7 Makanan yang Mengandung Zinc, Baik untuk Program Hamil

Supaya cepat hamil kamu bisa konsumsi 7 makanan sehat yang kaya akan zink.

22 September 2018

7 Makanan Mengandung Zinc, Baik Program Hamil
Pexels/Negative Space

Bagi kamu yang sedang merencanakan kehamilan atau menjalani program hamil, sangat perlu untuk mengkonsumsi makanan yang dapat meningkatkan kesuburan agar peluang hamil menjadi lebih besar.

Salah satunya dengan mengonsumsi makanan yang mengandung zinc atau seng.

Zinc sangat diperlukan untuk perkembangan janin, pembentukan sel dan DNA.

Menurut penelitian, zinc dapat menurunkan risiko keguguran, mencegah kelahiran prematur, dan mencegah cacat lahir seperti kelainan otak dan organ tubuh lainnya saat perkembangan janin.

Mineral ini sangat dibutuhkan oleh ibu hamil terutama pada awal kehamilan. Dimana apabila mengalami defisiensi akan berpotensi membahayakan janin.

Gejala defisiensi zinc dapat berupa menurun atau hilangnya nafsu makan. Mengacu pada Angka Kecukupan Gizi (AKG) tahun 2012 yang dirilis oleh Departemen Kesehatan, ibu hamil yang berusia 19 – 29 tahun dianjurkan untuk mengonsumsi 12 mg zinc pada trimester pertama, 14 mg pada trimester kedua dan 20 mg pada trimester ketiga.

Apabila khawatir tidak dapat memenuhi asupan zinc secara memadai, kamu dapat mengkonsumsi mineral zinc melalui suplemen bersama pasangan karena ternyata zinc juga mampu meningkatkan kesuburan kaum adam.

Berikut ini adalah 7 makanan yang mengandung zinc:

1. Kacang-kacangan

1. Kacang-kacangan
Pexels/Shatta Pilabut

Berbagai jenis kacang-kacangan mengandung zinc yang cukup banyak. Diantaranya kacang kedelai, kacang hijau, kacang mete, kacang polong dan kacang merah.

Kacang-kacangan berfungsi memperbaiki kekebalan tubuh, menyehatkan jantung dan kulit.

2. Kuning telur

2. Kuning telur
Pexels/Trang Doan

Bagi kamu yang tidak memiliki penyakit kolesterol, makanlah telur termasuk bagian kuningnya.

Kuning telur memiliki kandungan zinc yang tinggi dan bermanfaat untuk meningkatkan kesuburan lho.

Selain itu, kuning telur juga bermanfaat memperbaiki kinerja otak dan merupakan sumber energi tubuh yang sangat tinggi, sehingga cocok untuk diet.

Editors' Picks

3. Hati sapi

3. Hati sapi
Pexels/Kaboompics.com

Hati sapi kaya akan berbagai nutrisi diantaranya mengandung zinc dan kalsium. Mengkonsumsi hati sapi bermanfaat untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah dan mencegah anemia.

Selain itu, fungsi lainnya yaitu dapat meningkatkan kekebalan dan menurunkan kadar kolesterol jahat dalam tubuh.

4. Bayam

4. Bayam
Pexels/Kaboompics.com

Selain kaya akan zinc, bayam juga kaya akan antioksidan, zat besi, vitamin E, asam folat, dan vitamin B lainnya.

Satu mangkuk bayam mampu memberikan begitu banyak nutrisi terutama bagi perempuan yang sedang merencanakan kehamilan karena dapat menciptakan sistem reproduksi yang sehat.  

5. Tiram

5. Tiram
clarendonmoms.com

Tiram merupakan salah satu produk laut yang dikenal sebagai sumber makanan yang kaya akan zinc. Tiram mengandung mineral zinc tertinggi dibandingkan produk laut lainnya.

Mengonsumsi tiram bermanfaat untuk melindungi kesehatan prostat dan meningkatkan kesehatan reproduksi.

6. Bawang putih

6. Bawang putih
Pexels/Nick Collins

Bawang putih merupakan salah satu rempah-rempah asli Indonesia yang dikenal dengan kandungan zinc yang tinggi dan memiliki sifat anti-kanker dan anti-jamur.

Menambahkan bawang putih ke dalam masakan bermanfaat untuk mencegah munculnya penyakit kanker. Bawang putih juga memiliki antiseptik alami dan anti bakteri yang bermanfaat mempercepat penyembuhan luka.

7. Daging merah

7. Daging merah
Pexels/Mali Maeder

Daging merah, terutama domba dan sapi memiliki kandungan zinc yang sangat tinggi.

Selain baik untuk kesuburan, mengkonsumsi daging merah juga bermanfaat mencegah anemia, meningkatkan sistem kekebalan tubuh, meningkatkan jumlah sel darah merah dan mempercepat perkembangan dan kecerdasan otak anak-anak dimasa pertumbuhan.

Itulah daftar makanan sehat yang kaya akan zinc. Usahakan untuk lebih banyak mengkonsumsi makanan diatas ya kalau kami sedang menjalani promil. 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.