Pentingnya Makanan yang Mengandung Asam Folat untuk Program Hamil

Bisa meningkatkan kesuburan

10 Maret 2021

Penting Makanan Mengandung Asam Folat Program Hamil
Pexels/jack-sparrow

Asam folat adalah salah satu nutrisi paling penting dalam program kehamilan. Asam folat merupakan vitamin B yang memiliki peran besar untuk tubuh.

Saat memulai program hamil, kamu sebaiknya mengetahui kapan harus mengonsumsi asam folat dan dalam jumlah berapa. Hal ini akan memudahkan kamu memulai perjalanan menuju kesuburan sebelum hamil.

Berikut Popmama.com telah merangkum informasi mengenai makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil:

1. Apa itu asam folat

1. Apa itu asam folat
Pexels/jessica-lewis

Asam folat adalah versi sintetis dari folat, vitamin B khususnya vitamin B9. Asam folat membantu tubuh memecah, menggunakan, dan membuat protein baru dalam penyusunan sel-sel di tubuh.

Asam folat, digunakan tubuh untuk mendukung pertumbuhan kulit, rambut dan kuku.  Juga, berperan dalam pembuatan DNA dan pembentukan sel darah merah.

Editors' Picks

2. Bagaimana asam folat membantu program kehamilan

2. Bagaimana asam folat membantu program kehamilan
Pexels/ba-tik

Pada minggu pertama kehamilan, asam folat membantu pembentukan tabung saraf embrionik, otak, dan sumsum tulang belakang bayi. Selain itu membantu juga dalam pembentukan jantung dan sistem peredaran darah si Kecil. Asam folat juga menurunkan kemungkinan bayi memiliki cacat lahir tertentu.

Karena sebagian besar cacat lahir terjadi saat minggu-minggu pertama kehamilan, sangatlah penting untuk tubuh mendapatkan asam folat yang cukup sejak program hamil.

3. Jumlah asam folat yang harus dikonsumsi

3. Jumlah asam folat harus dikonsumsi
Pexels/trang-doan

Setiap perempuan dianjurkan untuk mengonsumsi suplemen asam folat walaupun tidak berencana untuk segera hamil, untuk berjaga-jaga jika terjadi kehamilan yang tidak direncanakan. Karena, peran asam folat sangat penting terutama pada masa awal-awal kehamilan.

Kamu dianjurkan mengonsumsi 400 mcg asam folat setiap hari, satu bulan sebelum mencoba untuk hamil. Setelah hamil kamu harus meningkatkan asupan asam folat menjadi 500 mcg perhari. Berkonsultasi dengan dokter tentang jumlah pasti asam folat yang harus kamu konsumsi juga menjadi langkah yang baik, karena biasanya jumlahnya bervariasi tergantung kebutuhan.

4. Beberapa makanan sumber asam folat terbaik

4. Beberapa makanan sumber asam folat terbaik
pexels/pixabay

Berikut ini adalah makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil:

  • Sayuran hijau tua: 263 mcg asam folat dalam satu cangkir bayam matang
  • Alpukat: 120 mcg asam folat dalam satu cangkir diiris
  • Brokoli: 168 mcg asam folat dalam satu cangkir, dicincang dan dimasak
  • Kacang polong : 250-350 mcg asam folat dalam satu cangkir
  • Asparagus : 268 mcg asam folat dalam satu cangkir
  • Jeruk: 35 mcg asam folat dalam ¾ cangkir

Sereal gandum, roti, pasta dan nasi juga merupakan makanan yang disarankan karena diperkaya dengan asam folat. Selain itu mengonsumsi vitamin prenatal harian juga dibutuhkan.

Itulah penjelasan mengenai makanan yang mengandung asam folat untuk program hamil. Terus menjaga nutrisi yang masuk ke dalam tubuh selama melakukan program hamil, ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.