Doa dalam Agama Katolik untuk Memohon Keturunan

Dengan berdoa secara rutin, bisa menjadi solusi yang tepat untuk memohon keturunan

28 Mei 2022

Doa dalam Agama Katolik Memohon Keturunan
Freepik/Tima Miroshnichenko

Sudah menjadi keinginan umum bagi setiap pasangan untuk memiliki anak di sebuah pernikahannya. Namun, tidak semua pasangan bisa mendapatkan anugerah keturunan secara mudah. Ada saja rintangan yang harus dihadapi bersama pasangan untuk mendapatkan sang buah hati.

Ada banyak sekali upaya yang bisa dilakukan untuk meningkatkan kesuburan agar kehamilan bisa secepatnya terjadi. Seperti melakukan hubungan intim secara teratur, menjaga pola hidup yang sehat, mengonsumsi makanan yang mengandung asam folat, hingga melakukan pengecekan untuk konsultasi dengan dokter kandungan.

Namun, tidak semuanya bisa berhasil mendapatkan keturunan dengan cara seperti itu. Lalu, harus bagaimana?

Tenang saja! Kalau kamu menjadi salah satu pasangan yang harus merasakan beberapa rintangan sebelum mendapatkan keturunan, masih ada cara lain lho!

Caranya yaitu dengan memohon sekaligus meminta kepada Tuhan dengan beberapa doa berikut ini. 

Langsung saja simak rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 4 Doa Katolik untuk memohon keturunan ya! 

1. Mukjizat Doa Bersama Santa Anna, Ibu Santa Maria untuk memohon keturunan

1. Mukjizat Doa Bersama Santa Anna, Ibu Santa Maria memohon keturunan
Unsplash/Thérèse Westby

Sejarah dari kisah Santa Anna dan Santo Yoakim yang dikarunia sang buah hati dengan penantian yang cukup lama:

Santa Anna dan Santo Yoakim dikaruniai seorang anak dengan penantian yang cukup lama. Hingga akhirnya, Santa Anna dan Santo Yoakim dikaruniai anak pertamanya yaitu Santa Perawan Maria.

Bagi umat Katolik, kehadiran Santa Anna menjadi sangat penting di dalam tradisi hidup gereja. Santa Anna berperan istimewa dalam kehidupan gereja karena iia melahirkan Santa Perawan Maria, Ibu Yesus Kristus.

Pada saat Santa Anna menantikan sang buah hati, ia sesekali menganggap keadaan dirinya yang tak dapat menghasilkan keturunan itu sebagai hukuman Allah. Hal ini menjadi anggapan umum bagi masyarakat Yahudi. 

Singkatnya, Santa Anna bersama Yoakim pergi berziarah ke Bait Allah Yerusalem untuk berdoa. Suatu hari malaikat Tuhan mengunjungi Santa Anna yang sudah lanjut usia untuk membawa kabar gembira.

“Dan sesungguhnya, Elisabet, sanakmu itu, ia pun sedang mengandung seorang anak laki-laki pada hari tuanya dan inilah bulan keenam bagi dia, yang disebut mandul itu (Luk 1:36)”

Doa Katolik berikut ini bisa dilakukan untuk memohon keturunan

Ya Allah Bapa, Allah Putera dan Allah Roh Kudus, kami mengucap syukur kepada-Mu atas rahmat kehidupan ini.

Kami juga bersyukur atas rahmat sakramen perkawinan yang Engkau anugerahkan kepada kami berdua.

Ya Allah Yang Mahakuasa, bersama Santa Anna, kami berdoa dan memohon kerahiman-Mu.

Anugerahkanlah kepada kami berdua seorang anak yang lahir dari rahim istriku.

Sudah cukup waktu kami berusaha untuk memiliki seorang anak, namun belum juga berhasil.

Ya Santa Anna, berdoalah bagi keluarga kami kepada Allah Yang Maharahim,

Sebagaimana dulu engkau berdoa memohon kelahiran seorang anak dari buah rahimmu.

Kami percaya akan kuat kuasa doa-doamu, maka mohonkanlah Mujizat kepada Allah bagi kami berdua.

Kami juga berjanji untuk mempersembahkan anak kami bagi kemuliaan Allah.

Amin.

Bapa Kami 

Salam Maria (3 kali)

Kemuliaan 

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Editors' Picks

2. Novena Santa Anna dengan rutin selama 9 hari

2. Novena Santa Anna rutin selama 9 hari
Freepik/RODNAE Productions

Doa novena Santa Anna untuk memohon keturunan, keselamatan anak dalam kandungan dan cucu. 

Terdapat sembilan hari untuk melaksanakan serangkaian novena Santa Anna kali ini. Di setiap harinya, berbeda ungkapan dengan tujuan memohon keturunan. 

