Apakah Payudara yang Terasa Sakit Dapat Menjadi Tanda Awal Kehamilan?

Payudara terasa nyeri, ini tanda menstruasi atau hamil ya?

30 September 2020

Apakah Payudara Terasa Sakit Dapat Menjadi Tanda Awal Kehamilan
freepik.com/psodaz

Nyeri di payudara bisa terjadi karena beberapa alasan, salah satunya adalah tanda awal kehamilan. Selain itu juga, perubahan hormon terjadi tidak hanya selama kehamilan namun juga selama periode menstruasi.

Untuk membedakan apakah nyeri di payudara berasal dari tanda kehamilan atau gejala menstruasi, ada beberapa hal yang membedakan.

Yuk, kenali lebih lanjut tanda awal kehamilan ini. Simak ulasan Popmama.com mengenai payudara sakit menjadi tanda awal kehamilan.

Apakah Payudara Nyeri Merupakan Tanda Awal Kehamilan?

Apakah Payudara Nyeri Merupakan Tanda Awal Kehamilan
Freepik

Nyeri payudara memang salah satu tanda awal kehamilan. Ini dapat muncul hanya dalam satu hingga dua minggu setelah pembuahan.

Karena mungkin muncul sebelum periode menstruasi terlewat, nyeri payudara kadang-kadang bisa menjadi indikator kehamilan yang bermanfaat.

Jika Kamu sedang dalam program hamil dan mengalami nyeri payudara yang tidak biasa, Kamu dapat melakukan tes kehamilan. Namun ini mungkin terlalu dini untuk mendapatkan hasil yang akurat.

Gejala-gejala kehamilan awal sangat mirip dengan gejala menstruasi. Jadi bagaimana Kamu bisa membedakannya?

Cara terbaik untuk mengetahui perbedaannya adalah dengan melihat apakah menstruasi terjadi atau melakukan tes kehamilan. Jika Kamu melihat bercak kecil selama satu atau dua hari, tetapi tidak ada menstruasi seperti biasa, ini bisa menunjukkan perdarahan implantasi dan kehamilan.

Editors' Picks

Bagaimana Rasa Nyerinya?

Bagaimana Rasa Nyerinya
euractiv.com

Seperti payudara itu sendiri, nyeri payudara muncul dalam banyak varietas. Dapat terjadi pada satu atau kedua payudara. Kamu mungkin merasakan semuanya, di tempat tertentu, atau bergerak ke luar ke ketiak. Rasa sakit bisa konstan atau bisa datang dan pergi.

Selama minggu-minggu awal kehamilan, nyeri payudara cenderung terasa pegal. Payudara mungkin terasa berat dan bengkak. Selain itu, payudara menjadi lebih sensitif terhadap sentuhan. Ini dapat menyebabkan tidur menjadi kurang nyaman.

Bagi banyak wanita, puting susu sangat sensitif pada minggu-minggu awal ini. Namun biasanya ini berlangsung selama beberapa minggu saja.

Saat trimester pertama berlangsung, Kamu mungkin merasakan payudara yang penuh dan berat. Beberapa wanita juga mengalami sensasi kesemutan pada puting susu dan areola selama trimester pertama.

Nyeri payudara yang tajam, yang bisa terasa seperti pisau ditusuk ke area tertentu pada satu payudara, tidak biasa terjadi selama kehamilan. Walaupun bisa terjadi, jenis nyeri ini jarang terjadi pada kehamilan.

Apa Penyebab Payudara Terasa Nyeri di Awal Kehamilan?

Apa Penyebab Payudara Terasa Nyeri Awal Kehamilan
Freepik

Nyeri payudara sering merupakan gejala pertama kehamilan, terjadi sedini satu hingga dua minggu setelah pembuahan. Secara teknis, bisa terjadi hingga minggu ketiga dan keempat kehamilan. Sensasi sakit payudara memuncak pada trimester pertama karena tubuh dibanjiri dengan hormon. Hormon-hormon ini memiliki pekerjaan penting, mempersiapkan tubuh untuk menumbuhkan janin.

Untuk menumbuhkan janin yang “lapar”, hormon bekerja cepat untuk mempersiapkan payudara untuk menyusui. Aliran darah ke payudara meningkat dan payudara tumbuh lebih besar. Selain terasa menyakitkan, ini juga dapat menyebabkan iritasi dan gatal-gatal pada kulit.

Saluran ASI di payudara juga tumbuh untuk persiapan menyusui. Dan hormon merangsang pertumbuhan kelenjar penghasil susu. Pada dasarnya, payudara sedang mengalami percepatan pertumbuhan besar-besaran.

Nyeri bukan satu-satunya gejala terkait payudara selama awal kehamilan. Selama trimester pertama, Kamu mungkin juga melihat pembuluh darah biru memompa darah tambahan ke payudara dan mengubah ukuran atau bentuk puting.

Kapan Mama Harus Khawatir?

Kapan Mama Harus Khawatir
freepik.com/romankosolapov

Payudara sakit selama kehamilan atau sebelum menstruasi merupakan hal yang umum terjadi dan tidak perlu dikhawatirkan. Nyeri payudara dapat hilang setelah trimester pertama.

Kapan Kamu harus merasa khawatir? Jika Kamu merasakan ada benjolan yang tumbuh. Benjolan jinak dan tidak berbahaya dapat muncul selama kehamilan, cobalah untuk tidak panik, namun penting untuk memeriksakannya ke dokter.

Sekitar 1 dari 1.000 wanita hamil menderita kanker payudara. Ini dapat membahayakan kesehatan kamu dan janin.

Nyeri di payudara di awal kehamilan atau menjelang menstruasi merupakan gejala yang normal. Namun jika Kamu merasakan ada yang aneh seperti benjolan, segera konsultasikan dengan dokter.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.