Apa yang Terjadi pada Janin jika Ibu Hamil Suka Tertawa?

Tertawa tidak hanya bermanfaat bagi ibu hamil tapi juga untuk janin, Ma

8 November 2021

Apa Terjadi Janin jika Ibu Hamil Suka Tertawa
Pexels/ Andrea Piacquadio

Perubahan saat hamil, termasuk perubahan hormon, dapat menyebabkan suasana hati Mama mudah berubah-ubah. Kadang mungkin Mama merasa sangat sedih hingga berlarut-larut. Namun, di waktu lain, bisa merasa sangat bahagia hingga membuat Mama mungkin tertawa lepas.

Nah, tahukah Mama jika tertawa saat hamil dapat memberikan banyak manfaat bagi Mama dan janin? Apa yang terjadi dengan janin di dalam perut ketika Mama tertawa lepas?

Yuk, cari tahu jawabannya pada ulasan Popmama.com berikut ini, Ma.

Manfaat Tertawa saat Hamil bagi Mama

Manfaat Tertawa saat Hamil bagi Mama
Pexels/Amina Filkins

Baik itu karena menonton film komedi atau melihat sesuau yang lucu lainnya, tertawa selama kehamilan memiliki banyak manfaat bagi Mama dan janin.

Tidak hanya membantu mengatur suasana hati baik, tertawa ternyata juga memberi manfaat bagi tubuh. Berikut beberapa manfaat tertawa bagi Mama saat hamil:

  • Mengurangi kemungkinan depresi dan stres

Hormon kehamilan bisa membuat seorang Mama tiba-tiba merasa sedih dan tertekan. Tertawa terbahak-bahak dapat membantu memperbaiki suasana hati. Secara bertahap ini juga dapat untuk gejala depresi.

  • Menurunkan risiko kelahiran prematur

Kekebalan seorang ibu berada pada titik terendahnya selama kehamilan. Ini menyebabkan mikroba dan kuman eksternal untuk masuk ke dalam tubuh dan mendatangkan malapetaka. Kadang-kadang, tubuhnya dapat bereaksi negatif dan memicu kelahiran prematur. Tertawa, di sisi lain, membantu tubuh tetap kuat dan juga menjaga kekebalan tubuh tetap tinggi.

  • Mengurangi nyeri dan ketidaknyamanan saat hamil

Mual di pagi hari, kram, pembengkakan, sakit kepala, dan banyak faktor lainnya dapat membuat tidak nyaman. Tertawa dapat mengalihkan pikiran dari rasa sakit dan ketidaknyamanan. Ini bahkan dapat membantu melepaskan bahan kimia dalam tubuh yang bertindak sebagai penghilang rasa sakit alami.

  • Meningkatkan Kekebalan tubuh

Hubungan tawa dengan meningkatkan kekebalan mungkin tampak tidak masuk akal. Tapi tertawa memang mengurangi stres dalam tubuh, yang menyebabkan hormon dan bahan kimia lain berfungsi secara optimal. Efeknya pada peningkatan kekebalan tubuh.

  • Membantu mengatur tekanan darah normal

Tekanan darah tinggi adalah hal yang paling berbahaya bagi ibu hamil karena dapat menyebabkan preeklamsia dan komplikasi. Dengan tetap bahagia dan tertawa teratur, tingkat stres tetap rendah sehingga tekanan darah terkendali.

Editors' Picks

Manfaat Tertawa bagi Janin

Manfaat Tertawa bagi Janin
Pexels/Melike Benli

Bukan cuma Mama saja yang merasakan manfaat dari tertawa, ternyata janin pun merasakan efek positifnya, seperti:

  • Mendukung perkembangan janin

Saat hamil, Mama melakukan pemeriksaan USG. Cobalah untuk tertawa terbahak-bahak dan lihat bagaimana reaksinya. Janin cenderung menjadi lebih aktif dan berkembang lebih baik ketika mereka merasakan sang Mama bahagia dan ceria.

  • Mengembangkan sistem saraf janin dengan optimal

Konsumsi makanan bernutrisi membantu perkembangan otak yang lebih baik pada janin. Selain itu, tertawa juga dapat membantu merangsang hal yang sama. Ini membantu janin menjadi cerdas secara emosional dan memicu pembentukan sel-sel otak di area itu.

  • Membantu janin merasa baik secara emosional

Janin dapat merasakan jika mamanya takut atau stres dan bereaksi sesuai dengan apa yang Mama rasakan. Inilah sebabnya mengapa calon mama perlu menjaga kesehatan mentalnya, seperti halnya tubuhnya. Tetap bahagia dan sering tertawa dapat membantu janin merasa aman dan ceria juga.

  • Mengembangkan ikatan antara janin dengan Mama

Bahkan ketika janin dalam kandungan, ia mulai mengenali suasana hati, suara, atau ketawa Mama, lho. Ia belajar mengenali tawa Mama dengan jelas dan itu meningkatkan rasa tenang pada si Kecil. Ini juga akan membantu Mama mengembangkan ikatan intim dengan janin.

Apa yang Dirasakan Janin saat Mama Tertawa?

Apa Dirasakan Janin saat Mama Tertawa
freepik/GiovanniCancemi

Penasaran ingin tahu apa yang dialami si Kecil saat Mama tertawa terbahak-bahak? Berikut adalah beberapa hal yang dapat memberikan Mama gambaran:

  • Saat janin mengenali suara Mama, ia mengerti bahwa Mama aman dan bahagia. Ini membuatnya tenang.
  • Gerakan tubuh dan perut Mama saat tertawa merangsang janin untuk bergerak juga, membuatnya tetap aktif.
  • Suasana hati yang sedih juga bisa membuat janin sedih. Manjakan diri Mama dengan tawa dan Mama dapat merasakan reaksi janin.

Apakah Tertawa Terlalu Keras Membahayakan Janin bahkan Menyebabkan Keguguran?

Apakah Tertawa Terlalu Keras Membahayakan Janin bahkan Menyebabkan Keguguran
Pexels/nappy

Mama mungkin bertanya-tanya apakah aman untuk tertawa terbahak-bahak selama kehamilan. Tertawa melepaskan hormon yang melawan stres, dan membantu tubuh tetap sehat. Pastikan Mama tidak terjatuh saat tertawa, ya.

Belum ditemukan penelitian yang mengatakan bahwa tertawa dapat berdampak negatif pada atau menyebabkan keguguran. Namun bila saat tertawa keras Mama merasakan kram perut, bisa jadi Mama mengalami nyeri ligamen perut bawah.

Ligamen perut bawah menghubungkan bagian depan rahim ke selangkangan untuk mendukung perkembangan janin. Seiring dengan pertumbuhan janin, ligamen ini akan meregang dan mudah cedera.

Gerakan atau guncangan tiba-tiba, seperti tertawa keras, membuat ligamen menegang secara mendadak. Ini yang membuat perut bagian bawah terasa nyeri.

Saat tertawa, si Kecil mungkin akan ikut aktif menendang. Namun itu tidak akan memicu terjadinya keguguran atau kelahiran prematur ya, Ma.

Mama mungkin akan mengalami suasana hati yang berubah-ubah. Ini normal, Ma. Namun agar kehamilan terasa menyenangkan, yuk, cari hal yang dapat membuat Mama tertawa!

Itulah informasi seputar hal terjadi pada janin jika ibu hamil tertawa. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.