7 Ciri Laki-Laki Mandul Secara Fisik yang Bisa Dideteksi

Kenali ciri-cirinya sedini mungkin ya

24 Mei 2019

7 Ciri Laki-Laki Mandul Secara Fisik Bisa Dideteksi
Unsplash/Matthew Fassnacht

Ciri-ciri laki-laki mandul harus dipahami sejak dini oleh pasangan suami dan istri. Namun sayangnya, kemandulan pada kaum lelaki ini memang tak dapat dideteksi secara pasti sejak awal gejalanya.

Biasanya kondisi ini baru akan ketahuan setelah seorang suami sudah berjuang untuk mendapatkan anak, namun tak kunjung mendapatkan hasil positif.

Ciri-ciri laki-laki mandul bisa diketahui jika diperhatikan secara baik-baik, setelah itu segera konsultasikan ke dokter kandungan jika kamu sedang melakukan program untuk segera memiliki keturunan bersama pasanganmu.

Kemandulan pada pria ini sangat beragam cirinya, tergantung dari apa yang menjadi penyebabnya. Lalu apa saja ciri pria tidak subur? Dilansir dari laman Healthline, ada beberapa hal yang dianggap menjadi pertanda, yaitu:

1. Fungsi seksual menurun

1. Fungsi seksual menurun
Freepik/rawpixel.com

Ketika fungsi seksual seorang pria menurun misalnya susah memperoleh dan mempertahankan ereksi, bisa jadi ada masalah mengenai kesuburannya. Pria yang mengalami kondisi tersebut umumnya bermasalah dengan kadar testosteron di dalam tubuh.

Kalau hormon itu turun, sperma yang dihasilkan pun tak akan banyak dan ini menjadi ciri ciri laki laki mandul.

2. Kelainan testis

2. Kelainan testis
pixabay.com/SuicideArtist

Sebagai organ yang memproduksi hormon testosteron serta tempat pembuatan sekaligus penyimpan sperma, kesehatan testis begitu penting untuk kesuburan pria. Beberapa gangguan yang bisa terjadi pada testis seperti kanker, varikokel atau pelebaran pembuluh darah testis, dan hidrokel atau penumpukan cairan testis.

Kondisi ini bisa menyebabkan hambatan pada saluran sperma hingga menyebabkan matinya sel sperma karena suhu testis yang meningkat.

3. Rambut yang tumbuh hanya sedikit

3. Rambut tumbuh ha sedikit
Unsplash/Kuo-Chiao Lin

Ciri-ciri laki-laki mandul selanjutnya rata-rata disebabkan oleh ketidakseimbangan hormon. Ketika hormon seks pria dalam kadar yang kurang, tentu pertumbuhan sperma pun bisa terganggu.

Kalau sudah begini, pria tersebut bisa mandul. Salah satu cirinya yakni sedikitnya rambut-rambut yang biasanya dominan pada pria, seperti kumis dan jenggut, bulu kaki, bulu dada, dan lain-lain.

Namun sedikitnya rambut yang tumbuh, entah itu di area wajah ataupun tubuh, juga bisa diakibatkan faktor genetik dan hingga ras.

Editors' Picks

4. Testis bengkak atau terasa sakit

4. Testis bengkak atau terasa sakit
healthline.com

Kondisi dimana testis atau buah zakar terasa sakit dan bengkak akibat ereksi atau penyakit lainnya. Beragam infeksi dapat menimbulkan rasa nyeri hingga peradangan di area testis, seperti misalnya infeksi bakteri E. coli atau akibat bakteri penyebab penyakit menular seksual seperti klamidia hingga sifilis.

5. Rasa sakit saat ejakulasi

5. Rasa sakit saat ejakulasi
Freepik/rawpixel.com

Umumnya rasa sakit ketika ejakulasi karena adanya gangguan pada prostat dan organ lain di dalam area penis. Kondisi ini bisa menjadi tanda gangguan pada sistem reproduksi laki-laki. Kalau pria mengalami sakit ketika ejakulasi, sangat disarankan untuk segera memeriksakan diri ke dokter.

6. Hasrat seksual rendah

6. Hasrat seksual rendah
Freepik

Jika kamu mendapati hasrat seksual rendah, ini bisa jadi ciri-ciri pria mandul berikutnya. Kondisi ini kemungkinan dikarenakan masalah hormonal. Karena umumnya dorongan seksual berasal dari melonjaknya hormon pria yang disebut testosteron.

7. Mengerutnya testis

7. Mengerut testis
mensjournal.com

Kondisi tertentu seperti terkena penyakit, maka testis akan mengalami pengerutan. Kondisi ini akan menyebabkan produksi sperma akan menurun sehingga peluang pria mengalami kemandulan terbilang besar.

Nah, semoga ciri-ciri laki-laki mandul secara fisik di atas tidak muncul pada kita semua ya. Mulai sekarang mari lebih memerhatikan kondisi kesehatan penis supaya fungsi seksual tetap berjalan lancar. 

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;