Penting! Mama Harus Bisa Menghitung Gerakan Janin Usia 7 Bulan

Mengetahui pola gerakan janin, membantu Mama melakukan respon cepat saat janin bermasalah

5 Desember 2018

Penting Mama Harus Bisa Menghitung Gerakan Janin Usia 7 Bulan
Freepik/bearfotos

Seberapa sering janin dalam kandungan menendang? Mama perlu menghitungnya untuk mengetahui atau memperkirakan kesehatan dan perkembangan janin. Seperti mengecek, apakah posisinya baik-baik saja atau sungsang, dan juga kesadaran janin.

Gerakan janin bisa Mama rasakan mulai usia kandungan 16-24 minggu atau trimester kedua. Semakin bertambah usia kandungan, gerakan janin akan semakin aktif, sampai di minggu ke 32-34 gerakannya mulai berkurang karena terbatasnya ruang untuk bergerak.

Mama harus mengetahui cara menghitung gerakan janin, terlebih setelah hamil tua.

Memasuki trimester ketiga di minggu ke 28 kehamilan sampai melahirkan, Mama harus rutin menghitung tendangan janin.

Utamanya pada kehamilan berisiko tinggi yang rawan mengalami diabetes mellitus gestasional, preeklampsia, berat badan janin rendah, atau kemungkinan terlilit tali pusar. Untuk mengetahui tendangan janin, Mama bisa pelajari cara menghitungnya berikut ini:

1.Tetapkan waktu menghitung

1.Tetapkan waktu menghitung
pregnancyexercise.co

Tetapkan waktu yang sama setiap harinya saat menghitung tendangan janin. Pilih waktu di saat janin bergerak aktif, baik pada pagi, siang atau malam hari, biasanya 5 - 6 jam sekali.

Janin akan memberikan respon gerak setelah Mama makan, sebab glukosa yang didapatkan tubuh dari makanan akan membuat bayi aktif bergerak.

Selain itu, minum air dingin juga bisa memancing gerakan janin. Gerakan atau sentuhan di atas perut dan suara Mama juga bisa membuat janin bergerak.

2. Tubuh dalam keadaan relaks

2. Tubuh dalam keadaan relaks
Pexels.com/bruce mars

Menghitung gerakan atau tendangan janin bisa Mama lakukan dalam keadaan apapun, tapi agar lebih terasa, Mama perlu dalam keadaan relaks.

Baringkan tubuh Mama menghadap samping kiri agar tidak menekan aorta dan pembuluh darah dibawah rahim atau bisa juga dengan duduk berselonjor. Letakan tangan Mama di atas perut dan tekan perlahan, kemudian rasakan gerakan janin.

3. Cara menghitung gerakan janin 7 bulan

3. Cara menghitung gerakan janin 7 bulan
Freepik

Saat janin bergerak atau menendang berulang-ulang di waktu yang sama, gerakan itu dihitung 1 kali bukan 2,3 dan seterusnya.

Misalanya, Si Janin menendang terus menerus sebanyak 10 kali pada jam 07.00, ini dihitung satu kali.

Nah, ketika jam 08.00 terjadi lagi, misalnya gerakan memutar, baru masuk dalam hitungan kedua. Normalnya, janin akan bergerak atau menendang sebanyak 10 kali atau lebih pada satu hitungan.

Editors' Picks

4. Catat waktu janin bergerak

4. Catat waktu janin bergerak
whattoexpect.com

Catatlah lamanya tendangan janin, Mama nanti akan menemukan polanya. Misalnya, seperti pada umumnya, janin memerlukan waktu 30 menit untuk memberikan 10 gerakan.

Dengan begitu, Mama akan mengetahui jadwal janin bergerak, dan bisa melakukan respon cepat jika janin tidak melakukan gerakan pada periode tertentu.

5. Waspada jika gerak janin menurun

5. Waspada jika gerak janin menurun
Freepik

Jika janin tidak memberikan gerakan selama dua jam, atau gerakan kurang dari 6 kali selama 24 jama tanpa tidur, segeralah periksakan ke dokter. Dokter akan memeriksa menggunakan ultrasonografi dan kardiotokografi untuk menilai kesehatan janin.

Saat terjadi hal mencurigakan pada gerakan janin, Mama akan cepat mengetahuinya jika sudah mengetahui pola janin bergerak sehari-hari.

Baca juga: Semakin Dekati Persalinan, Ini Perkembangan Janin 7 Bulan Ma!

Baca juga: Perhatikan 7 Hal Ini Saat Kehamilan 9 Bulan agar Ibu Hamil Nyaman

6. Faktor yang memengaruhi gerakan janin

6. Faktor memengaruhi gerakan janin
Freepik

Gerakan atau tendangan tidak semuanya sama, ada beberapa faktor yang memengaruhi seberapa sering janin bergerak dan Mama dapat merasakannya, faktornya adalah:

  • Berat badan berlebih membuat Mama kurang sensitif terhadap getaran dari gerakan janin  karena terhalang oleh lapisan lemak yang tebal dalam perut.
  • Jumlah air ketuban juga memengaruhi gerakan janin. Jika jumlahnya sedikit, janin akan sulit bergerak, dan jika banyak, janin dapat leluasa bergerak.
  • Letak plasenta yang berada di depan juga bisa membuat Mama sensitif merasakan gerakan janin.

Itulah 6 hal yang perlu diketahui tentang cara menghitung gerakan janin 7 bulan, Mama harus memahami ini jika sudah memasuki hamil tua.

Topic: