8 Hal yang Sering Tak Disadari Bikin Kesuburan Pria Menurun, Apa Saja?

Sulit hamil bukan hanya bisa disebabkan oleh pihak wanita, tapi pihak pria juga bertanggungjawab

23 Januari 2020

8 Hal Sering Tak Disadari Bikin Kesuburan Pria Menurun, Apa Saja
Freepik/ijeab
Banyak hal yang menyebabkan wanita sulit hamil, salah satunya masalah kesuburan pria

Setiap pasangan yang sudah menikah pasti menginginkan kehadiran buah hati supaya membuat sebuah  keluarga menjadi lengkap. Namun bagi beberapa orang, sistem reproduksi yang bermasalah membuat keinginan tersebut sulit direalisasikan.

Bukan hanya dari pihak perempuan, tapi pria juga kerap mengalami masalah kesuburan yang sangat mengganggu. Jika kamu dan pasangan mengalami kondisi seperti ini, hal pertama yang harus dilakukan adalah memeriksakan diri ke dokter.

Apabila memang ada masalah serius, segera cari solusinya.

Nah, terdapat beberapa penyebab pria kurang subur yang harus segera ditangani. Hal ini merupakan salah satu fakta, tapi banyak pria tidak bisa menerima keadaan tersebut.

Sebab, kesuburan pada pria juga menjadi satu kebanggaan tersendiri. Meskipun begitu, tidak banyak pria yang bersedia untuk menguji organ reproduksinya.

Alasan utamanya dapat terkait dari beberapa gangguan internal, yang memang memerlukan perawatan medis. Bisa jadi karena buruknya pada kualitas sperma, jumlahnya rendah, gerakannya yang lambat, infeksi dan disfungsi ereksi.

Alasan lain juga datang dari gaya hidup dan lingkungan, yang dapat dikendalikan dan dicegah. Sudah banyak alasan gaya hidup yang dapat menyebabkan kemandulan pada organ reproduksi pria. Hal ini dapat disembuhkan dengan mengikuti cara hidup yang sehat.

Selain masalah-masalah tersebut, di bawah ini adalah beberapa penyebab pria kurang subur yang perlu diwaspadai. Inilah faktor penyebab laki-laki kurang subur yang dirangkum oleh Popmama.com.

1. Celana terlalu ketat

1. Celana terlalu ketat
Unsplash/priscilladupreez
Pria sebaiknya tidak mengenakan celana terlalu ketat.

Sudah menjadi rahasia umum, apabila menggunakan celana terlalu ketat ternyata bisa meningkatkan suhu pada testis. Peningkatan suhu ini tentu berimbas pada menurunnya jumlah serta kualitas sperma pada pria.

2. Merokok

2. Merokok
Unsplash/da_sikka_x
Kebiasaan merokok memang bisa menimbulkan berbagai dampak buruk, termasuk masalah kesuburan pria.

Bahaya dari kebiasaan merokok memang sangat banyak. Infertilitas merupakan salah satu efek berbahayanya. Pria yang merokok kemungkinan mempunyai jumlah sperma rendah jika dibandingkan dengan mereka yang tidak merokok.

Ini tidak hanya mencakup perokok aktif, namun perokok pasif juga dapat terkena dampak buruknya. Jadi meskipun tidak merokok, menghirup asap rokoknya pun bisa berpengaruh pada kesuburan.

Jadi, benar ya peringatan di bungkus rokok bahwa rokok berisiko menyebabkan kemandulan. 

Baca juga: 5 Hal yang Suami Inginkan dari Istri Saat Berhubungan Seks

3. Kecanduan alkohol

3. Kecanduan alkohol
metro.co.uk

Faktanya, alkohol bisa menurunkan kadar hormon testosteron serta dapat menyebabkan berkurangnya jumlah sperma, sama halnya seperti kebiasaan merokok. Kecanduan pada minuman keras atau minuman beralkohol menjadi salah satu penyebab ternjadinya infertilitas pada pria.

Baca juga: 6 Bahaya yang Disebabkan Berhubungan Seks Anal

4. Obesitas

4. Obesitas
unsplash.com/deiscribe
Pola makan yang tidak terjaga bisa menyebabkan obesitas.

Sekarang ini dunia sedang menghadapi masalah obesitas yang semakin diperparah dengan pola hidup tidak sehat di era sekarang. Masalah ini bahkan juga banyak ditemukan pada anak-anak. Berat badan yang berlebihan bisa menyebabkan perubahan hormonal dalam tubuh.

Selain itu, obesitas ternyata dapat mempengaruhi kualitas dan kuantitas sperma.

Baca juga: DIY: 12 Resep Teh Herbal Untuk Menurunkan Berat Badan

Editors' Picks

5. Terlalu lama duduk

5. Terlalu lama duduk
videoblocks.com

Secara tidak sadar, terlalu lama duduk menonton TV atau bekerja, selain bisa menyebabkan obesitas, juga dapat mengurangi jumlah produksi sperma.

Penelitian dari British Journal of Sports Medicine telah menyebutkan, jika pria yang melakukan banyak aktifitas fisik secara teratur serta menghindari menonton TV berlebihan, ternyata kualitas seperma yang dihasilkan akan lebih baik.

6. Jarang berhubungan intim

6. Jarang berhubungan intim
huffingtonpost.com

Penyebab laki-laki kurang subur selanjutnya adalah jarang melakukan hubungan intim dengan pasangan. Hal ini memang bisa menurunkan kualitas sperma, karena dapat menyebabkan bentuk sperma yang berubah menjadi tidak sehat.

7. Kepanasan

7. Kepanasan
pixabay.com/nkaminetskyy
Terpapar panas seperti sauna ternyata bisa mengganggu kesehatan reproduksi pria.

Berbagai situasi dapat menyebabkan bagian organ reproduksi pria kepanasan. Misalnya seperti mandi air panas atau sauna. Bahkan hal-hal sepele seperti penggunaan laptop dalam jangka panjang di atas bagian reproduksi juga berdampak buruk. Kegiatan-kegiatan tersebut mampu mempengaruhi jumlah sperma.

8. Stres

8. Stres
unsplash.com/tjump
Selalu jaga kesehatan emosional supaya tidak mengganggu kesuburan.

Kondisi kejiwaan atau stres adalah salah satu dari sekian penyebab munculnya masalah kesehatan. Kondisi kejiwaan tidak hanya dapat mempengaruhi kesehatan emosional saja, akan tetapi berpengaruh terhadap fisik, bahkan penyebab pria kurang subur.

Nah, dengan memperhatikan beberapa faktor penyebab pria kurang subur tadi, semoga papa bisa menghindari risiko tersebut. Kehamilan istri pun menjadi satu hal yang lebih besar kemungkinannya.

Baca juga: Apa Itu Seks Karezza, dan Apa Manfaatnya untuk Pasangan Suami-Istri

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!