porcini. Meskipun begitu, bagi ibu hamil, tidak mudah untuk mengonsumsi jamur. 

Pasalnya, beredar mitos bahwa ibu hamil tidak diperbolehkan mengonsumsi jamur tiram karena dapat membahayakan kesehatan janin dalam kandungan. Padahal jamur adalah pilihan yang pas untuk diolah bagi Mama yang sedang beralih menjadi seorang vegetarian. 

Lalu, sebenarnya bolehkah ibu hamil mengonsumsi jamur? Berikut ulasan dari Popmama.com khusus untuk Mama. 

Ibu Hamil Boleh Konsumsi Jamur

Ibu Hamil Boleh Konsumsi Jamur
Freepik

Tenang Ma, selama hamil, Mama tetap bisa mengonsumsi jamur tiram atau makanan dengan bahan dasar jamur tiram. Sebab, seperti dijelaskan di atas, jamur tiram mengandung banyak gizi yang penting untuk tumbuh kembang janin. 

Meskipun begitu, ada hal yang perlu dihindari selama mengonsumsi jamur tiram yakni hindari jamur mentah. Perlu Mama ketahui bahwa jamur mentah bersifat karsinogenik yang bisa membahayakan kehamilan. Itulah sebabnya, Mama perlu memasak jamur hingga benar-benar matang. 

Jangan lupa gunakan jamur tiram yang masih segar. Hindari konsumsi jamur kalengan atau jamur yang diasinkan karena bisa menyebabkan keracunan. Nah, setelah dinilai aman untuk dikonsumsi, kali ini Mama perlu mengetahui kandungan nutrisi dalam jamur dan manfaat untuk kehamilan. 

Editors' Picks

1. Vitamin B untuk perkembangan otak bayi

1. Vitamin B perkembangan otak bayi
freepik/wadeeda

Jamur tiram merupakan sumber makanan yang mengandung vitamin B kompleks seperti tiamin (B1), riboflavin (B2), Niasin (B3), dan asam pantotenat (B5). Secara umum, vitamin B mampu meredakan kelelahan dan mengembalikan energi. Nutrisi ini penting bagi Mama yang tetap ingin beraktivitas selama kehamilan. 

Selain itu, kandungan vitamin B1 dan B3 pada jamur tiram bermanfaat untuk mempercepat perkembangan otak bayi. Kandungan vitamin B3 juga membantu menjaga kesehatan kulit, penglihatan, serta mengembangkan tulang dan otot bayi dalam kandungan. 

Sedangkan kandungan B5 bermanfaat untuk mencegah masalah pencernaan yang kerap dialami oleh ibu hamil. 

2. Antioksidan untuk meningkatkan sistem imunitas

2. Antioksidan meningkatkan sistem imunitas
Pixabay/cocoparisienne

Selanjutnya, jamur tiram juga mengandung antioksidan yang berfungsi untuk meningkatkan sistem kekebalan tubuh mama selama kehamilan. Seperti diketahui, selama kehamilan, tubuh mengalami perubahan hormon sehingga rentan terserang penyakit. 

Ketika Mama mengonsumsi jamur tiram, maka Mama bisa menjaga tubuh dari serangan penyakit sekaligus membantu pertumbuhan dan perkembangan bayi.

3. Vitamin D untuk kesehatan jaringan tulang

3. Vitamin D kesehatan jaringan tulang
Freepik/user25234940

Kekurangan vitamin D bisa menyebabkan Mama mudah lelah dan sering mengalami sakit punggung. Itulah sebabnya Mama dianjurkan untuk mengonsumsi jamur tiram yang menjadi salah satu sumber vitamin D. 

Vitamin D dapat membantu tubuh menyerap kalsium yang bermanfaat untuk kesehatan jaringan tulang dan gigi janin. Vitamin D juga bisa menurunkan risiko mama mengalami preeklampsia. 

4. Mineral untuk asupan oksigen

4. Mineral asupan oksigen
acouplecooks.com

Kandungan mineral banyak ditemukan pada jamur tiram. Nutrisi ini dibutuhkan tubuh untuk pembentukan sel darah merah yang berfungsi untuk menyebarkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Sel darah merah juga dibutuhkan untuk mendukung perkembangan jantung, pembuluh darah, hingga sistem saraf bayi dalam kandungan. Tak hanya mineral, jamur tiram juga mengandung protein yang bisa meningkatkan massa otot bayi. 

Itulah manfaat pada jamur tiram yang sangat berguna bagi kesehatan mama dan si Kecil dalam kandungan. Apakah Mama masih ragu untuk mengonsumsi jamur tiram?

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.