Zaskia Sungkar dan Irwansyah Jalani Program IVF di Belanda, Benarkah?

Semangat Zaskia Sungkar dan Irwansyah untuk program kehamilannya!

29 Januari 2020

Zaskia Sungkar Irwansyah Jalani Program IVF Belanda, Benarkah
Instagram.com/zaskiasungkar15

Kabar terbaru datang dari pasangan Zaskia Sungkar dan Irwansyah karena usai menjalani umrah, keduanya harus pergi ke dokter kandungan yang ada di Amsterdam. 

Pasangan yang telah menikah selama 9 tahun ini berharap pernikahannya tak hanya awet dan bahagia selalu, namun Zaskia sempat menuliskan sebuah harapan di Instagram pribadinya kalau semoga di tahun depan mereka telah dikaruniai seorang anak. 

"Nggak berasa udah hampir sebulan kita meninggalkan rumah dari mulai ke dokter kandungan di Kuala lumpur tempat aku operasi Endometriosis dan Fibroid. Lanjut Umrah dan terakhir dokter kandungan di Amsterdam. Bismillah semoga ikhtiyar kami membuahkan hasil," tulis Zaskia dalam salah satu unggahannya di Instagram. 

Sedikit kilas balik beberapa tahun lalu, Zaskia memang diketahui memiliki endometriosis dan fibroid sehingga perlu menjalani tindakan operasi ketika sedang berada di Malaysia.

Permasalahan kesehatan tersebut baru ketahuan di tahun 2017 karena dirinya kerap merasakan sakit setiap menstruasi. 

Dalam sebuah video di channel YouTube The Sungkars Family, Zaskia Sungkar dan Irwansyah mengunggah sebuah video berjudul "Akhirnya Program? Bismillah" dengan durasi 10 menit 22 detik. 

Memang belum diketahui program kehamilan apa yang akan dijalani oleh Zaskia, namun menurut pernyataannya di vlog berbeda. Zaskia mengatakan saat melakukan pemeriksaan kesehatan ke salah satu rumah sakit di Malaysia, penyakit endometriosis yang sempat diidap Zaskia Sungkar dinyatakan sudah tidak lagi aktif. 

"Nah speaking of momongan, kemarin kita abis dari Kuala Lumpur. Aku kan dulu operasi di sana, terus kemarin aku cek lagi karena hasil aku kontrol di 2 rumah sakit ini bilang endometriosis aku itu balik kambuh lagi. Nah kemarin pas di sana memang ada (endometriosis), tetapi udah nggak aktif. Jadi kalau mau IVF bisa langsung, nggak perlu operasi lagi, alhamdulillah," jelas Zaskia Sungkar.

Irwansyah pun menambahkan kalau istrinya hanya tinggal minum vitamin saja agar semua program kehamilan bisa lebih lancar.  

Terkait endometriosis sekaligus kemungkinan Zaskia Sungkar menjalani program IVF, kali ini Popmama.com akan membagikan beberapa informasinya dalam segi kesehatan. 

Semoga informasi kali ini pun dapat bermanfaat untuk Mama serta para pejuang IVF lainnya!

Editors' Picks

1. Apa itu endometriosis? 

1. Apa itu endometriosis 
Freepik

Endometriosis adalah salah satu permasalahan yang terjadi pada perempuan di mana akan ditandai dengan rasa sakit dan kram pada bagian perut bawah. Beberapa gejala lain yang dapat terjadi pun seperti nyeri haid, nyeri saat berhubungan intim bahkan memiliki kesulitan untuk bisa hamil.

Sebenarnya ada beberapa faktor lain yang dapat memicu risiko terjadinya seseorang mengalami endometriosis, seperti:

  • Belum pernah melahirkan seorang anak. 
  • Haid pertama dimulai saat usianya masih sangat dini.
  • Memiliki siklus menstruasi yang pendek, seperti kurang dari 27 hari. 
  • Riwayat keluarga atau memiliki satu atau lebih saudara kandung dengan endometriosis.
  • Memiliki kadar estrogen yang lebih tinggi dalam tubuh atau eksposur yang lebih besar terhadap estrogen yang diproduksi tubuh. 
  • Ada permasalahan kesehatan yang bisa mencegah aliran menstruasi keluar dari tubuh secara normal.

Terkait permasalahan endometriosis yang terjadi pada tubuh, maka perlu sekali rutin berkonsultasi sekaligus melakukan pemeriksaan lebih lanjut oleh dokter. Jika endometriosis sudah tingkat yang parah, maka perlu melakukan proses pembedahan operasi. 