  • Hari Pertama

Santa Anna yang mulia, walaupun saya bukanlah anak yang hilang, aku bersimpuh dan merebahkan diriku di bawah kaki keibuanmu yang penuh kasih. Dengarkanlah doa-doaku dan kabulkanlah permohonanku. Lihatlah hatiku yang menyesal, dan tunjukkanlah kebaikanmu yang tak habis-habisnya.

Berkenanlah menjadi penuntunku dan mohonkanlah bagiku rahmat-rahmat Allah yang tak terbatas. Anugerahkanlah pengampunan Allah atas dosa-dosaku dan kuatkanlah aku untuk memulai hidup baru yang akan aku lalui sampai akhir hidupku.

Santa Anna yang terberkati, aku juga mohon rahmat untuk mencintai, untuk melayani dan untuk menghormati anakmu, perawan maria yang tersuci. Hantarkanlah permohonan-permohonan-ku kepadanya dan berdoalah kepadanya untuk aku. Dia tidak akan menolak permintaanmu, namun sebaliknya akan menyambutnya dengan cinta kasih, semua yang engkau minta.

Yesus yang mahabaik, kasihanilah hamba-hamba yang setia nenek-Mu, santa Anna. Amin

  • Hari Kedua

Dari lubuk hatiku yang terdalam, santa Anna yang baik, aku mempersembahkan kepadamu hari ini dan memintamu untuk melindungi aku di bawah naungan kasih keibuanmu. Engkau tahu, Ibu yang baik, betapa aku mencintaimu, betapa gembira, aku melayanimu, betapa bahagianya aku memuji-mu, betapa kuatnya keinginanku untuk memang-gilmu di saat-saat bahaya mengancamku.

Santa Anna yang baik, engkau menjadi perantara yang menyenangkan dalam segala keinginanku. Dengarkanlah permohonanku, sebab aku yakin bahwa hatimu sungguh murah hati, tempat dimana segala pikiran dan keinginan yang layak dan benar.

Ya Yesus, aku mengucapkan terima kasih untuk semua rahmat kebaikan yang tak terbatas, yang telah dianugerahkan kepada santa Anna. Engkau memilih santa Anna, dari antara semua perempuan untuk menjadi nenek-Mu yang ditinggikan di bumi dan dimuliakan di surga dengan daya ilahi yang maha agung dan ajaib. Atas nama kebaikannya, dengan rendah hati aku mohon, rahmat dan belas kasih-Mu yang tak terbatas. Amin

  • Hari Ketiga

Salam, ya santa Anna yang baik, yang pertama kali menanggapi kebutuhan Maria, Bunda Juru selamatku dan Ratu Malaikat. Salam untukmu dan untuk suamimu, santo Yoakim, yang merawat bayi putrimu, mempersembahkannya kepada Tuhan di bait Allah, dan menurut janjimu, menguduskannya untuk melayani Tuhan.

Salam ya santa Anna, ibu yang baik! Aku bersukacita akan keajaiban-keajaiban yang engkau perbuat, sehingga banyak orang memohon kepadamu.

Santa Anna yang baik, melalui daya ilahi yang dianugerahkan Allah kepadamu, tunjukkanlah kasih keibuanmu kepadaku, hiburlah aku dan ajarilah aku. Jadilah ibuku di hadapan Allah. Bimbinglah aku dalam pencobaanku dan kuatkanlah aku dalam perjuanganku. Bebaskanlah aku pada saat bahaya mengancamku. Bantulah aku pada waktu kematian dan bukakan pintu gerbang surga bagiku. Amin

  • Hari Keempat

Santa Anna yang baik, engkau mempersembahkan kemurnian dan kesucian puterimu, Maria di Bait Allah dengan iman, kesalehan dan kasih. Dengan kebahagiaan yang memenuhi hatimu, aku mohon kepadamu, bantulah aku agar aku layak berdiri di hadapan Yesus dan menyenangkan Dia. Santa Anna yang penuh kasih, bawalah aku selamanya di bawah perlindunganmu. Selamatkanlah aku dari segala godaan yang terus-menerus menyerangku. Di atas semuanya, hadirlah pada saat-saat akhir hidupku. Ketika aku berbaring di tempat tidurku, hadirlah bersama putrimu untuk menghibur dan menguatkan aku.

Santa Maria dan Santa Anna yang baik, tunjuk-kanlah dirimu sebagai ibu yang senantiasa memohonkan rahmat kematian yang baik. Ketika jiwaku meninggalkan raga, arahkanlah jiwaku ke pengadilan Allah sehingga, dengan bantuan dan doamu, aku mendapatkan pengadilan yang menguntungkan aku. Amin

  • Hari Kelima

Salam, ya Bunda segala kekuatan. Melalui rahmat khusus yang diberikan Allah, anugerahkanlah penghiburan kepada mereka yang meminta kepadamu. Anugerahkanlah kepada mereka kekayaan kekal surgawi, dan seperti seorang ibu yang baik, juga keberhasilan dalam keperluan duniawi mereka.

