Eksklusif: Indra Brasco Ceritakan 7 Hal Unik di Kehamilan Mona Ratuliu

Ketahui persiapan penting Indra Brasco dan Mona Ratuliu sebelum kembali memiliki bayi

5 Desember 2019

Eksklusif Indra Brasco Ceritakan 7 Hal Unik Kehamilan Mona Ratuliu
Instagram.com/monaratuliu

Pada Awal November yang lalu, pasangan selebriti Mona Ratuliu dan Indra Brasco resmi mengumumkan kepada publik bahwa mereka akan segera memiliki anak keempat.

Kabar bahagia tersebut diketahui dari konten vlognya bersama keluarga dan para sahabat. Lewat vlog ParenThink with Mona Ratuliu berjudul 'Surprise!!! BUNDA HAMIL... | MIC (Mona Indra Chitchat)', Mona dan sang Suami memberikan kejutan pada anak-anaknya bahwa mereka akan memiliki adik baru.

Dalam video berdurasi 42 menit itu, Mona dan Indra mengajak ngobrol anak-anaknya dan bicara soal parenting. Hingga kemudian di akhir video, Mona bertanya pada kedua anaknya tentang bagaimana perasaan mereka jika punya adik lagi.

Setelah bertanya, Mona pun langsung mengumumkan pada anak-anaknya tentang kehamilan keempatnya tersebut.

Ditemui langsung di IDN Media HQ, pada Senin (2/12/19) yang lalu saat promosi film Jeritan Malam, Indra Brasco pun menceritakan secara lengkap seputar kehamilan istrinya tersebut.

Tak tanggung-tanggung, laki-laki berusia 45 tahun ini pun membeberkan 7 fakta unik seputar kehamilan Mona. Nah, daripada semakin penasaran, berikut Popmama.com telah merangkum beberapa ulasan lengkapnya. 

1. Jenis kelamin anak keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco

1. Jenis kelamin anak keempat Mona Ratuliu Indra Brasco
Instagram.com/monaratuliu

Informasi pertama adalah seputar jenis kelamin anak keempat Mona Ratuliu dan Indra Brasco.

Setelah memiliki 3 anak, Davina Shava Felisa, Barata Rahadian Nezar, dan Syanala Kania Salsabila, Mona dan Indra pun berharap jika anak keempatnya nanti berjenis kelamin laki-laki.

Dengan begitu, otomatis mereka akan memiliki 2 anak perempuan dan 2 anak laki-laki.

"Kehamilannya sudah 4 bulan, insyaallah bulan depan nanti kita lihat jenis kelaminnya. Penginnya sihcowok, biar dua cewek, dua cowok," ujar Indra saat ditanya oleh tim Popmama.com.

2. Persiapan jasmani dan rohani sebelum memiliki bayi lagi

2. Persiapan jasmani rohani sebelum memiliki bayi lagi
Instagram.com/monaratuliu

Kembali memiliki bayi setelah 8 tahun berlalu, Mona dan Indra pun melakukan persiapan khusus, terutama bagi jasmani dan rohani mereka sebelum anak keempat mereka lahir.

"Kalau bicara tentang kesiapan pasti kita akan siap, yang paling penting itu menyiapkan jasmani dan rohani," ungkap Indra.

"Kalau bicara masalah jasmani, ya pasti fisik harus lebih disiapin seperti olahraga dan makanan sehat, mengingat usia kita juga sudah tidak muda lagi," jelasnya.

"Kalau rohani, lebih kepada kesiapan ilmu kita sebagai orangtua. Karena bicara mengenai anak pasti memiliki keunikan yang berbeda-beda. Dari bayi ada yang cranky, ada yang butuh treatment khusus, kayak anak ku yang pertama dan kedua beda, kedua dan ketiga beda, nah ini yang keempat kita harus siapin jasmani dan rohaninya lagi," tambahnya.

Ia juga menjelaskan bahwa menjadi orangtua itu tidak ada sekolahnya, jadi mau tidak mau mereka harus terus mencari informasinya dari berbagai sumber.

"Kita jadi orangtua itu nggak ada sekolahnya, jadi mau nggak mau ya kita mencari tahu gimana nanti ngurusin bayi lagi yang usianya lumayan jauh dari anak sebelumnya," ujar Indra.

3. Persiapan finansial untuk calon bayi mereka

3. Persiapan finansial calon bayi mereka
Instagram.com/monaratuliu

Tak hanya persiapan fisik dan mental, pasangan yang jauh dari berita miring tersebut juga ternyata sudah mempersiapkan finansial khusus untuk calon bayi mereka. 

"Persiapan finansial juga sudah disiapkan. Kebetulan aku itu kan pakai manajer investasi, dan kita juga sudah menyiapkan dana khusus, tapi memang masih ada tambahan lagi nantinya. Paling kita sering becandain kakaknya gini 'Mima nanti adiknya kalau udah sekolah bantuin ya bayarnya' hahaha," ungkap Indra.

Persiapan finansial untuk anak sejak dini memang sangat diperlukan, apalagi jika umur orangtua sudah tak muda lagi.

