Ini 6 Manfaat Yoghurt untuk Ibu Hamil dan Bayi di Dalam Kandungan

Yoghurt umumnya dikonsumsi sebagai camilan

15 Februari 2021

Ini 6 Manfaat Yoghurt Ibu Hamil Bayi Dalam Kandungan
Freepik/8photo

Yoghurt adalah olahan susu yang dibuat melalui fermentasi bakteri. Sebagian besar ibu hamil menyukai yoghurt karena rasanya yang menyegarkan dan teksturnya yang unik. 

Yoghurt umumnya dikonsumsi sebagai camilan untuk menunjang kebutuhan nutrisi mama selama kehamilan. Yoghurt yang aman dikonsumsi ibu hamil adalah produk yang terbuat dari susu pasteurisasi dan dikonsumsi sebelum kedaluwarsa. 

Selain membuat kenyang, Mama juga bisa mendapatkan manfaat dari bakteri probiotik dalam yoghurt. Apa saja manfaat yoghurt untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan? Popmama.com telah merangkum manfaat yoghurt yang bisa dirasakan oleh ibu hamil dan janin. 

1. Sumber probiotik 

1. Sumber probiotik 
Freepik/nensuria

Yoghurt mengandung probiotik alami yang dapat melancarkan sistem pencernaan mama. Selama hamil, Mama terkadang mengalami sembelit karena terjadi perubahan hormon. Nah..setelah mengonsumsi yoghurt, Mama dijamin terhindar dari masalah pencernaan. 

Untuk mengonsumsi yoghurt, Mama bisa menambahkan buah-buahan seperti anggur dan kiwi. Tambahan buah-buahan juga bisa membantu mengurangi rasa mual di pagi hari. 

2. Memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil

2. Memenuhi kebutuhan kalsium ibu hamil
Pixabay/EliasSch

Seperti dijelaskan sebelumnya, yoghurt mengandung bakteri probiotik yang bisa menyehatkan ibu hamil. Selain itu, yoghurt juga mengandung berbagai macam nutrisi seperti vitamin B2, vitamin B12, kalsium, kalium, dan magnesium. 

Apabila Mama rutin mengonsumsi yoghurt selama kehamilan, maka kebutuhan kalsium harian mama bisa terpenuhi. Kebutuhan kalsium selama hamil adalah 1.200 mg per hari. Perlu diketahui bahwa yoghurt rendah lemak dan mengandung kalsium lebih tinggi dibanding susu. Oleh karena itu, yoghurt adalah salah satu pilihan camilan sehat selama kehamilan.

Editors' Picks

3. Meningkatkan nafsu makan ibu hamil

3. Meningkatkan nafsu makan ibu hamil
Freepik

Selama kehamilan, Mama kerap merasakan mual setiap pagi. Akibatnya, Mama kehilangan nafsu makan. Apabila tidak segera diatasi, kebutuhan nutrisi harian mama bisa terganggu dan membahayakan kesehatan bayi dalam kandungan. 

Nah, Mama bisa mengatasi mual dengan mengonsumsi yoghurt. Nutrisi yoghurt sama halnya dengan susu yakni mengandung kalsium, protein, dan vitamin D. Yoghurt bisa menjadi minuman dingin di pagi hari yang menyegarkan tubuh sekaligus meningkatkan nafsu makan. Rasa asam dan segar pada yoghurt dipercaya bisa menghilangkan rasa mual di pagi hari. 

4. Meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil

4. Meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil
Freepik/splitov27
Ilustrasi susu untuk diet

Manfaat lainnya dari yoghurt adalah meningkatkan imunitas tubuh ibu hamil. Yoghurt bisa membantu melawan serangan bakteri dan kuman yang kerap terjadi pada ibu hamil. Kandungan bakteri baik dalam yoghurt bisa memulihkan flora bakteri usus dan meredakan penyakit yang menyerang sistem pencernaan. 

Apabila tubuh mama sehat selama kehamilan, maka secara otomatis kesehatan bayi dalam kandungan juga terjamin. 

5. Pembentukan gigi dan tulang bayi

5. Pembentukan gigi tulang bayi
Freepik

Telah dijelaskan sebelumnya bahwa yoghurt mengandung protein dan kalsium. Nutrisi tersebut dibutuhkan untuk pembentukan gigi dan tulang bayi dalam kandungan. Selain itu, bayi juga bisa terlahir sehat dengan berat badan normal. 

Perlu Mama ketahui bahwa salah satu faktor yang meningkatkan risiko bayi lahir dengan berat badan rendah adalah kurangnya asupan protein selama dalam kandungan. Kandungan protein juga bisa mendukung tumbuh kembang jaringan otak si Kecil yang memengaruhi kecerdasannya. 

6. Mengurangi risiko bayi lahir prematur

6. Mengurangi risiko bayi lahir prematur
Freepik

Berat badan mama umumnya bertambah 11-16 kilogram selama kehamilan. Apabila berat badan kurang saat hamil maka risiko bayi lahir prematur semakin meningkat. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk menambah berat badan adalah mengonsumsi yoghurt. Mama bisa mengonsumsi yoghurt sebagai camilan dengan tambahan buah-buahan atau oatmeal setiap hari. 

Meskipun begitu, hindari yoghurt yang mengandung pemanis dan memiliki tekstur yang kental. Sebab, yoghurt yang memiliki tekstur yang kental mengandung lebih sedikit nutrisi. Mama disarankan mengonsumsi 3-4 cangkir yogurt setiap hari untuk memenuhi kebutuhan kalsium, kalium, dan protein. 

Demikian enam manfaat yoghurt untuk ibu hamil. Apabila Mama memiliki riwayat alergi setelah mengonsumsi yoghurt, tak ada salahnya untuk konsultasi ke dokter terlebih dahulu. 

Baca juga :

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.