Kumpulan Doa Katolik untuk Ibu Hamil

Yuk, berdoa untuk kesehatan ibu hamil dan janin di dalam kandungan!

23 Oktober 2021

Kumpulan Doa Katolik Ibu Hamil
Freepik/Jcomp

Saat hamil, Mama tentu ingin berdoa untuk kelancaran kehamilan dan kesehatan janin di dalam kandungan. Namun Mama mungkin bingung terkait doa apa saja yang harus diamalkan.

Nah, kali ini Popmama.com telah merangkum beberapa doa Katolik untuk ibu hamil. Doa ini bisa diamlakna kapan saja dan di mana saja, Ma.

Lebih baik lagi kalau doa-doa Katolik ini didoakan bersama dengan keluarga. Selain mempererat ikatan dengan keluarga, Mama dan anggota keluarga yang lainnya bisa semakin menghayati doa ini.

1. Doa bagi ibu hamil

1. Doa bagi ibu hamil
Freepik/Jcomp

Allah sumber hidup dan cinta. Kami bersyukur kepada-Mu karena Engkau akan mengaruniakan keturunan dalam keluarga kami.

Kami mohon: berilah rasa aman, sukacita dan damai bagi ibu yang sedang mengandung dalam menantikan kelahiran anaknya terkasih.

Berilah ketenangan kepada bayi yang berbaring di dalam rahimnya dan pada waktunya akan lahir dengan sehat dan selamat.

Semoga Roh Kasih-Mu menguatkan hati sang Mama, mengalirkan damai dan bahagia bagi kami dengan kehadiran bayi baru di tengah keluarga kami. Demi Kristus, Tuhan kami. Amin.

2. Doa kepada Santo Ignasius (pelindung ibu hamil)

2. Doa kepada Santo Ignasius (pelindung ibu hamil)
Freepik

St. Ignatius pelindung agung, tatkala engkau masih hidup di dunia ini. St. Filipus Neri, murid dan sahabatmu mengatakan bahwa Engkau akan menjadi pelindung istimewa para ibu dan mereka akan engkau berkati pada waktu melahirkan anak, jika mereka mohon perlindunganmu.

Perkataan santo yang mulia itu sudah dibenarkan secara mengagumkan dan setiap hari terbukti kebenarannya.

Sebab itu, kami pun, dengan penuh pengharapan memohon kepadamu, sudilah memohonkan kepada Tuhan, supaya anak kami boleh lahir dengan selamat.

Ya, santo yang berkuasa dan penuh kasih sayang, janganlah mengecewakan pengharapan kami. Engkau tahu bahwa harapan kami hanya satu, yakni mendidik anak kami untuk Tuhan, jika dikaruniakan Tuhan kepada kami.

Kami serahkan anak kami, supaya seumur hidupnya, ia tetap setia mengabdi kepada Tuhan dan memuji serta memuliakan nama-Nya selamanya. Kabulkanlah doa kami agar kami boleh menerima karunia itu.

Sekarang kami berjanji, agar anak yang dikaruniakan Allah kepada kami ini, akan kami persembahkan kepada Hati Yesus yang Mahakudus, dan kami letakkan di bawah perlindunganmu sebagai Bapa.

Semoga anak ini mengukuhkan janji setia perkawinan kami, agar kami bersama seluruh keluarga senantiasa memuliakan Allah sepanjang segala masa. Amin.

St. Ignatius, doakanlah kami. Jiwa Kristus, kuduskanlah kami. Tubuh Kristus, selamatkanlah kami. Darah Kristus, sucikanlah kami.

Air lambung Kristus, basuhlah kami. Sengsara Kristus, kuatkanlah kami. Yesus yang murah hati, luluskanlah doa kami. Dalam luka-luka-Mu, sembunyikanlah kami.

