Tips Traveling Aman bagi Ibu Hamil Trimester Kedua

Trimester kedua dinilai menjadi masa paling aman dan nyaman bagi ibu hamil untuk pergi traveling

12 Juni 2018

Tips Traveling Aman bagi Ibu Hamil Trimester Kedua
pixabay.com/keulefm

Traveling bisa menjadi salah satu cara untuk menghilangkan tekanan dan stres dalam hidup. Sayangnya, rencana traveling sering sekali tertunda akibat beberapa hal, seperti hamil contohnya.

Namun, siapa bilang mama tidak bisa pergi traveling saat dengan hamil?

Saat ini, banyak sekali perempuan yang tetap melakukan traveling ketika hamil. Bahkan, tak jarang dari mereka yang melakukan babymoon atau bisa dibilang honeymoon-nya ibu hamil.

Traveling merupakan hal yang sah-sah saja dilakukan bagi ibu hamil trimester kedua. Nah, agar traveling mama tetap menyenangkan, ada beberapa tips traveling yang perlu diperhatikan.

Inilah 5 hal yang harus Mama lakukan pas traveling saat hamil.

1. Pilih waktu yang sesuai

1. Pilih waktu sesuai
unsplash.com/esteejanssens
Pilih waktu yang pas untuk pergi traveling.

Sebelum melakukan traveling, tentunya mama harus merencakan kapan akan berangkat dan destinasi apa yang akan dikunjungi. Umur kehamilan umumnya terbagi menjadi tiga fase; trimester, trimester kedua dan trimester ketiga. Waktu yang sangat tepat bagi ibu hamil untuk traveling adalah pada kehamilan trimester kedua, yaitu minggu ke 14-27. Pasalnya, di trimester pertama mama tentunya masih sering merasa mual dan lelah. Sedangkan, di trimester akhir mama sudah harus bersiap untuk proses kelahiran si kecil.

2. Tentukan destinasi secara bijak

2. Tentukan destinasi secara bijak
unsplash.com/rawpixel
Pilih destinasi yang lokasinya tidak terlalu jauh dan dekat dengan hotel atau penginapan.

Meskipun sah-sah saja untuk traveling, bukan berarti mama bebas ingin kemana saja. Untuk kesehatan kandungan, sebaiknya hindari mengunjungi tempat yang membuat mama kelelahan seperti pegunungan atau air terjun.

Selain itu, cobalah untuk tidak traveling ke area yang rawan dengan penyakit edemik seperti malaria, zika, ebola, dan sejenisnya. Jika tetap ingin ke sana, coba konsultasikan dulu dengan dokter kandungan untuk mendapatkan vaksin.

3. Sesuaikan transportasi dengan jarak destinasi

3. Sesuaikan transportasi jarak destinasi
Freepik

Untuk menentukan transportasi apa yang akan digunakan, sebaiknya sesuaikanlah dengan destinasi mama. Jika cukup jauh, mama bisa gunakan pesawat agar tidak memakan waktu perjalanan. Ibu hamil trimester kedua tentu akan mudah lelah saat duduk terlalu lama.

Mereka perlu ruang untuk bergerak agar tidak merasa pegal.

Berpergian dengan kapal bisa memungkinkan karena terdapat banyak ruang untuk bergerak. Namun, mama harus pastikan untuk tahal terhadap situasi mabuk laut.

Editors' Picks

4. Pastikan ada teman saat traveling

4. Pastikan ada teman saat traveling
Freepik/teksomolika

Jika dulu Mama hobi berpergian sendiri, sebaiknya hindarilah kebiasaan tersebut saat memasuki kehamilan trimester kedua. Hamil tentu menjadi kondisi yang rawan, sehingga mama perlu orang lain untuk membantu beberapa hal saat traveling.

Ajaklah suami, orangtua, teman, atau keluarga saat berlibur. Pokoknya siapa saja yang bisa membuat kamu merasa happy!

Mereka tentu akan membantu mama saat kerepotan membawa barang atau belanjaan, naik-turun tangga, dan hal lainnya.

Baca Juga: 17 Foto Ibu dan Anak di Seluruh Dunia Karya Fotografer Travel Ternama

Baca Juga: Tip Menyewa Perlengkapan Bayi untuk Traveling

5. Jangan abaikan packing

5. Jangan abaikan packing
unsplash.com/faceline
Pastikan semua barang yang perlu dibawa dimasukkan ke dalam koper, termasuk obat-obatan.

Satu hal yang sering membuat bingung saat traveling adalah packing atau berkemas. Saat traveling, bawalah pakaian yang secukupnya. Pastikan baju yang dibawa adalah yang nyaman mama pakai. Jangan lupa untuk membawa jaket, obat-obatan atau vitamin, catatan kehamilan, tissue, air mineral dan lainnya.

6. Istirahat di hotel yang nyaman

6. Istirahat hotel nyaman
dailymail.co.uk (Alamy Stock Photo)

Hotel yang nyaman tentu sangat diperlukan saat traveling bagi para ibu hamil trimester kedua, terlebih jika berpergian jauh. Perjalanan yang panjang atau aktivitas traveling tentunya akan membuat mama lelah, jadi pilihlah hotel dengan fasilitas yang memadai.

Istirahat yang nyaman tentu membuat mama lebih rileks dan terhindar dari rasa stress dan lelah saat berlibur.

7. Rileks

7. Rileks
whatsupfagans.com

Traveling bagi ibu hamil trimester kedua memang akan sedikit lebih berat dan melelahkan. Namun, mama harus tetap menjalaninya dengan santai.

Lakukanlah berbagai hal yang membuat bahagia. Mama bebas untuk belanja, berjalan-jalan, atau mencoba wisata baru.

Tapi, pastikan istirahat yang cukup dan minum air putih. Istirahat akan membantu untuk mengurangi rasa lelah dan pembengkakan kaki.

Nah, itu dia tujuh tips bagi mama yang ingin traveling di trimester kedua masa kehamilan. Saat berpergian, pastikan segalanya mulai dari destinasi, transportasi, pakaian, hingga hotel nyaman untuk mama.

Lakukanlah aktivitas yang memang aman bagi kesehatan kandungan mama. Ingat, kesehatan si kecil adalah yang terpenting.

Topic: