Hasil Test Pack Samar, Apa Ini Artinya Tidak Hamil?

Pernahkah kamu melakukan tes kehamilan beberapa kali tapi justru hasilnya samar?

25 Mei 2022

Hasil Test Pack Samar, Apa Ini Arti Tidak Hamil
Pexels/SHVETSproduction

Saat melakukan program hamil, kamu tentu sangat menanti-nanti hasil positif pada tes kehamilanmu. Namun, pernahkah kamu melakukan tes beberapa kali namun dengan hasil test pack samar?

Hal ini tentu membuatmu bingung sekaligus penasaran, bukan? Apalagi jika ternyata kamu tidak menunjukkan tanda-tanda kehamilan yang paling umum seperti mual dan muntah. Mungkin, kamu akan mulai berpikir bahwa kamu memang sedang tidak hamil.

Namun ternyata, ada penjelasan ilmiah tentang kenapa hasil test pack samar, lho! Nah, agar kamu tidak semakin penasaran, jangan lewatkan artikel dari Popmama.com yang satu ini, ya.

Editors' Picks

Bagaimana Kerja Test Pack saat Menguji Kehamilan?

Bagaimana Kerja Test Pack saat Menguji Kehamilan
Pexels/Nataliya Vaitkevich

Sebelum mengetahui lebih lanjut tentang kenapa hasil test pack bisa samar, ada baiknya kamu mengetahui bagaimana cara kerja tes kehamilan tersebut terlebih dahulu.

Tes kehamilan yang bisa diuji di rumah menggunakan sampel urin untuk mendeteksi kehamilan, dengan menampilkan hasil dua garis. Garis pertama sebagai garis kontrol dan garis kedua sebagai garis tes.

Jika kamu sedang hamil, maka hasil tes akan menunjukkan dua garis, di mana hormon kehamilan hCG berhasil dideteksi. Namun, tes kehamilan ini sifatnya kualitatif, karena hanya menampilkan hasil 'Ya' atau 'Tidak', tanpa mengetahui seberapa banyak kadar hCG dalam tubuhmu.

Kenapa Hasil Test Pack Bisa Samar?

Kenapa Hasil Test Pack Bisa Samar
Freepik/jcomp

Saat hamil, hasil test pack bisa menunjukkan garis yang tebal atau pun samar. Ingat, hasil ini sifatnya kuantitatif saja. Lalu, kenapa lama-kelamaan hasilnya bisa samar, ya? Apa ada yang salah dengan penggunaan alat tesnya?

Ternyata, samar atau tidaknya garis merah yang terlihat pada test pack dipengaruhi oleh banyaknya kadar hCG yang berhasil dideteksi oleh alat tes kehamilan tersebut. Jika samar, maka kadar hCG yang dideteksi sedikit, begitu pun sebaliknya.

Nah, ternyata perbedaan ini dipengaruhi oleh perilakumu sehari-hari, lho, mulai dari seberapa banyak kamu minum air, seberapa sering kamu buang air kecil, hingga kapan kamu melakukan tes kehamilan tersebut.

Waktu yang tepat untuk melakukan tes kehamilan dan yang paling akurat adalah di pagi hari setelah bangun tidur, sebelum melakukan aktivitas atau minum air putih. Karena semalaman tidak ada asupan air, maka keberadaan hCG akan semakin mudah dideteksi.

Begitu pun sebaliknya, ya. Jika kamu minum banyak air putih dan melakukan tes kehamilan di malam hari sebelum tidur, maka kemungkinan hasilnya akan samar. Jadi, waktu pengambilan sampel urinnya pun bisa mempengaruhi samar atau tebalnya garis merah.

Bagaimana jika Ragu dengan Hasil Tes Kehamilan?

Bagaimana jika Ragu Hasil Tes Kehamilan
Freepik.com/freepik

Meskipun garis merahnya lebih samar, namun kamu kemungkinan besar sedang hamil. Namun, jika kamu merasa ragu, mungkin karena tidak merasakan gejala kehamilan, kamu bisa mengecek kadar hCG di dokter.

Melalui sampel darah, dokter bukan hanya mengetahui apakah kamu sedang hamil atau tidak, tetapi juga sebanyak apa kadar hCG yang ada di dalam tubuhmu.

Jika dinyatakan positif hamil, maka kamu bisa segera mengonsumsi vitamin dan suplemen kehamilan untuk memastikan janinmu tumbuh dan berkembang dengan sehat.

Nah, itu dia tadi penjelasan tentang kenapa hasil test pack samar. Semoga bisa menjawab rasa penasaran kamu selama ini, ya. Jangan lupa untuk melakukan tes kehamilan di pagi hari agar hasilnya lebih akurat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk