Bukan Sekadar Aksesori, Ini 5 Manfaat Korset untuk Ibu Hamil

Bisa untuk menahan rasa nyeri lho, Ma

11 November 2020

Bukan Sekadar Aksesori, Ini 5 Manfaat Korset Ibu Hamil
unsplash/suhyeon

Biasanya korset digunakan untuk mengembalikan bentuk tubuh setelah melahirkan. Namun, ibu hamil juga bisa menggunakan korset hamil yang khusus dirancang untuk menopang punggung bawah dan perut selama kehamilan.

Korset hamil dapat membuat Mama yang sedang hamil lebih nyaman selama beraktivitas. Sebagai penopang perut, korset ibu hamil biasanya terbuat dari bahan lembut yang mudah menyerap keringat.

Korset ini juga elastis dan lentur, sehingga bisa disesuaikan dengan ukuran dan bentuk tubuh ibu hamil yang berubah selama kehamilan.

Masih ada manfaat lainnya ketika menggunakan korset saat hamil, untuk itu Popmama.com akan memberikan informasi lengkap mengenai lima manfaat menggunakan korset ibu hamil.

Cocok nih buat Mama yang memasuki trimester kedua dan ketiga! 

1. Mengurangi rasa nyeri

1. Mengurangi rasa nyeri
bundoo.com

Nyeri punggung dan persendian selama kehamilan bisa membuat frustasi dan menyulitkan untuk berpartisipasi dalam aktivitas sehari-har lho. Sebuah studi di Spine JournalTrusted Source menyelidiki prevalensi nyeri punggung dan panggul selama kehamilan.

Dalam studi tersebut menemukan bahwa 71 persen perempuan melaporkan nyeri punggung bawah, dan 65 persen melaporkan nyeri panggul. Mengenakan korset selama kehamilan dapat membantu menopang punggung bawah dan perut mama selama aktivitas, yang dapat mengurangi rasa nyeri secara keseluruhan.

Editors' Picks

2. Menahan guncangan saat beraktivitas

2. Menahan guncangan saat beraktivitas
Freepik

Mama pernah lari tanpa bra olahraga? Kedengarannya mengerikan, bukan? Prinsip yang sama berlaku untuk perut mama yang sedang tumbuh. Kompresi lembut pada korset dapat membantu menopang rahim dan mengurangi ketidaknyamanan akibat gerakan selama aktivitas fisik lho, Ma.

3. Dapat mempertahankan postur tubuh

3. Dapat mempertahankan postur tubuh
Pexels/Garon Piceli

Korset memberikan isyarat eksternal pada tubuh mama untuk membentuk postur yang benar. Dengan menopang punggung bawah dan batang tubuh, korset akan mendorong postur tubuh yang benar dan mencegah penegangan berlebih pada punggung bawah.

Munculnya penegangan yang khas pada kehamilan disebabkan oleh beban ekstra yang dibawa di depan tubuh bersamaan dengan peregangan dan melemahnya otot inti utama yang menopang tulang belakang.

4. Memberikan rasa nyaman dalam aktivitas sehari-hari

4. Memberikan rasa nyaman dalam aktivitas sehari-hari
Pexels/Garon Piceli

Olahraga selama kehamilan memiliki banyak manfaat kesehatan yang positif. Sebuah studi di Current Reviews in Musculoskeletal MedicineTrusted Source menunjukkan bahwa olahraga prenatal memiliki efek positif pada kesehatan. Olahraga meningkatkan kekencangan otot dan daya tahan tubuh serta menurunkan kejadian hipertensi, depresi, dan diabetes.

Banyak dari perempuan yang tidak dapat berolahraga atau terus bekerja selama kehamilan karena rasa sakit dan ketidaknyamanan. Mengenakan korset dapat membantu mengurangi ketidaknyamanan dan memungkinkan partisipasi dalam aktivitas sehari-hari, yang menghasilkan keuntungan fisik dan finansial..

5. Membantu proses pemulihan setelah melahirkan

5. Membantu proses pemulihan setelah melahirkan
Freepik/Bearfotos

Kekuatan inti yang menurun sering terjadi pada minggu-minggu awal setelah kelahiran. Otot dan ligamen yang meregang dan tegang selama kehamilan membutuhkan waktu untuk pulih.

Kelemahan yang dikombinasikan dengan pekerjaan yang menuntut untuk merawat bayi yang baru lahir dapat menjadi tantangan dan menyebabkan cedera.

Banyak perempuan menemukan bahwa memakai korset setelah melahirkan memberikan dukungan tambahan pada perut dan punggung bawah, serta mengurangi ketidaknyamanan.

Korset dapat bermanfaat bagi perempuan yang pernah mengalami pemisahan otot perut (diastasis recti) dengan cara menyatukan kembali otot perut. Dikombinasikan dengan latihan khusus, ini dapat membantu menutup celah antara otot perut. Namun penggunaan korset ini hanya sementara ya, Ma.

Itu dia lima manfaat korset ibu hamil ysng bisa Mama dapatkan saat menggunakannya selama kehamilan. Selain memberikan efek nyaman kepada Mama, Mama jadi bisa leluasa berakivitas deh! 

Tapi Ma, jika Mama mengalami efek samping terhadap penggunaan korset, Mama harus segera konsultasikan ke dokter ya!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.