TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Kandungan Skincare yang Wajib Dihindari Ibu Hamil

Berbagai kandungan ini bisa membahayakan ibu hamil dan janin

18 Agustus 2022

5 Kandungan Skincare Wajib Dihindari Ibu Hamil
Freepik/artursafronovvvv

Setiap ibu hamil pasti selalu berusaha untuk menjaga bayi yang ada di dalam kandungannya. Setiap hal dilakukan secara hati-hati untuk menjaga dam menghindari hal bahaya yang bisa saja terjadi pada bayi di dalam kandungan.

Selain menjaga makanan yang dikonsumsi dan menghindari aktivitas yang berbahaya, Mama juga perlu berhati-hati dengan produk skincare yang Mama gunakan selama kehamilan. Hal ini dikarenakan ada kandungan dalam produk skincare yang dapat membahayakan ibu hamil dan janin.

Kali ini Popmama.comakan membahas kandungan skincare yang wajib dihindari ibu hamil yang informasinya telah dirangkum dari berbagai sumber. Yuk, Ma, kita lihat ada apa saja!

1. Diethyl phthalates

1. Diethyl phthalates
Freepik/Benzoix

Menurut Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat, diethyl phthalates merupakan kandungan yang paling sering ditemukan dalam produk kecantikan.

Pada umumnya, diethyl phthalates merupakan kandunganyang digunakan untuk mempercepat penyerapan produk skincare ke dalam kulit.

Selama masa kehamilan, ada baiknya Mama menghindari produk skincare yang mengandung bahan ini, selain berbahaya bagi janin, diethyl phthalates ini juga bisa membahayakan ibu hamil.

Editors' Picks

2. Hydroquinone

2. Hydroquinone
Freepik/Timeimage

Hydroquinone merupakan kandungan yang ada di dalam prodik skincare untuk mencerahkan kulit wajah, mengatasi masalah jerawat, dan menyamarkan flek kecoklatan di wajah.

Skincare yang mengandung hydroquinone tidak disarankan untuk ibu hamillantaran dapat meningkatkan risiko kecacatan janin.

Jika sebelum hamil menggunkan produk skincare yang mengandung hydroquinone, maka selama kehamilan sebaiknya Mama menghentikan penggunaannya.

3. Oxybenzone

3. Oxybenzone
Freepik/user18526052

Sunscreen merupakan produk skincare dasar yang banyak digunakan orang untuk melindungi kulit dari paparan sinar matahari yang bisa merusak kulit. Namun tahukah Mama bahwa kandungan oxybenzone dalam sunscreen bisa berbahaya bagi bayi?

Kandungan oxybenzone dipercaya dapat membahayakan ibu hamil dan bayi yang ada di dalam kandungannya. Selain itu, oxybenzone juga mengganggu hormon dalam tubuh.

4. Retinoid

4. Retinoid
Pexels.com/Andrea Piacquadio

Retinoid ini merupakan senyawa kimia turunan dari vitamin A yang bermanfaat untuk merangsang pertumbuhan sel kulit baru, mencerahkan wajah, mengobati jerawat, dan menghambat munculnya kulit keriput.

Manfaatnya yang cukup banyak menjadikan skincare yang mengandung retinoid ini sering dicari oleh banyak orang. Namun, produk skincare yang mengandung retinoid ini tidak bisa boleh digunakan ibu hamil. Hal ini nantinya bisa berdampak pada kondisi bayi.

Kandungan retinoid dalam skincare disebut dapat menganggu pertumbuhan janin dan menyebabkan cacat janin.

5. Salicylic acid

5. Salicylic acid
Pixabay/jmexclusives
Penggunaan salicylic acid untuk ibu hamil yang mengalami masalah jerawat

Salicylic acid atau asam salisilat merupakan zat kimia dalam skincare yang termasuk ke dalam kelompok BHA. Salicylic acid pada umumnya ditemukan dalam produk skincare yang diperuntukan untuk mengobati jerawat serta menyamarkan luka pada kulit.

Kandungan salicylic acid ini sebenarnya masih aman digunakan oleh ibu hamil jika dalam jumlah yang sedikit, namun jika digunakan dalam dosis yang tinggi hal ini bisa berbahaya bagi janin.

Penggunaan salicylic acid dalam jumlah tinggi dapat menyebabkan bayi cacat lahir, kelahiran prematur, dan berat badan bayi yang rendah.

Itu tadi kandungan skincare yang wajib dihindari ibu hamil. Apabila produk skincare yang Mama gunakan selama ini mengandung kelima bahan tersebut, ada baiknya selama kehamilai penggunaanya dihentikan sementara untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Jika Mama ingin menggunakan skincare di masa kehamilan, ada baiknya konsultasikan ke dokter untuk mengetahui produk apa saja yang aman digunakan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk