7 Jus Buah yang Baik untuk Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki

Ada kok, jus buah yang rasanya enak, menyegarkan dan bisa bikin kesuburan meningkat!

27 Mei 2021

7 Jus Buah Baik Meningkatkan Kesuburan Laki-Laki
Freepik

Bukan hanya pada perempuan, ternyata apa saja makanan dan minuman yang kamu konsumsi jugasangat berpengaruh bagi kaum lelaki. Baik itu untuk hal terkait kesehatan maupun kesuburannya. 

Makan-makanan yang lebih sehat dapat membantu meningkatkan jumlah sperma, sementara memakan makanan yang tidak terlalu sehat dapat menurunkan jumlahnya.

“Banyak perempuan tidak menyadari bahwa gaya hidup, stres, dan makanan dapat memainkan peran penting dalam ketidaksuburan,” kata Jayne Williams, seorang pakar kesehatan dan nutrisi integratif yang bersertifikat, demikian melansir dari Glamour

“Makan makanan yang 'mendukung' kesuburan mencakup makanan utuh, keseimbangan protein tanpa lemak yang sehat, lemak sehat, dan serat yang dapat membantu meningkatkan mikroba usus, mengatur hormon, dan menurunkan tingkat stres, maka itu semua menjadi hal penting untuk mempersiapkan tubuh agar segera hamil," ungkap Williams.

Tak sampai di situ, selain kerja keras istri, suami juga perlu membantu, termasuk dengan mengonsumsi jus buah secara rutin.

Jika kamu sedang berupaya untuk hamil, maka beritahu pada suami untuk turut serta menjaga apa yang ia konsumsi. Ini bertujuan agar si suami tidak kehilangan peluang untuk memperbanyak jumlah spermanya.

Banyak makanan sehat yang bisa jadi pilihan agar cepat hamil. Kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa jus buah yang baik untuk kesuburan laki-laki agar istri cepat hamil. Penasarankan?

1. Jus alpukat

1. Jus alpukat
hellosehat.com

Buah alpukat disukai banyak orang karena rasa dan aromanya yang sangat khas. Alpukat diketahui sebagai sumber lemak sehat, kalium, dan vitamin yang sangat baik. Selain itu, alpukat juga bagus untuk meningkatkan mood.

Alpukat mengandung vitamin E dan seng, keduanya memiliki efek positif pada dorongan seks dan kesuburan laki-laki. Buah berwarna hijau ini juga mudah ditemukan.

Seng telah disarankan untuk meningkatkan kadar testosteron dalam tubuh, sedangkan vitamin E dapat meningkatkan kualitas sperma. Kolaborasi kedua kandungan ini yang membuat jus alpukat menjadi salah satu jus buah untuk meningkatkan kesuburan laki-laki.

2. Jus wortel

2. Jus wortel
Freepik

Sari wortel sangat menyehatkan meski aromanya sangat kuat. Dilansir dari Healthline, jika suami ingin meningkatkan jumlah sperma, maka ilmu pengetahuan mengatakan untuk makan lebih banyak wortel. Super food ini baik untuk kesuburan karena dapat meningkatkan jumlah dan motilitas sperma.

Apa itu motilitas sperma? Motilitas sperma adalah kemampuan pergerakan dan renang sperma. Jika istri sedang menjalani program hamil, maka penting bagi suami untuk meningkatkan motilitas sperma.

Penelitian menunjukkan hal ini karena karotenoid kimia yang ditemukan dalam wortel. Kandungan ini pula yang membuat warna wortel menjadi oranye.

Editors' Picks

3. Tomat

3. Tomat
Freepik/dashu83

Jangan main-main dengan buah berwarna merah yang satu ini. Ingin semua manfaat dalam satu kali minum jus? Mulailah dengan meminum jus tomat untuk meningkatkan kesuburan laki-laki.

Tomat mencakup beberapa manfaat yang tercantum di atas dan dapat dimakan dengan berbagai cara. Penelitian menunjukkan makanan yang kaya likopen, seperti tomat, dapat membantu mencegah kanker prostat, demikian disebut dalam laman Healthline.

Tomat mungkin juga bermanfaat bagi kesuburan laki-laki dan kualitas sperma karena tomat tampaknya secara signifikan meningkatkan konsentrasi sperma, motilitas dan morfologi.

Jika suami kamu adalah seorang pemilih, biasanya ia tetap lebih memilih rasa buah tomat dibanding yang lainnya.

4. Jus beri

4. Jus beri
Pexels/Anthony Shkraba

Ketika berbicara tentang jus buah kesuburan lelaki, buah beri adalah salah satu yang paling mudah untuk kamu dapatkan. Apa saja buah yang termasuk beri? 

Blueberry, stroberi, dan raspberry,  "Kaya akan antioksidan seperti folat dan seng," kata Williams. Itu penting bagi suami dan istri yang sedang berencana hamil. 

“Antioksidan menonaktifkan radikal bebas di tubuh yang dapat merusak sperma dan sel telur,” jelasnya. Pastikan kamu memilih beri organik,  karena buah-buahan ini juga bisa mengandung pestisida tinggi.

5. Pomegranate juice

5. Pomegranate juice
Unsplash/Marco Secchi

Pomegranate atau delima adalah buah berwarna merah yang memiliki khasiat tinggi untuk kesuburan dan kecantikan. "Delima kaya antioksidan juga kaya akan banyak nutrisi, termasuk vitamin C, vitamin K, folat dan beberapa vitamin dan mineral lain yang membantu kesuburan," ungkap Williams.

Sangat mudah untuk menikmatinya juga. Cukup taburkan ke oatmeal atau yogurt plain di pagi hari. Jika kamu ingin yang lebih sederhana dan asli, buatkah jus delima tanpa mencampurkan gula di dalamnya. 

Selain dijadikan jus, kamu juga bisa memenyediakan delima di atas salad untuk sang suami.

6. Jus pisang

6. Jus pisang
Freepik/Inventsolutions

Seperti diketahui, pisang merupakan salah satu buah untuk kualitas sperma yang baik. Buah berwarna kuning ini memiliki vitamin C, A dan B1 yang berguna untuk meningkatkan imun dan produksi sperma.

Selain itu, pisang juga diketahui mampu meningkatkan libido dan hormon seks lelaki karena mengandung enzim yang disebut bromelain.

Namun bromelain juga diketahui sebagai suplemen yang dijual dalam bentuk kapsul dan bisa bermanfaat untuk mengatasi peradangan dan mmembantu penyerapan zat tertentu ke dalam tubuh.

7. Jus semangka

7. Jus semangka
Pexels/Bruno Scramgnon

Semangka adalah sumber glutathione padat lain yang alami. Selain berguna untuk meredakan morning sicknes pada ibu hamil, jus semangka juga membantu kesuburan laki-laki karena mengandung likopen. 

Likopen merupakan antioksidan yang membantu pergerakan sperma. Likopen terdapat pada buah-buahan yang berwarna merah seperti semanga, tomat, stroberi atau delima.

Itulah 7 jus buah untuk meningkatkan kesuburan laki-laki agar istri cepat hamil. Konsumsi secukupnya dan jus yang diminum bisa berganti-ganti setiap hari agar nutrisi yang masuk ke tubuh juga lebih bervariasi.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.