Santa Anna yang baik, mohonkanlah kepadaku pembebasan dari hukuman dosa-dosaku yang pantas. Anugerahilah pula keberhasilan dalam keperluan-keperluan duniawiku, terutama yang menghantarku kepada keselamatan jiwaku.

Santa Anna, oleh karena kedekatanmu dengan Yesus, Putra Maria, engkau telah memenangkan rahmat keselamatan bagi orang-orang berdosa. Janganlah engkau meninggalkan aku, yang telah memilihmu menjadi ibuku. Namamu sendiri, yang berarti rahmat, meyakinkanku akan bantuan doamu, dan berkat doa-doamu, aku pasti akan mendapatkan ampunan dan rahmat dari Yesus. Engkau akan berdoa untukku sekarang dan pada waktu kematianku. Amin

  • Hari Keenam

Santa Anna yang baik, jangan biarkan jiwaku, yang adalah buah rahmat Allah pencipta, hilang selamanya. bebaskanlah hatiku dari harga diri, kesombongan, dan cinta-diri. Semoga aku semakin menyadari siapakah aku ini dan belajar untuk lemah lembut dan rendah hati.

Kasih Allah yang begitu agung kepadaku, namun aku tetap dingin dan tidak menanggapi. Bimbinglah aku untuk merasakan kasih-Nya melalui karya-karya belas kasih dan kebaikan terhadap sesama.

Dalam rahmat kebaikanmu yang tak terbatas, ya santa Anna yang baik, bantulah aku untuk mendapatkan mahkota kemuliaan, seperti yang dianugerahkan kepada mereka yang telah berjuang dengan baik melawan dunia, iblis dan kedagingan. Bantulah aku untuk menjaga kemurniah hati dan tubuhku. Bersama dengan Maria, puterimu dan Yesus, Putra Ilahi, lindungilah aku selalu. Amin

  • Hari Ketujuh

Santa Anna yang baik, aku memilihmu untuk menjadi pembelaku di hadapan takhta Allah. Dengan daya ilahi dan kasih karunia yang diberikan Allah kepadamu, engkau menjadi tempat perlindunganku. Perbaruilah pikiran dan hatiku selalu.

Santa Anna yang terkasih, aku senantiasa menyerahkan diri dalam doa-doamu. Melalui tanganmu yang terberkati, aku mempercayakan jiwaku, tubuhku dan semua harapanku dalam dunia ini dan diakhirat nanti. Bertindaklah sesuai dengan kebaikan dan kebijaksanaanmu. Aku menempatkan diriku di bawah pemeliharaan keibuanmu.

Terimalah aku, ibu yang baik. Naungilah aku dengan sayap cintamu. Lihatlah dengan penuh kasih kepadaku. Dan dengan permohonan yang sangat kepadamu, anugerahkanlah kasih karunia Allah kepadaku. Berikanlah rahmat pengampun-an untuk dosaku, dan bebaskanlah aku dari hukuman akibat kejahatanku. Doakanlah aku senantiasa, agar aku menerima rahmat untuk dapat menjalani kehidupan yang baik di bumi dan memperoleh kebahagiaan di surga yang kekal. Amin

  • Hari kedelapan

Salam, ya santa Anna! Aku bersukacita karena engkau ditinggikan dalam kemuliaan. Engkau melahirkan Maria, yang menjadi perantara lahirnya Putera Allah yang membawa keselamatan bagi dunia dan harapan bagi orang-orang berdosa, dengan mengalahkan maut dan mengembalikan kehidupan. Berdoalah kepada-Nya yang, demi kasih-Nya kepada kami, menjelma menjadi manusia melalui rahim suci putrimu.

Santa Anna yang dimuliakan, bersama dengan puterimu yang terberkati, bebaskanlah aku dari segala sesuatu yang tidak menyenangkan hati Allah. Berdoalah senantiasa kepada cucumu, Yesus yang lemah lembut dan penuh kuasa, supaya Dia membersihkan jiwaku dalam darah kudus-Nya; supaya Dia mengutus Roh Kudus untuk menerangi dan mengarahkan aku dalam segala hal yang aku lakukan sehingga selalu taat pada kehendak Roh Kudus-Nya.