Jangan kami dipisahkan, daripada-Mu, Tuhan. Terhadap seteru yang curang, lindungilah kami. Di waktu ajal, terimalah kami. Supaya bersama para kudus, kami memuji Engkau untuk selama-lamanya.

(1x Bapa kami, 1x Salam Maria, 1x Kemuliaan)

Editors' Picks

3. Doa harapan agar terus diberikan kesehatan

3. Doa harapan agar terus diberikan kesehatan
Pexels/Cleyder Duque

Demi Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

Ya Tuhanku, beri aku hati keibuan yang murni, tabah dan murah hati.

Saya menyerahkan kepada-Mu semua kekhawatiran,
ketakutan cemas apa pun yang mungkin datang,
keinginan saya sendiri untuk orang kecil
yang masih belum saya ketahui.

Berilah agar lahir sehat dalam tubuh,
jauhkan dari itu bahaya bagi jiwa. Amin

Dalam Nama Bapa dan Putra dan Roh Kudus. Amin.

4. Doa untuk kesehatan janin

4. Doa kesehatan janin
Freepik/Copperpipe

Tuhan yang maha baik, terimakasih Engkau telah mengabulkan permohonanku tempo hari. Saat ini aku tengah mengandung bayi pertamaku yang merupakan karunia dari-Mu.

Tuhan, dengan segala kerendahan hati aku mohon kepada-Mu, bantulah jaga kesehatanku, juga janinku, jauhkan aku dan juga janinku dari berbagai macam penyakit.

Sehingga suatu saat, ketika waktunya tiba, aku bisa melihat bayiku setelah lahir ke dunia dalam kondisi sehat dan selamat. Dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa, Amin.

5. Doa mohon kelancaran kehamilan

5. Doa mohon kelancaran kehamilan
Freepik/Lunall

Bapa yang Agung, terima kasih berkat-Mu aku mengandung anak yang selama ini aku damba-dambakan. Sungguh bahagia rasanya hati ini dan suamiku pun sangat bersukacita.

Bapa, berkatilah aku, dan anak dalam kandunganku agar sehat selalu, jauhkan dari segala penyakit berbahaya dan lancarkanlah kehamilan yang aku jalani pertama ini.

Melalui perantara Roh Kudus aku berdoa, namun biarlah pergumulan ini terjadi sesuai kehendak-Mu. Hanya dalam nama Tuhan Yesus aku berdoa, Haleluya, Amin.

6. Doa kasih karunia untuk melewati rasa sakit dan ketidaknyamanan

6. Doa kasih karunia melewati rasa sakit ketidaknyamanan
Freepik/Jcomp

Demi Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Ya Tuhan, Engkau tahu kesulitan-kesulitan yang terus-menerus saya alami dengan kehamilan saya - mual di pagi hari dan penyakit lain yang tampaknya telah membayangi kehamilan ini sejak saya mengandung.

Saya tahu bahwa ada rasa sakit dan masalah yang berhubungan dengan kegembiraan memiliki bayi, dan saya tidak ingin terlihat bahwa semua yang saya lakukan mengeluh karena merasa sakit - ketika hati saya bersukacita karena saya mengandung bayi kecil yang berharga ini hidup dalam diriku.

Saya mohon agar Engkau mencegah saya mengalami komplikasi dan penyakit lagi seiring berjalannya waktu dan memberi saya rahmat dan kekuatan yang saya doakan, untuk mengandung bayi ini sampai penuh - dengan semangat sukacita dan ucapan syukur.

Sukacita-Mu menjadi kekuatan saya dan saya mengklaim janji indah ini hari ini - berdoa agar Engkau mendukung dan menguatkan saya sampai hari yang indah itu ketika saya menggendong bayi kecil saya di pelukan saya. Terima kasih Tuhan. Amin.

Dalam Nama Bapa dan Putera dan Roh Kudus. Amin.

Nah, itu beberapa doa Katolik yang dapat dipanjatkan oleh ibu hamil dan keluarga, Ma. Selamat berdoa, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.