5 Rekomendasi Susu Tinggi Protein untuk Ibu Hamil, Penuh Nutrisi

Lengkapi kebutuhan protein harian dengan susu ibu hamil yang praktis diminum ini

5 Juni 2021

5 Rekomendasi Susu Tinggi Protein Ibu Hamil, Penuh Nutrisi
Freepik/interstid

Salah satu nutrisi yang penting dipenuhi di masa kehamilan adalah protein. Selama masa kehamilan, kebutuhan protein terus meningkat. Di trimester pertama kebutuhan protein ibu hamil adalah sekitar 50 gram per hari, trimester kedua 67 gram per hari, dan di trimester ketiga bertambah menjadi 84 gram per hari. 

Selain lewat makanan, kebutuhan protein dapat dipenuhi dengan dukungan susu hamil yang tinggi protein. Berikut ini Popmama.com punya lima rekomendasi susu tinggi protein untuk ibu hamil yang baik untuk kesehatan kehamilan dan janin:

1. Anmum Materna

1. Anmum Materna
Anmum.com

Susu tinggi protein yang satu ini merupakan merek susu ibu hamil yang memiliki berbagai pilihan rasa yang enak. Susu untuk ibu hamil ini mengandung sekitar sembilan gram protein untuk tiap takaran sajinya. Anmum Materna juga mengandung GA dan DHA yang penting untuk menutrisi otak janin, serta tinggi serat pangan yang berfungsi untuk memelihara saluran pencernaan. 

Hadir dalam dua rasa, yaitu strawberry white chocolate dan cokelat, harga Anmum Materna adalah sekitar Rp 46 ribu untuk kemasan 200 gram dan Rp 76 ribu untuk kemasan 400 gram. 

Editors' Picks

2. Enfamama A+

2. Enfamama A+
Enfa.co.id

Susu hamil produksi Mead Johnson Nutrition ini cukup populer di kalangan ibu hamil di Indonesia. Enfamama A+ mengandung protein sebanyak 12 gram untuk setiap takaran saji 50 gram. Susu yang satu ini dapat dikonsumsi ibu hamil maupun ibu menyusui karena memiliki kandungan delapan nutrisi yang lengkap, mulai dari zat besi, vitamin C, asam folat, dan berbagai komponen penunjang tumbuh-kembang janin. 

Tersedia dalam kemasan 400 gram dan satu pilihan rasa, yaitu cokelat, Enfamama A+ dibanderol dengan harga Rp 95 ribu. 

3. Lactamil Pregnasis

3. Lactamil Pregnasis
Nutriclub.co.id

Lactamil Pregnasis diformulasikan khusus untuk mendukung pemenuhan kebutuhan nutrisi mama dan janin dengan nutrisi ganda. Nutrisi ganda yang terkandung dalam susu yang tersedia dalam tiga rasa ini adalah nutrisi makro dan mikro yang lengkap. Susu untuk ibu hamil dari Lactamil ini mengandung zat besi, asam folat, omega-6, kalsium, vitamin D3, vitamin C, vitamin A, vitamin E, dan protein. Untuk proteinnya sendiri, sekitar 40 gram takaran saji mengandung sekitar sembilan gram protein. 

Mama bisa membeli Lactamil Pregnansis dengan harga yang tidak menguras kantong, yaitu sekitar Rp 36 ribu untuk kemasan 200 gram, dan Rp 60 ribu untuk kemasan 400 gram.

4. Prenagen Mommy

4. Prenagen Mommy
Prenagen.com

Merek Prenagen mungkin sudah tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia. Merek susu ibu hamil ini punya berbagai varian dengan menonjolkan kandungan istimewanya masing-masing. Untuk Mama yang baru mengonsumsi susu untuk ibu hamil, Mama bisa mencoba Prenagen Mommy. 

Prenagen Mommy mengandung nutrisi makro dan mikro yang cukup lengkap. Salah satu nutrisi makro yang terkandung di dalamnya adalah protein sebanyak sembilan gram untuk tiap takaran saji sebanyak 45 gram. Selain protein, Prenagen Mommy juga mengandung asam folat, omega-3, kalsium, dan zat besi yang diperlukan untuk membantu tumbuh-kembang janin. 

Prenagen Mommy tersedia dalam lima rasa, yaitu mocha, kacang hijau, cokelat, strawberry, dan vanilla. Harganya pun cukup terjangkau yaitu sekitar Rp 40 ribu untuk kemasan 200 gram dan Rp 74 ribu untuk kemasan 400 gram.

5. Prenagen Mommy Almond Soya

5. Prenagen Mommy Almond Soya
Prenagen.com

Kacang-kacangan merupakan salah satu jenis makanan yang tinggi akan protein. Nah, buat Mama yang tidak toleran terhadap protein susu sapi, Mama bisa meningkatkan asupan protein dari susu ibu hamil yang mengandung protein nabati. Salah satunya adalah Prenagen Mommy Almond Soya. 

Prenagen Mommy Almond Soya untuk juga mengandung asam folat, zat besi, vitamin D esensial dan kalsium. Kandungan soya dan almond terbukti merangsang produksi ASI secara alami. 

Prenagen Mommy Almond Soya tersedia dalam bentuk susu bubuk dengan kemasan 200 gram seharga Rp 45.500. Ingin lebih praktis? Susu varian ini juga tersedia dalam kemasan UHT Prenagen Almond Barley Soya 200 ml siap minum seharga Rp 10 ribu.

Itu dia beberapa pilihan susu tinggi protein untuk ibu hamil yang dapat memenuhi kebutuhan protein harian mama selama dalam masa kehamilan. Yang tak boleh dilupakan adalah rekomendasi susu untuk ibu hamil ini hanyalah bersifat sebagai penunjang. Sumber protein terbaik yang bisa didapatkan tentu saja dari makanan sehat tinggi protein yang dikonsumsi sehari-hari, seperti telur, kacang-kacangan, daging sapi tanpa lemak, dada ayam, dan lain-lain.

Semoga informasi ini bermanfaat ya, Ma. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.