Ibu yang baik, jagalah aku senantiasa. Bantulah aku untuk menanggung semua salibku. Berilah aku kepenuhan rahmatmu, dan anugerahkanlah keberanian. Amin

  • Hari Kesembilan

Santa Anna yang baik, aku telah mencapai akhir novena ini untuk menghormatimu. Aku memohon dan memohon lagi. Ibu yang baik, janganlah janganlah pernah bosan untuk mendengarkan doa-doaku, meski aku mengulanginya begitu sering.

Ibu yang pemurah, mohonkanlah kemurahan Allah untuk semua yang aku butuhkan dalam menjalani kehidupanku. Semoga hatimu yang murah hati, memberikan bagiku sarana untuk memenuhi kebutuhanku dan meringankan penderitaan sesama yang miskin.

Santa Anna yang baik, kuatkanlah aku dengan sakramen-sakramen Gereja pada saat akhir hidupku. Ijinkanlah aku untuk memasuki persekutuan para kudus dalam Kerajaan Surga, dimana aku dapat memuji dan bersyukur kepada Allah Tritunggal yang mahakudus, Yesus, cucumu dan Maria, puterimu, serta engkau sendiri, sampai selama-lamanya. Amin.

3. Novena Rosario Elizabeth‐Zakharia untuk permohonan mendapatkan keturunan (28 Oktober – 5 November)

3. Novena Rosario Elizabeth‐Zakharia permohonan mendapatkan keturunan (28 Oktober – 5 November)
Unsplash/Marissa demuner

Sejarah dari pengalaman iman Santa Elizabeth dan Santa Zakharia yang ditemani oleh Santa Maria:

Doa pada dasarnya adalah membuka hati pada kehendak Allah Bapa sehingga terjadilah Kerajaan Allah dalam hati dan keluarga kita.

Inilah yang sebenarnya diajarkan Yesus dengan berdoa, “Datanglah Kerajaan‐Mu, jadilah kehendak‐Mu di bumi seperti di sorga.”(Mt. 6:10).

Dalam novena kali ini, dilakukan bersama Santa Maria, Santa Elizabeth, dan Santa Zakharia. Novena bukanlah sebuah doa yang memaksakan kehendak kita kepada Allah Bapa. Dengan novena, adanya permohonan khusus yang tersampaikan. Hal ini berarti berusaha menyesuaikan kehendak kita dengan kehendak-Nya. 

Bentuk novena Rosario dipilih karena doa sembilan hari berturut‐turut akan membuat niat kita lebih kuat dan teruji.  

Dengan bentuk Rosario, belajar bersikap terbuka seperti Maria. Dengan itu, kehendakNya‐lah yang terjadi, bukan kehendak kita, dan kita dapat menerimanya dengan suka cita.

Doa Rosario bersama Santa Elizabeth adalah doa Rosario seperti biasanya, tetapi dijalankan selama sembilan hari berturut‐turut (28 Oktober – 5 November) dengan memakai peristiwa gembira.

Ada tambahan doa di akhir Salam Maria kesepuluh (Sebelum masuk peristiwa berikutnya) menggantikan doa pendek dari Fatima.

Sangat dianjurkan doa novena Rosario ini didoakan bersama oleh Papa dan Mama suami pada malam hari.  

4. Doa Katolik yang sederhana bisa dijadikan doa rutin sehari-hari

4. Doa Katolik sederhana bisa dijadikan doa rutin sehari-hari
Pexels/Cottonbro

Selain doa novena, ada juga kumpulan doa Katolik untuk meminta kepada Allah agar segera dikaruniai bayi. 

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin

Allah Bapa di Surga, kami bersyukur atas anugerah kasih-Mu yang melimpah kepada kami. Ya Bapa, kami menghadap-Mu dengan hati yang penuh kerendahan hati untuk memohon ampun atas dosa-dosa kami ya Tuhan.

Dan buatlah kami agar mau mengampuni semua orang yang bersalah kepada kami, baik dalam perkataan maupun perbuatan hidup ini.

Terima kasih ya Tuhan atas segala kebaikan dan kemurahan-Mu yang kami terima dalam hidup ini. Sehingga kami masih Engkau anggap layak menjadi anak-anak-Mu.

Pada kesempatan ini kami berdoa kepada-Mu ya Tuhan, untuk menghadirkan anak dalam rumah tangga kami. Kami berjanji akan menjaga dan mendidiknya seturut ajaran dan perintah-Mu.

Semua doa dan permohonan ini, kami haturkan lewat perantaraan Tuhan Kami Yesus Kristus yang hidup dan berkuasa kini dan sepanjang segala masa. 

Amin.

Bapa Kami

Salam Maria

Kemuliaan

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus, Amin.

Nah, Ini dia rangkuman yang telah Popmama.com rangkum mengenai 4 doa Katolik yang bisa menjadi pilihan untuk Mama ketika memohon keturunan. 

Tetap semangat dan rutin melakukannya ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk