Kehamilan Minggu ke-16

Apakah Mama bisa tebak, berapa berat janin dalam kandungan Mama saat ini?

6 Januari 2018

Kehamilan Minggu ke-16
fthmb.tqn.com

Bagaimana Perkembangan Janin Pada Kehamilan Minggu ke-16

Mama, minggu ini kamu sedang berada di penghujung kehamilan bulan keempat. Janin kamu sekarang beratnya bisa mencapai 2,5 ons atau sekitar 71 gram. sementara cairan ketuban bisa mencapai 7,5 ons atau 213 gram.

Perkembangan janin di kehamilan minggu ke-16 tumbuh dengan pesat. Janin saat ini bisa menendang kakinya ke arah yang lebih tinggi dari lengannya. Gerakannya mulai kelihatan di permukaan perut Mama dan jika dilihat, gerakannya menyerupai kupu-kupu atau seperti bayi berenang dalam lautan.

Bagaimana Kehamilan Minggu ke-16 Mengubah Kehidupan Mama 

Volume cairan daran dan amnion meningkat, pertumbuhan payudara semakin terlihat, rahim kamu semakin meluas. Timbangan berat badan kini mulai meningkat karena plasenta yang bertambah besar.

Tunggu beberapa minggu lagi, biar semua orang tahu perubahan tubuh kamu dan kamu dalam keadaan yang sangat sehat dan cantik karena kehamilan kamu.

Editors' Picks

Lakukan dan Larangan pada Kehamilan Minggu ke-16

Memanjakan diri seperti berendam untuk mendapatkan efek relaksasi bisa kamu lakukan. Hindari berendam di air yang terlalu hangat. Cukup berendam sekitar 20 menit dapat membersihkan kepenatan dalam kepala kamu.

Jika kamu mendadak pilek dan merasa kedinginan, itu biasanya karena banyak darah yang mengalir ke selaput lendir. Segera hangatkan suhu ruangan.

Jika kamu mengalami sakit kepala, jangan meminum ibuprofen yang tidak aman bagi ibu hamil. Ini bisa berdampak buruk bagi perkembangan bayi di minggu ke-16. Kamu bisa meminum asetaminofen yang ditemukan di tylenol atau segera konsultasikan dengan dokter kandungan kamu.

Apa yang Perlu Dilakukan Pada Kehamilan Minggu ke-16

Untuk mengimbangi rahim yang meluas, payudara yang membesar dan tubuh yang semakin berat, cobalah selalu berdiri dengan tegak. Angkat kepala kamu, luruskan leher, tegakkan bahu, buat posisi berdiri tegak. Setidaknya kamu melakukan ini di pagi dan sore hari.

Agar kamu lebih bersemangat, kamu juga bisa menceritakan kepada suami bagaimana rasanya menjadi perempuan yang sedang hamil. Ajak pasangan kamu untuk ikut hidup sehat seperti berhenti merokok, mengonsumsi makanan sehat dan memiliki pola tidur yang sehat. Menjelang akhir kehamilan pasangan kamu sudah terbiasa hidup sehat dan ini baik untuk kesehatan bayi kalian.