Editors' Picks

4. Ketakutan terbesar ketika akan memiliki bayi lagi

4. Ketakutan terbesar ketika akan memiliki bayi lagi
Instagram.com/monaratuliu

Setelah melahirkan 8 tahun yang lalu, rasa menjadi orangtua yang baru memiliki bayi pun seakan perlahan sirna. Kondisi fisik pun turut berkurang seiring dengan berjalanya waktu.

Hal tersebut lah yang dirasakan oleh Mona dan Indra. Itulah mengapa kini Indra memiliki ketakutan sendiri saat harus memiliki bayi kembali.

"Ketakutan terbesar yang saya takutkan itu bonding yang kurang. Kalau dulu masih umur 20 sampai 30-an masih kuat, sekarang aku udah 45 jadi secara mental itu harus disiapkan jadi harus di upgrade, harus sadar kalau ilmu itu terus berkembang dan kita harus tetap belajar," ujarnya.

"Memang kalau bicara usia kan sudah tidak seperti dulu, tapi paling tidak harapannya semoga nanti kualitas hubungan atau bonding kita pada anak keempat ini tidak berkurang," ungkap Indra.

"Aku pengin banget dari dulu yang ngurusin anak itu kita berdua, kayak gendong itu aku sendiri. Jadi aku pengin kebiasaan itu nggak berubah seperti anak-anak kita sebelumnya," tambahnya.

Meskipun begitu, pasangan kompak yang satu ini tetap terus belajar melalui banyak media, mulai dari buku hingga seminar khusus.

"Pasti mau ikutan kelas prenatal, bahkan beberapa kali kita juga pernah ikutan workshop atau seminar pola asuh. Bahkan kita itu sering sharing mengenai pola asuh di website ParenThink," ujarnya lagi.

5. Perlakuan khusus Indra Brasco pada sang Istri, Mona Ratuliu

5. Perlakuan khusus Indra Brasco sang Istri, Mona Ratuliu
Instagram.com/monaratuliu

Semenjak hamil, Indra mengaku bahwa ia jadi lebih ketat memerhatikan kondisi sang Istri. Bahkan ia mengatakan bahwa perhatiannya terkesan 'lebay' pada Mona.

"Aku sering kok mijitin dia, Mona itu senang diperhatikan. Kalau dibilang lebay ya lebay aku merhatiin dia," ujar pemain film Jeritan Malam ini.

"Selain pijet, aku juga suka treat dia dengan makanan. Semenjak hamil dia suka banget makan, karena dia sering mual. Kadang beli lewat ojek online, kadang kita juga keluar buat makan," tambahnya.

6. Kebiasaan unik Mona membuat es mambo sejak hamil anak keempat

6. Kebiasaan unik Mona membuat es mambo sejak hamil anak keempat
Instagram.com/monaratuliu

Seperti yang sudah dikabarkan melalui vlognya, Mona diketahui mengalami mual hebat, bahkan ia bisa muntah-muntah meski hanya minum air putih.

Tak ingin dirinya mengalami dehidrasi di kehamilan keempatnya, Mona pun mengakali hal tersebut dengan membuat es mambo sendiri di rumah.

"Karena dia mual, setiap minum air putih dia juga muntah, jadi dia ngakalinnya di rumah kita itu menyediakan es mambo. Es mambo itu benar-benar air putih doang kayak es batu gitu biar bisa digrogotin, ada es teh manis, ada es alpukat, ada es stroberi, semuanya dibikin es. Yang penting dia ngakalin biar dia minum, biar nggak dehidrasi juga kan," terang Indra.

Kreatif sekali, bukan?

7. Pesan Indra Brasco pada Papa muda yang sedang menanti kelahiran anaknya

7. Pesan Indra Brasco Papa muda sedang menanti kelahiran anaknya
Instagram.com/monaratuliu

Terakhir, Indra pun tak lupa memberikan pesan kepada Papa muda di luar sana untuk terus memerhatikan istri mereka yang sedang hamil. Hal tersebut pun kini masih ia lakukan pada Mona meski sudah di kehamilannya yang keempat.

"Untuk menjadi orangtua, menjadi Papa, menjadi suami, itu memang dibutuhkan orang yang asyik. Asyik buat segalanya, asyik buat pasangan kita, buat keluarga kita, terutama istri kita yang sedang hamil. Aku cuma liat pengorbanan dia pas hamil, pada saat melahirkan, pada saat menyusui itu luar biasa. Makannya kalau aku sih menyarankan untuk Papa semua agar memberikan kenyamanan bagi istri yang sedang hamil, berilah ketenangan, kenyamanan, sehingga pembentukan karakter anak di dalam perut itu sudah dimulai. Kalau Mamanya banyak masalah, banyak pikiran, itu akan memengaruhi karakter anaknya nanti, aku sih percaya itu. Jadi memang di sini, aku selalu bikin Mona nyaman, tenang, happy, gapapa lebay karena aku pengin banget nanti kalau anak kita lahir dia sehat jasmani dan rohani," pesan Indra.

Nah, itulah ketujuh fakta unik seputar kehamilan keempat Mona Ratuliu.

Semoga sehat selalu dan tetap menginspirasi!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!