Calon Mama Papa Perlu Tahu, Ini 7 Tips Membuat Anak Kembar

Selain faktor riwayat keluarga, ada cara lain untuk tingkatkan peluang hamil kembar

16 Juni 2020

Calon Mama Papa Perlu Tahu, Ini 7 Tips Membuat Anak Kembar
Pexels/Edwin Ariel Valladares

Seringkali pasangan suami istri ingin memiliki anak kembar, padahal mungkin tidak punya garis keturunan dengan kehamilan kembar. Apakah Mama salah satunya?

Jika ya, disebut-sebut ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan peluang hamil kembar. Cara ini pun tak ada salahnya untuk dicoba, lho.

Mulai dari mengatur pola makan, minum suplemen, hingga menggunakan posisi tertentu saat melakukan hubungan intim.

Berikut ini tujuh tips membuat anak kembar yang berhasil Popmama.com rangkum dari berbagai sumber:

1. Menggunakan metode in vitro fertilization (IVF)

1. Menggunakan metode in vitro fertilization (IVF)
Freepik/pressfoto

Dilansir Medical News Today, in vitro fertilization (IVF) adalah salah satu jenis teknologi di bidang reproduksi yang sering dimanfaatkan untuk membantu proses pembuahan dan kehamilan. Metode ini melibatkan beberapa intervensi medis supaya perempuan bisa positif hamil.

Biasanya calon Mama yang melakukan program IVF atau bayi tabung juga diresepkan beberapa jenis obat kesuburan sebelum prosedur dilakukan. Ini bertujuan untuk meningkatkan peluang kehamilan.

Pada proses IVF, sel telur dan sperma akan dipanen sebelum dibuahi. Mereka kemudian diinkubasi bersama di laboratorium, di mana kemudian proses embrio terbentuk.

Melalui prosedur medis, dokter kemudian menempatkan embrio di dalam rahim perempuan. Nah, untuk meningkatkan kemungkinan embrio bertumbuh dengan baik, biasanya akan ada lebih dari satu embrio yang dimasukkan ke dalam rahim selama proses IVF. Proses inilah yang kemudian akan meningkatkan peluang pasangan untuk memiliki anak kembar.

2. Konsumsi obat kesuburan yang diresepkan dokter

2. Konsumsi obat kesuburan diresepkan dokter
Pexels/Kaboompics

Obat yang dikonsumsi untuk meningkatkan kesuburan biasanya bekerja dengan meningkatkan jumlah sel telur yang diproduksi di indung telur perempuan.

Jika lebih banyak sel telur yang diproduksi, kemungkinan besar lebih dari satu sel telur juga yang dapat dilepaskan dan dibuahi. Apabila proses ini terjadi pada saat yang bersamaan, bisa meningkatkan peluang hamil kembar.

Jenis obat kesuburan yang disebut-sebut dapat meningkatkan peluang hamil kembar di antaranya seperti clomiphene dan gonadotropin, demikian dilansir Healthline.

Clomiphene adalah jenis obat yang tersedia hanya melalui resep dokter. Dosisnya juga bergantung pada kebutuhan individu seseorang. Obat ini bekerja dengan menstimulasi hormon-hormon tubuh untuk meningkatkan ovulasi.

Sementara itu, gonadotropin adalah jenis obat kesuburan yang biasanya diberikan melalui suntikan. Hormon perangsang folikel atau follicle-stimulating hormone (FSH) diberikan sebagi pengobatan tunggal atau dikombinasikan dengan luteinizing hormone (LH).

Hormon ini dibuat secara alami oleh otak dan memberi sinyal ovarium untuk menghasilkan satu sel telur setiap bulan. Ketika diberikan sebagai suntikan, FSH (dengan atau tanpa LH) memberi sinyal ovarium untuk menghasilkan lebih banyak telur. Hal inilah yang kemudian meningkatkan peluang hamil kembar, Ma.

Editors' Picks

3. Program hamil saat menyusui

3. Program hamil saat menyusui
Freepik/yanalya

Saat menyusui, kadar prolaktin dalam tubuh perempuan akan diproduksi lebih banyak. Komponen hormon ini disebut-sebut dapat meningkatkan peluang hamil kembar.

