6 Bahan Kosmetik Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Lihat Nama Lainnya di Sini

Cek label kemasan yuk Ma untuk hindari zat kosmetik yang berbahaya bagi ibu hamil

17 September 2018

6 Bahan Kosmetik Berbahaya Bagi Ibu Hamil, Lihat Nama Lain Sini
Unsplash/Malvestida Magazine

Saat hamil, banyak pantangan dan larangan yang sebaiknya Mama hindari demi menjaga kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Dalam hal memilih produk kecantikan atau skin care misalnya, Mama harus memperhatikan kandungan didalam produk kecantikan yang Mama beli guna menghindari efek buruk beberapa bahan kosmetik  terhadap kesehatan janin yang ada dalam kandungan.

Mama ingin tahu apa saja bahan-bahan dalam kosmetik yang harus dihindari saat hamil? Berikut ini Popmama.com bagikan informasinya untuk Mama.

1. Merkuri

1. Merkuri
Freepik

Mama harus menghindari penggunaan kosmetik yang mengandung merkuri atau mercurous chloride, calomel, mercuric dan mercurio demi kesehatan Mama dan janin dalam kandungan.

Sebab paparan kosmetik dengan bahan ini secara terus menerus dapat berpengaruh terhadap kesehatan hati dan ginjal Mama.

Sementara pada bayi kandungan merkuri bisa berdampak pada kerusakan sistem saraf dan gangguan perkembangan janin. 

2. Hydroquinone

2. Hydroquinone
freepik/Josep M Suria

Zat kosmetik berbahaya untuk ibu hamil berikutnya adalah hydroquinone. Mama harus menghindari kosmetik yang mengandung hydroquinone termasuk quinol, idrochinone, 1-4 dihydroxy benzene, dan 1-4 hydroxy benzene karena kandungan tersebut terbilang berbahaya bagi Mama yang sedang hamil.

Sebab hydroquinone bisa membahayakan janin dalam kandungan karena bisa meningkatkan risiko kerusakan organ pada janin. Jadi hindari ya Ma.

3. Retinoid

3. Retinoid
Freepik/Rawpixel.com

Retinoid merupakan turunan dari vitamin A yang kerap ditemukan pada obat jerawat dan juga produk kecantikan berlabel “anti-aging” Ma.

Mama disarankan untuk menghindari penggunaan produk kecantikan berbahan dasar retinoid atau retin A, Renova, Retinol, retinyl pamitate dan juga turunan retinoid lainnya seperti retinaldehyde, differin, adaplene, tretinoin, dan isotretinon demi menghindari efek buruk zat tersebut terhadap janin dalam kandungan.

Sebab retinoid terbilang menjadi salah satu bahan kosmetik yang harus dihindari karena dapat meningkatkan risiko bayi lahir cacat Ma.

Editors' Picks

4, Tetracycline

4, Tetracycline
Freepik

Zat kimia satu ini merupakan antiobiotik yang kerap ditemui pada obat jerawat Ma. Mama harus menghindari zat satu ini selama hamil karena sejumlah studi menunjukkan bahwa penggunaan tetracycline saat hamil bisa merusak hati Mama yang sedang hamil.

Selain itu, juga bisa menyebabkan perubahan warna keabuan pada bayi dimasa pertumbuhannya. Mama gak mau kan ini terjadi?

5. Beta Hidroxy Acid (BHA)

5. Beta Hidroxy Acid (BHA)
Freepik/Bearfotos

Produk kosmetik yang mencantumkan kandungan beta hidroxy acid atau sejenisnya seperti salicyclic acid, 3-hydroxypropionic acid, trethocanic acid, dan tropic acid sebaiknya Mama hindarkan.

Sebab zat kosmetik yang kerap digunakan untuk mengatasi masalah jerawat, kulit berminyak, dan kusam ini bisa menyebabkan terjadinya komplikasi kehamilan bahkan bisa menyebabkan bayi lahir cacat.

Jadi hindari kandungan satu ini ya Ma!

6. Formalin

6. Formalin
Freepik

Sudah bukan rahasia lagi jika formalin berbahaya bagi kesehatan, tak terkecuali bagi Mama yang sedang hamil.

Mama disarankan untuk menghindari produk kecantikan yang mengandung formalin termasuk hydantoin, dimethyl-dimethyl (DMDM), sodium hydroxymethylglycinate, quaternium-15, imidazolidinyl urea, diazolidinyl urea, dan bromopol.

Kandungan formalin ini biasanya dapat Mama jumpai pada produk pelurs rambut, cat kuku gel, dan juga lem bulu mata.

Itulah bahan kosmetik yang berbahaya untuk ibu hamil, Mama juga perlu memerhatikan nama lainnya atau turunan zat dengan kandungan yang sama. Lihat lagi ke kemasannya dan pastikan nama zat di atas tidak ada di produk kosmetik yang kamu pakai.

Baca juga: Tips Memilih Kosmetik yang Aman agar Bayi Tidak Alergi Saat Menyusui

Baca juga: Tetap Menawan pada Masa Kehamilan dengan Tepat Memilih Kosmetik

Topic:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;