Annisa Pohan Keguguran, Penyebabnya Janin Tidak Berkembang

Bayi di kandungan Annisa Pohan dinyatakan tidak berkembang saat kehamilannya menginjak minggu ke-7

4 Juli 2022

Annisa Pohan Keguguran, Penyebab Janin Tidak Berkembang
Instagram.com/annisayudhoyono

Kabar duka datang dari menantu Presiden RI keenam, Annisa Pohan. Melalui akun Instagram pribadinya Minggu (3/7/2022), istri dari Agus Harimuti Yudhoyono ini mengumumkan bahwa dirinya baru saja mengalami keguguran.

Perempuan berusia 40 tahun itu bercerita jika janin di kandungannya yang sudah berusia tujuh minggu tidak berkembang dengan baik. Tidak bisa dipungkiri, kesedihan masih menyelimuti Annisa Pohan sampai saat ini.

Meski begitu, dirinya berusaha ikhlas menerima kenyataan. Ia percaya jika Allah SWT telah memiliki rencana terbaik untuknya dan suami. Berikut Popmama.com telah rangkum cerita terkait Annisa Pohan keguguran.

1. Bayi di kandungan Annisa Pohan tidak berkembang di usia tujuh minggu

1. Bayi kandungan Annisa Pohan tidak berkembang usia tujuh minggu
Instagram.com/annisayudhoyono

Banyak warganet yang bertanya mengapa Annisa Pohan jarang terlihat belakangan ini. Apalagi, perempuan bernama asli Annisa Larasati Pohan itu sampai menutup WhatsApp dan membukanya jika dalam keadaan penting saja.

Ternyata alasan Annisa Pohan rehat dari media sosial karena dirinya dinyatakan positif hamil, sehingga memilih untuk beristirahat total selama satu bulan lebih. Hal itu dilakukan demi menghindari hal-hal yang membuat stres, serta berharap kehamilannya bisa berjalan sehat dan lancar.

Namun sayangnya, kehamilan Annisa dinyatakan tidak berkembang di usia tujuh minggu. Dikarenakan ukuran bayinya terlalu kecil dan tidak ditemukan detak jantungnya.

Sehingga, dokter menyarankan agar janinya bisa segera dikeluarkan dan dibersihkan dengan sistem ERPOC. Annisa Pohan baru saja melakukan ERPOC pada Sabtu (2/7/2022).

Editors' Picks

2. Annisa Pohan dan Agus Yudhoyono ingin menambah momongan sejak lama

2. Annisa Pohan Agus Yudhoyono ingin menambah momongan sejak lama
Instagram.com/annisayudhoyono

Perempuan kelahiran 20 November 1981 itu menjelaskan jika dirinya dan suami sudah bertahun-tahun berikhtiar ingin menambah momongan. Diberikan kesempatan untuk positif hamil lagi membuat Annisa bahagia bukan main.

“Bagi saya dan mas Agus yang telah bertahun-tahun ikhtiar untuk menambah keturunan, diberikan kesempatan untuk dapat positif hamil adalah anugerah yang luar biasa dari Allah. Dan ketika harus mengalami keguguran, tentu menjadi hal yang sangat berat untuk kami,” tulis Annisa Pohan melalui akun Instagram @annisayudhoyono.

Keguguran yang dialami sempat membuatnya terpukul. Namun, pada akhirnya Annisa dan Agus telah berusaha ikhlas. Mereka yakin jika Allah sudah menyiapkan rencana terbaik untuk keluarga kecilnya.

“Namun kami ikhlas, dan meyakini bahwa ketetapan Allah SWT adalah yang terbaik. Walau begitu, kami hanya hamba Allah yang lemah, airmata dan sedih ini susah sekali untuk dibendung, dan berharap waktu yang akan menyembuhkannya,” tulisnya.

3. Merasa beruntung karena memiliki suami dan anak yang setia mendampingi

3. Merasa beruntung karena memiliki suami anak setia mendampingi
Instagram.com/annisayudhoyono

Beruntung, Annisa mempunyai suami dan putri yang senantiasa menemani, menyemangati, dan menghibur kala dirinya terpuruk menerima kenyataan.

Ia bersyukur karena setidaknya kedua orang yang disayangnya tersebut bisa membangkitkan senyum dan tawa yang sempat hilang dalam dirinya.

“Suami dan anak saya Almira yang senantiasa menemani, menyemangati, dan menghibur, masyaAllah dapat memberikan saya sedikit senyum dan tawa,” ungkap Annisa Pohan.

Annisa menerima dengan apa yang ditakdirkan Allah kepadanya saat ini. Terlebih, ia sadar jika setiap manusia tidak sepenuhnya bisa mendapatkan apa yang mereka inginkan.

“Alhamdulillah saya mensyukuri banyak sekali hal yang telah diberikan Allah kepada saya atas semua hal yang saya miliki sekarang, sekaligus merelakan hal-hal yang tidak dapat saya miliki. Sebagai manusia biasa tidak semua hal bisa kita dapatkan, tapi sebagai hamba kita hanya bisa memohon ridho dan kasih Allah semata,” kata Annisa Pohan.

4. Sedang dalam tahap pemulihan dan tidak putus asa

4. Sedang dalam tahap pemulihan tidak putus asa
Instagram.com/annisayudhoyono

Kini, Annisa sedang dalam tahap pemulihan usai keguguran. Ia mengungkapkan jika dirinya sudah merasa lebih baik setelah melewati prosedur kemarin. Hidup masih terus berjalan, Annisa masih berharap bisa hamil lagi dan dikaruniai anak kedua.

“Sekarang saya sedang dalam tahap pemulihan, dan alhamdulillah hari ini sudah lebih baik setelah prosedur kemarin. Ke depan, hidup harus terus berjalan dengan baik, dan tidak ada kata putus asa,” ujar Annisa Pohan.

Itulah kabar mengenai Annisa Pohan keguguran. Mari kita doakan agar keinginan Mama Annisa dan Papa Agus untuk mempunyai anak kedua segera terwujud ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk