Tips Berhubungan Seks Saat Program Kehamilan

Ternyata, berhubungan seks saat menjalani program kehamilan juga ada aturannya!

23 Mei 2019

Tips Berhubungan Seks Saat Program Kehamilan
Freepik/Yanalya

Bagi kamu yang sedang menjalani program kehamilan, menjaga kesehatan dengan baik perlu untuk dilakukan agar kehamilan cepat menghampiri. Kamu disarankan untuk mengonsumsi makanan sehat, rajin berolahraga, dan menjaga pola tidur dengan baik karena peluang kehamilan dapat terbuka lebar jika kamu menerapkan hal tersebut.

Peluang untuk hamil pun juga akan semakin besar jika kamu tahu apa saja yang harus diperhatikan dalam melakukan hubungan seksual saat program kehamilan dilakukan. Kamu penasaran apa saja yang perlu di perhatikan?

Dilansir dari Baby Center dan beberapa sumber lainnya, ini tips berhubungan seks saat program kehamilan dijalani:

Ketahui masa subur dan waktu yang tepat

Ketahui masa subur waktu tepat
Freepik

Agar program hamilmu berjalan lancar dan peluang hamil menjadi lebih besar, kamu disarankan untuk melakukan hubungan seks di waktu subur. Dilansir dari Baby Center, berhubungan seks setiap hari di masa subur dapat meningkatkan kesempatan hamil.

Hal ini karena saat masa subur tiba, kandung telur akan melepaskan sel telur dengan baik dan biasanya pelepasan sel telur akan terjadi selama 12-24 jam. Nah, saat sel telur dilepaskan, kesempatan sperma untuk membuahi sel telur akan semakin besar sehingga kesempatan kamu untuk hamil pun akan semakin tinggi pula.

Lalu bagaimana cara menentukan masa subur? Nah, kamu harus tahu, bagi perempuan yang siklus menstruasinya teratur, masa subur terjadi selama 12 hingga 14 hari sebelum menstruasi berikutnya. Atau bisa juga terjadi pada hari ke 10 hingga hari ke 17 setelah menstruasi.

Editors' Picks

Seberapa sering hubungan seks perlu untuk dilakukan?

Seberapa sering hubungan seks perlu dilakukan
Freepik

Sebenarnya, tidak ada aturan pasti seberapa sering hubungan seks diperlukan agar cepat hamil. Namun para ahli menyarankan untuk tidak berhubungan seks lebih dari 1 kali dalam sehari.

Mengapa demikian? Rupanya berhubungan seksual terlalu sering juga dikhawatirkan dapat menurunkan jumlah sperma yang sehat. Jadi ada baiknya untuk tidak berhubungan seks lebih dari 1 kali dalam sehari, kecuali atas saran dari dokter.

Lalu posisi hubungan seksual seperti apa yang direkomendasikan?

Lalu posisi hubungan seksual seperti apa direkomendasikan
Freepik/Jcomp

Sebenarnya, posisi hubungan seksual apapun yang berhasil membawa sperma mendekati leher rahim dapat membuat kamu jadi hamil. Namun memang, ada beberapa posisi tertentu yang dapat membuat peluang hamil menjadi lebih besar.

Dilansir dari Times of India, ada beberapa posisi hubungan seks yang dapat meningkatkan peluang hamil yaitu misionaris, doggy style, dan man on top.

Adapun selain posisi hubungan seks yang direkomendasikan, ada beberapa hal pula yang harus kamu dan perhatikan pasca berhubugan seks. Seorang ahli endokrinologi reproduktif dari Charlottesville, Virginia mengungkap bahwa posisi perempuan setelah berhubungan intim sangat berpengaruh terhadap proses pembuahan. Nah, berikut ini posisi terbaik usah berhubungan seksual yang dapat meningkatkan peluang hamil:

  • Kamu disarankan untuk berbaring normal selama 20-30 menit setelah berhubungan seks dengan pasangan. Posisi ini bisa meningkatkan kemungkinan sperma masuk dan melakukan pembuahan.
  • Menaruh kepala di bawah dan mengangkat kedua kaki ke atas usai berhubungan seks juga disarankan.
  • Selain ke du acara tersebut, kamu juga disarankan untuk mengganjal pinggul dengan bantal setelah hubungan seks dilakukan. Posisi ini membantu air mani terus mengalir masuk ke rahim sehingga meningkatkan peluang pembuahan.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;