TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Bolehkah Minum Susu Promil sebelum Menikah?

Ketahui dampak positif dan negatifnya

18 Juli 2022

Bolehkah Minum Susu Promil sebelum Menikah
Freepik/jcomp

Pasangan mana yang tak ingin segera memiliki momongan setelah melangsungkan pernikahan. Beragam cara pun dilakukan untuk mendukung setiap rencana program kehamilan yang sudah dipersiapkan.

Salah satunya dengan minum susu promil. Susu promil diketahui kaya akan asam folat yang dibutuhkan untuk mempersiapkan kehamilan. 

Namun, apakah aman untuk mengonsumsi susu promil ini sejak sebelum menikah? Kapan waktu yang tepat untuk minum minuman pendukung promil ini?

Nah, berikut beragam informasi Popmama.com rangkum mengenai bolehkah minum susu promil sebelum menikahyang dirangkum dari berbagai sumber.

1. Fakta tentang kandungan susu promil

1. Fakta tentang kandungan susu promil
Freepik/Racool_studio

Salah satu pendukung untuk mendapatkan kehamilan yang banyak disarankan adalah dengan mengonsumsi susu promil. Bahkan, ini menjadi salah satu jurus yang manjur untuk setiap pasangan yang mendambakan kehamilan.

Pasalnya, dalam segelas susu promil setidaknya terdapat tujuh nutrisi yang diperlukan untuk menciptakan program kehamilan yang sehat, yaitu:

  • Protein
  • Karbohidrat
  • Vitamin B6
  • Vitamin B12
  • Lemak
  • Vitamin D
  • Kalsium

Editors' Picks

2. Bolehkah minum susu promil sebelum menikah?

2. Bolehkah minum susu promil sebelum menikah
Freepik/KamranAydinov

Terkait dengan konsumsi susu promil, ada banyak pertanyaan dari mereka yang ingin memulai program hamil sejak sebelum menikah. Salah satu pertanyaan yang cukup sering ditanyakan adalah apakah minum susu promil sebelum menikah merupakan hal yang aman dilakukan atau tidak.

Nyatanya, hal ini memang diizinkan. Sebab, persiapan masa kehamilan adalah hal yang tepat untuk dilakukan bahkan beberapa waktu sebelum menikah.

Dilansir dari March of Dimes, seseorang disarankan untuk fokus mempersiapkan kehamilannya setidaknya 3 bulan sebelum akhirnya benar-benar mencoba untuk mendapatkan kehamilan. 

3. Dampak minum susu promil sebelum menikah

3. Dampak minum susu promil sebelum menikah
Freepik/pvproductions

Minum susu promil sebelum menikah, tentu saja akan menimbulkan dampak pada tubuh. Namun, dampak yang dihasilkannya adalah dampak yang positif terutama ketika sedang mempersiapkan diri untuk mendapatkan kehamilan.

Beberapa dampak minum susu promil sebelum menikah, seperti:

  • Memenuhi kebutuhan asam folat
  • Meningkatkan kesuburan
  • Menjaga berat badan ideal, tidak terlalu kurus atau gemuk
  • Mencukupi kebutuhan zat besi
  • Mempersiapkan kesehatan calon ibu dan janin
  • Membuat janin lebih cerdas
  • Membantu ibu jadi tidak mudah sakit
  • Mencegah keguguran

4. Apakah ada efek samping dari minum susu promil sebelum menikah?

4. Apakah ada efek samping dari minum susu promil sebelum menikah
Freepik/diana.grytsku

Umumnya, tidak ada dampak yang berarti jika minum susu promil sebelum menikah. Namun, untuk beberapa orang yang memiliki toleransi terhadap susu mungkin bisa mengalami beberapa gangguan.

Salah satu efek samping yang bisa terjadi pada seseorang yang minum susu promil sebelum menikah adalah munculnya jerawat di wajah. Tetapi efek ini bisa diatasi dengan memberikan obat yang tepat atau berkonsultasi pada dokter. 

5. Makanan pendukung yang dapat meningkatkan khasiat susu promil

5. Makanan pendukung dapat meningkatkan khasiat susu promil
Pexels/Ready Made

Untuk memaksimalkan manfaat yang terdapat dalam susu promil, terdapat beberapa makanan pendukung yang bisa dikonsumsi. Jenis-jenis makanan pendukung tersebut antara lain:

  • Buncis dan taoge: Sayur buncis dan juga taoge mengandung banyak vitamin E yang berfungsi sebagai antioksidan. Antioksidan ini nantinya akan melindungi sel telur dari semua radikal bebas. Taoge juga diketahui mengandung B6 yang sangat baik untuk hormon reproduksi.
  • Teh: Teh mampu mencegah kerusakan sel-sel dalam tubuh. Dengan sel-sel tubuh yang sehat, tentu saja akan memudahkan seorang perempuan dalam mempersiapkan kehamilan yang diidamkan.
  • Alpukat: Selain nikmat, alpukat juga kaya akan kandungan berkhasiat yang membuat promil semakin sukses. Pasalnya, buah yang satu ini dapat meningkatkan hormon reproduksi pada laki-laki dan perempuan karena kandungan B6 di dalamya. Selain itu, masih banyak kandungan lain yang dapat membantu mempersiapkan kehamilan serta memiliki janin yang kuat dan sehat.
  • Jeruk: Buah yang satu ini sudah terkenal sebagai sumber vitamin C yang dapat membantu menstabilkan ovulasi serta mendorong pelepasan sel telur. Jadi, tak salah jika buah ini direkomendasikan sebagai makanan pendukung promil.
  • Telur: Telur mudah ditemui di mana saja. Selain itu, makanan yang satu ini juga dapat diolah menjadi beragam jenis makanan yang nikmat. Di dalam sebuah telur terdapat protein, vitamin B6, dan mineral serta asam amino, seperti kolin yang dapat memaksimalkan kualitas folikel (tempat sel telur tumbuh).

Jadi, pertanyaan mengenai bolehkah minum susu promil sebelum menikah sudah terjawab ya. Semoga dengan informasi di atas kehamilan yang ditunggu-tunggu segera terwujud, ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk