Ini Manfaat Bantal Hamil yang Bisa Digunakan agar Tidur Nyenyak

Posisi tidur sering jadi kendala ketika Mama sedang hamil. Tak jarang Mama jadi nyeri badan juga.

2 Desember 2020

Ini Manfaat Bantal Hamil Bisa Digunakan agar Tidur Nyenyak
Pexels/C Technical

Memasuki trimester ketiga masa kehamilan, Mama pasti merindukan istirahat yang nyenyak. Sejak pertengahan masa kehamilan, tidur memang tak senyaman yang Mama rasakan di awal dulu. Tubuh mama sudah berubah banyak, terutama bentuk perut di trimester ketiga.

Dengan perubahan bentuk tubuh ini, sulit sekali Mama bisa tidur dengan posisi yang diinginkan. Sering juga Mama akan merasa sakit dan nyeri karena posisi tidur di masa kehamilan yang kurang tepat. Tidur telentang pun juga jadi tidak nyaman lagi.

Healthline punya tips untuk Mama yang bermasalah dengan posisi tidur di masa kehamilan. Salah satunya adalah dengan menggunakan bantal hamil. Dalam tulisan ini Popmama.com membantu merangkum manfaat bantal hamil. Jangan sampai posisi tidur jadi bikin Mama kurang istirahat dan malah sakit di masa kehamilan ini, ya.

Tidur Telentang Memakai Bantal Hamil

Tidur Telentang Memakai Bantal Hamil
Freepik/bearfotos

Memang Mama tidak akan bisa benar-benar telentang. Satu-satunya cara paling nyaman untuk tidur agak telentang di trimester ketiga masa kehamilan adalah dengan memakai bantal. 

Dengan bantuan bantal hamil, tidur dengan perut yang semakin besar bisa jadi lebih nyaman. Menjadi langkah pertama ketika Mama ingin tidur telentang di masa kehamilan, pilihlah bantal hamil yang terbaik dan sesuai dengan kebutuhan serta anggaran.

Editors' Picks

Mengapa Memakai Bantal Hamil?

Mengapa Memakai Bantal Hamil
Unsplash/Martin Castro

Saat tubuh mama berubah selama masa kehamilan, rasa nyeri seringkali membuat Mama susah tidur. Biasanya Mama juga akan disarankan untuk tidur miring, yang mungkin bukan posisi tidur kebiasaan mama. Ini yang bikin Mama sulit mendapatkan istirahat yang berkualitas.

Bantal kehamilan dirancang utuk menopang tubuh mama saat tidur, bahkan dengan posisi yang Mama inginkan. Ada berbagai bentuk bantal kehamilan, seperti bantal hamil bentuk C dan bantal hamil bentuk U.

Bantal Hamil Bentuk U jika ingin Tidur Telentang

Bantal Hamil Bentuk U jika ingin Tidur Telentang
Freepik/Wavebreakmedia

Bantal hamil bentuk U yang bisa jadi pilihan untuk Mama dengan kebiasaan tidur telentang. Bentuk ini memberi kenyamanan untuk bagian belakang dan depan tubuh mama. So, saat Mama tidak sengaja akan telentang, punggung Mama sudah ada yang menyangga.

Bantal hamil bentuk U ini mungkin jadi yang paling nyaman untuk Mama dengan kebiasaan posisi tidur telentang. Namun Mama harus merelakan banyak ruang terbuang di atas tempat tidur, karena ukurannya memang lebih besar daripada bentuk lainnya.

Bantal Hamil Bentuk C sebagai Alternatif

Bantal Hamil Bentuk C sebagai Alternatif
Pexels/Rafael Henrique

Bantal hamil bentuk C ini memang memakan lebih sedikit ruang, tapi mungkin agak susah untuk dipakai Mama yang ingin tidur telentang. Bantal ini tidak bisa menopang beberapa bagian tubuh jika Mama ingin tidur dengan posisi yang Mama inginkan.

Meski lebih sedikit memakan ruang di atas tempat tidur, tapi tetap saja Mama harus merelakan posisi suami yang jadi lebih susah menjangkau Mama. Jika Mama memilih menggunakan bantal hamil, pastikan Papa juga merelakan space di dekat Mama akan susah dijangkau.

Model Lain Bantal Hamil

Model Lain Bantal Hamil
Pexels/C Technical

Selain bantal hamil bentuk U dan C yang bisa membantu Mama merasa lebih nyaman tidur dengan posisi yang diinginkan, ada juga bantal kehamilan dengan bentuk wedges, bantal badan berbentuk lurus, dan bahkan ada juga bantal untuk Mama yang ingin tidur tengkurap. 

Bantal hamil yang memungkinkan Mama tidur tengkurap ini punya lubang untuk memberi ruang pada perut Mama. Namun mungkin akan lebih susah untuk menggeser posisi jika perut mama sudah masuk ke dalamnya.

Nah, itulah beberapa manfaat bantal hamil yang bisa Mama gunakan agar tidur lebih nyenyak. Apa pun posisi tidur yang Mama inginkan, pastikan saja Mama merasa nyaman dengan bantal hamil pilihan mama. Selamat tidur nyenyak, Ma!

Baca juga:

Topic:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.