Semoga siapa saja yang sedang berjuang melawan endometriosis bisa tetap semangat ya, Ma. 

Baca juga: Sempat Alami Endometriosis, Ryn Eks Cherrybelle Kini Hamil Anak Kedua

2. Apa saja makanan yang baik untuk pejuang IVF? 

2. Apa saja makanan baik pejuang IVF 
Pixabay/ponce_photography

Ketika Mama sedang menjalani program kehamilan dengan IVF sama seperti yang akan dilakukan oleh Zaskia Sungkar, maka perlu sekali memerhatikan pola makanan sehat karena ini menjadi faktor penting terhadap sebuah keberhasilan. 

Bagi yang sedang meningkatkan peluang hamil saat menjalani program IVF, maka perlu diketahui kalau ada makanan dan minuman agar tubuh menjadi lebih sehat.

Hal ini perlu dilakukan karena tubuh memerlukan asupan nutrisi. 

Beberapa rekomendasi makanan dan minuman yang baik dikonsumsi saat program bayi tabung, antara lain: 

  • Sumber zinc alami yang dikonsumsi selama program dapat membantu menyeimbangkan level hormon. Zinc secara alami dapat bersumber dari produk susu, biji-bijian, kentang, kacang-kacangan serta daging merah seperti daging sapi.
  • Karbohidrat perlu dikonsumsi untuk memasok sejumlah energi ke dalam tubuh agar dapat menjalani berbagai aktivitas. 
  • Asam folat juga diperlukan selama program agar embrio terbentuk sehat dan bebas dari gangguan perkembangan. Asam folat bisa ditemukan dari kacang polong, bayam, brokoli, kiwi, daging unggas, tahu dan susu. 
  • Pilihlah jenis lemak yang sehat agar tubuh memiliki cadangan energi. Sumber lemak sehat bisa ditemukan di kacang-kacangan, jagung, minyak zaitun dan minyak biji rami.
  • Alpukat dikenal mengandung tinggi lemak tak jenuh, sehingga dapat menyehatkan tubuh sekaligus melancarkan siklus ovulasi.
  • Makanan yang kaya akan protein karena secara tidak langsung dapat memengaruhi perkembangan sel telur di indung telur. Sumber alami protein bisa didapat dari berbagai jenis seafood, daging dan telur. 

Selain makanan yang sehat agar tubuh selama menjalani program IVF tercukupi asupannya, usahakan untuk tidak lupa meminum air putih. Air putih menjadi salah satu jenis minuman yang sehat dalam keadaan apa saja, termasuk saat menjalani program bayi tabung. 

Kadar air yang cukup dapat membantu menjaga keseimbangan yang baik dari berbagai elemen di dalam tubuh serta melancarkan sirkulasi tubuh.

3. Pentingnya sekali dukungan pasangan saat menjalani IVF

3. Penting sekali dukungan pasangan saat menjalani IVF
Instagram.com/zaskiasungkar15

You’ll know someone loves you when they care for you when you're sick and weak they take the day off work to take care of you. they cry and worries about you.. They will not ask for praise or keep score of their leniencies – they are genuinely happy to see you and that takes precedence over any minor inconvenience incurred by doing so.You’ll know that someone loves you when they take your side. This doesn’t mean they agree with everything you do but it means that they don’t disappear when it’s time to work through something tough. When someone loves you they share in all your joys and your pains without being asked.

You’ll know that someone loves you because they’ll show up to your life. They won’t leave you hanging on to vague implications or wondering what text messages mean. They’ll show up when they say they will. Tell you what you actually mean. Love you in a way that doesn’t leave room for uncertainties or questions. When somebody loves you they want to give you something concrete to hold onto. There are already so many uncertainties in life. Someone who loves you will not ever want to be one of them, thankyou @irwansyah_15 May Allah bless and keep you safe, each hour of every day amin. #Alhamdulillah

Begitulah unggahan dari Zaskia pada November 2017 lalu seolah ini menjadi sebuah bentuk rasa syukur atas dukungan yang diberikan oleh Irwansyah. Sebagai suami, Irwansyah selalu berada di sisi Zaskia dalam suka dan duka, bahkan kini keduanya mulai memeriksakan kesehatan sekaligus program di salah satu rumah sakit saat berlibur ke Belanda. 

Semoga saat menjalani proses IVF nanti, Irwansyah pun dapat kembali menemani Zaskia agar program kehamilan bisa berhasil. 

Doakan agar usaha dari pasangan ini bisa berjalanan dengan lancar, sehingga keinginan untuk memiliki anak pertama bisa segera terkabul.

Semangat untuk Zaskia dan Irwansyah! 

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.