Pada tahun 2006, sebuah penelitian yang diterbitkan dalam Journal of Reproductive Medicine menemukan bahwa ibu menyusui yang kemudian hamil lebih mungkin untuk mengandung anak kembar.

Namun demikian, masih sangat dibutuhkan studi tambahan untuk mendukung informasi ini.

4. Perbanyak konsumsi susu dan produk olahannya

4. Perbanyak konsumsi susu produk olahannya
Unsplash/Kim Gorga

Apabila Mama sedang ingin meningkatkan peluang hamil anak kembar, cobalah untuk memperbanyak konsumsi susu dan produk olahannya.

Beberapa hormon pertumbuhan ditemukan dalam susu dan produk susu sapi, yang dianggap baik dikonsumsi saat sedang program hamil kembar.

5. Diet tinggi protein dan seng

5. Diet tinggi protein seng
Pixabay/FotoshopTofs

Pola makan juga turut menjadi salah satu faktor penting yang perlu diperhatikan saat Mama sedang merencanakan kehamilan kembar. Tak cuma bagi Mama, tapi juga Papa.

Makanan yang kaya akan seng diyakini dapat meningkatkan produksi sperma. Dengan mencukupi kebutuhan seng harian, ada kemungkinan besar bahwa proses pembuahan akan terjadi lebih efektif dan meningkatkan peluang hamil kembar.

Sementara itu, untuk Mama jangan lupa untuk mencukupi kebutuhan protein setiap hari. Pada dasarnya, peluang perempuan bisa hamil anak kembar bergantung pada hiperovulasi.

Perbanyak konsumsi sumber protein seperti biji-bijian utuh, tahu, kedelai dan ubi untuk membantu merangsang ovarium, sehingga meningkatkan peluang untuk memiliki anak kembar.

6. Gunakan posisi tertentu saat berhubungan intim

6. Gunakan posisi tertentu saat berhubungan intim
Freepik/Jcomp

Beberapa posisi seks tertentu juga disebut-sebut dapat membantu meningkatkan peluang Mama untuk bisa hamil janin kembar.

Beberapa di antara posisi yang bisa digunakan seperti doggy stylewoman on top, dan misionaris.

Pada posisi doggy style, penetrasi akan terjadi lebih dalam sehingga sperma dapat dilepaskan lebih dekat dengan leher rahim.

Sementara itu, posisi woman on top juga dapat membantu memastikan penetrasi lebih dalam sehingga sperma bisa lebih dekat dengan sel telur.

Nah, posisi misionaris yang klasik juga bisa Mama gunakan saat sedang program hamil anak kembar. Posisi ini turut membuat sperma bisa menjangkau lebih dekat dengan sel telur, sehingga meningkatkan peluang hamil anak kembar.

7. Manfaatkan tanaman herbal untuk sistem reproduksi

7. Manfaatkan tanaman herbal sistem reproduksi
Pexels/Bruno Scramgnon

Beberapa jenis tanaman herbal tertentu juga bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan peluang hamil anak kembar. Misalnya seperti minyak biji rami (flaxseed oil) dan akar licorice.

Minyak biji rami tidak hanya menjaga keseimbangan hormon tetapi juga meningkatkan kesuburan pada perempuan. Tanaman herbal ini juga membantu dalam mengatur siklus menstruasi, sehingga membantu meningkatkan ovulasi dan membuat proses pembuahan lebih mudah.

Akar licorice yang memiliki rasa manis ini dikenal dapat meningkatkan peluang hamil anak kembar karena membantu dalam proses ovulasi. Dengan begitu kadar hormon dan siklus menstruasi menjadi lebih baik sehingga meningkatkan kesuburan.

Itulah tujuh tips yang bisa Mama lakukan untuk memiliki anak kembar. Agar lebih efektif, sebelum menggunakan cara-cara ini tak ada salahnya jika Mama berkonsultasi dengan dokter terlebih dahulu, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.