Benarkah Nanas Dapat Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki?

Kaya vitamin C, bagaimana nanas membantu mengatasi masalah kesuburan?

19 Januari 2022

Benarkah Nanas Dapat Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki
Freepik/8photo

Kesuburan bukan hanya masalah perempuan saja. Laki-laki juga bisa mengalaminya. Beragam cara dapat dilakukan untuk meningkatkan kesuburan.

Salah satunya dengan mengonsumsi buah yang baik untuk kesuburan, seperti nanas.

Nanas mengandung vitamin C yang baik untuk daya tahan tubuh. Namun bagaimana nanas bekerja untuk meningkatkan kesuburan laki-laki? Benarkah nanas dapat meningkatkan kesuburan laki-aki?

Nah, jika Papa memiliki masalah kesuburan, simak dulu ulasan Popmama.com berikut ini tentang manfaat nanas untuk meningkatkan kesuburan laki-laki.

Kandungan Gizi Nanas

Kandungan Gizi Nanas
Pexels/Pineapple Supply Co

Dari data Departemen Pertanian Amerika Serikat, kandungan nutrisi nanas per 165 gram adalah:

  • Kalori: 74
  • Lemak: 0 g
  • Kolesterol: 0 mg
  • Natrium: 2 mg
  • Kalium: 206 mg
  • Karbohidrat: 19,5 g
  • Gula: 13,7 g
  • Protein: 1 g
  • Vitamin C: 28 mg
  • Kalsium: 21 mg

Editors' Picks

Manfaat Nanas untuk Kesehatan

Manfaat Nanas Kesehatan
Pexels/Andres-ayrton

Salah satu manfaat nanas segar yang paling terkenal adalah buahnya mengandung vitamin C yang meningkatkan kekebalan tubuh. Buah ini juga dikenal sebagai sumber air untuk hidrasi dan gula alami untuk energi.

Nanas juga dikenal sebagai sumber magnesium dan potasium, keduanya merupakan nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan seksual baik laki-laki maupun perempuan.

Camilan manis yang sehat, nanas membantu mempertahankan stamina dan mengendalikan berat badan berkat kandungan seratnya.

Namun bagaimana konsumsi nanas dapat meningkatkan kesuburan laki-laki?

Manfaat Nanas untuk Kesuburan Laki-laki

Manfaat Nanas Kesuburan Laki-laki
Freepik/freepic.diller

Kandungan dalam nanas dapat memberikan manfaat sebagai berikut bagi kesuburan laki-laki:

  • Nutrisi paling menonjol dalam nanas yang secara khusus dikaitkan dengan kesehatan laki-laki adalah mangan. Mangan dikenal dapat meningkatkan kekuatan seksual. Ini telah terbukti meningkatkan kadar testosteron, sehingga sangat bermanfaat bagi pria. Faktanya, menurut Nature's Aphrodisiacs, dalam studi laboratorium defisiensi mangan pada laki-laki menyebabkan hilangnya dorongan seksual dan kurangnya air mani.
  • Nanas juga merupakan sumber bromelain. Enzim ini terbukti membantu memicu produksi testosteron. Bromelain juga dikenal karena dapat membantu mengurangi peradangan.
  • Tiamin dalam nanas juga dapat bermanfaat bagi pria dalam hal produksi testosteron. Tiamin merangsang produksi hormon seks pada laki-laki dan perempuan.
  • Sebagai manfaat kesehatan tambahan, nanas juga memberi tubuh beberapa antioksidan kuat. (Buah ini terkenal karena kandungan flavonoid dan asam fenoliknya) Antioksidan melawan radikal bebas dalam tubuh kita.
  • Vitamin C dalam nanas diketahui dapat meningkatkan aliran darah. Ini tidak hanya akan membantu menjaga kesehatan jantung tetapi juga berdampak pada aliran darah ke penis. Itulah sebabnya makanan kaya vitamin C seperti nanas berada dalam daftar makanan yang membantu melawan disfungsi ereksi.

Efek Samping Konsumsi Nanas

Efek Samping Konsumsi Nanas
Pexels/shvets production

Nanas adalah pelunak daging yang baik. Jika dikonsumsi secara berlebihan, maka dapat menyebabkan nyeri pada mulut, termasuk bibir, lidah, dan pipi.

Nanas juga dapat menimbulkan reaksi alergi, seperti ruam, gatal-gatal atau kesulitan bernapas.

Jadi, jangan lupa untuk memperhatikan reaksi alergi bila tidak terbiasa mengonsumsi buah ini.

Jika papa memiliki alergi pada nanas, hindari untuk mengonsumsinya. Papa dapat mengonsumsi makanan lain yang baik untuk kesuburan laki-laki.

Berdasarkan publikasi Drug Information Database dalam drugs.com, jus dari buah nanas mentah dapat menyebabkan muntah parah.

Konsumsi bromelain berlebihan dari buah nanas juga dikaitkan dengan diare, aliran menstruasi berlebih pada perempuan, mual, ruam kulit, dan muntah.

Jadi, benarkah nanas dapat meningkatkan kesuburan laki-laki? Jawabannya, ya, nanas baik untuk meningkatkan kesuburan laki-laki. Namun hindari konsumsi nanas secara berlebihan ya.

Selain itu, jika masalah kesuburan berlanjut sampai setahun, sebaiknya papa dan mama memeriksakan diri ke dokter ahli kesuburan. Dokter akan memeriksa pasangan untuk mencari apakah ada masalah kesuburan.

Semoga informasi ini bermanfaat!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk