Kaya Antioksidan, Ini 4 Manfaat Tomat untuk Kesuburan Laki-laki

Beragam penelitian mengungkapkan bahwa tomat bermanfaat untuk kesuburan

17 Februari 2021

Kaya Antioksidan, Ini 4 Manfaat Tomat Kesuburan Laki-laki
Freepik/jannoon028

Saat merencanakan kehamilan, kesuburan adalah hal yang paling penting. Sulit hamil bukan hanya disebabkan oleh perempuan saja, namun ini juga dapat disebabkan oleh infertilitas dari pihak laki-laki.

Infertilitas pada laki-laki dipengaruhi oleh kualitas dan kuantitas seperma hingga kemampuan gerak sperma.

Menjaga pola makan yang baik akan meningkatkan peluang kamu untuk hamil lebih cepat. Ini juga berlaku untuk laki-laki ya.

Tetapi kabar baiknya adalah beberapa jenis makanan dapat membantu mengatasi masalah kesuburan. Salah satunya adalah tomat. Tomat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan laki-laki karena kandungan likopennya.

Ulasan Popmama.com kali ini akan membahas mengenai manfaat tomat untuk kesuburan laki-laki. Apa saja, ya?

Kandungan Gizi Tomat

Kandungan Gizi Tomat
Freepik

Tomat terdiri dari air (95%), sementara lima persen sisanya terdiri dari karbohidrat, serat, vitamin, dan mineral. 

Dalam satu buah tomat berukuran sedang terkandung 20 kalori, 1,2 gram serat, dan lima gram karbohidrat.  Serat yang terkandung di dalam tomat adalah serat larut yang dapat bermanfaat untuk menjaga kesehatan pencernaan.

Berikut beberapa manfaat tomat untuk meningkatkan kesuburan laki-laki:

1. Meningkatkan jumlah sperma

1. Meningkatkan jumlah sperma
Pixabay/Geralt

Ini berkat likopen yang ada pada tomat. Berbagai penelitian telah menunjukkan bahwa likopen dianggap dapat meningkatkan kesuburan laki-laki. Ini merupakan salah satu zat pembentuk karotenoid dan antioksidan yang memberi warna cerah pada tomat.

Likopen dapat menangkal radikal bebas yang terbentuk dari konsumsi makanan dan pola hidup tidak sehat. Pola hidup tidak sehat, makanan tidak sehat, lemak jahat, dan kalori dapat menurunkan kualitas sperma.

Sebuah penelitian menyatakan bahwa likopen dalam tomat dapat meningkatkan jumlah sperma hingga 70 persen. Bagaimana cara kerjanya?

Ketika likopen masuk ke dalam tubuh, tubuh akan menyerap 20-30 persen dari total likopen yang masuk. Likopen tersebut akan disebar ke beberapa bagian tubuh. Salah satu bagian yang paling banyak mendapat likopen adalah testis, tempat di mana sperma diproduksi.

Editors' Picks

2. Menurunkan risiko kanker prostat

2. Menurunkan risiko kanker prostat
Pixabay/derneuemann

Telah banyak pula penelitian yang menemukan bahwa konsumsi tomat dapat membantu menurunkan risiko kanker prostat, kanker paru-paru, dan kanker lambung.  Lagi-lagi ini disebabkan oleh likopen.

Fakta yang ada menyebutkan bahwa konsumsi tomat mentah yang telah dicuci bersih secara rutin mampu menurunkan risiko kanker prostat hingga 11 persen.

Vitamin C dan likopen juga dapat menjaga kesehatan kulit.

3. Meningkatkan kualitas sperma

3. Meningkatkan kualitas sperma
Freepik/inkoly

Sperma yang berkualitas dilihat dari beberapa faktor antara lain jumlah sperma, bentuk, dan gerakannya. Jika salah satu faktor tersebut terganggu, maka akan memengaruhi kesuburan laki-laki.

Likopen dalam tomat terbukti dapat meningkatkan jumlah sperma.Hal ini dibuktikan oleh sebuah penelitian di Universitas Sheffield Inggris. Dalam penelitian tersebut peserta yang terdiri dari pria yang berusia 18-30 tahun, diberikan suplemen likopen setiap hari. Kemudian, di akhir penelitian diketahui bahwa pria yang minum suplemen likopen memiliki kualitas dan kuantitas sperma lebih baik.

Penelitian tersebut menyatakan bahwa likopen dapat membantu meningkatkan kualitas sperma dan mengurangi kerusakan DNA sehingga meningkatkan jumlah sperma matang. Karena itulah, tomat dipercaya dapat meningkatkan kesuburan laki-laki.

Selain itu, terbukti juga bahwa sperma pada laki-laki yang mengonsumsi likopen, lebih cepat bergerak dan gesit, sehingga dapat meningkatkan peluang pembuahan.

4. Mencegah kerusakan sperma

4. Mencegah kerusakan sperma
Freepik/Subsri

Likopen, selain dapat meningkatkan jumlah sperma, sperma yang dihasilkan juga memiliki tingkat motilitas dan kemampuan bergerak atau berenang yang lebih baik.

Para ahli juga percaya bahwa likopen pada tomat mampu memberikan efek antioksidan yang dapat mencegah kerusakan pada sperma. Sehingga sel sperma yang dihasilkan jadi lebih berkualitas karena memiliki jumlah, ukuran, dan bentuk yang sempurna.

Bagaimana Mengonsumsi Tomat yang Baik untuk Kesuburan Laki-Laki?

Bagaimana Mengonsumsi Tomat Baik Kesuburan Laki-Laki
Freepik/freepik

Untuk meningkatkan kesuburan laki-laki, tomat sebaiknya dimasak dulu sebelum dikonsumsi. Proses pemanasan tomat, (walau hanya 15 menit) dapat meningkatkan konsentrasi likopen di dalamnya, sehingga kadarnya meningkat hingga 170 persen.

Meski demikian, manfaat tomat juga tetap bisa diperoleh meski dimakan mentah, lho!

Itulah manfaat tomat untuk kesuburan laki-laki yang bisa didapatkan. Nah, bagi kamu yang memiliki masalah kesuburan, ayo mulai mengonsumsi tomat. Selain itu, pola hidup sehat pun harus diterapkan ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.