Hamil 7 Bulan, Begini Perjuangan Chacha Frederica Menanti Anak Pertama

Chacha prenatal yoga sudah belajar serba-serbi metode hypnobirthing nih, Ma

14 Februari 2020

Hamil 7 Bulan, Begini Perjuangan Chacha Frederica Menanti Anak Pertama
Instagram.com/chafrederica

Chacha Frederica sudah semakin tak sabar menanti kelahiran anak pertamanya, apalagi kini usia kandungannya telah jalan bulan ke-7 di trimester ketiga. 

Sebagai ibu hamil, ada berbagai pengalaman baru yang dirasakan oleh Chacha selama masa-masa kehamilannya. Beragam cerita pun seringkali dibagikan Chacha melalui Instagram pribadinya. 

Untuk Mama yang penasaran dan ingin mengetahui keseruan kehamilan dari Chacha Frederica ketika menanti anak pertamanya, kali ini Popmama.com telah merangkum cerita bahagianya selama hamil. 

1. Sempat mengalami kram perut saat hamil 

1. Sempat mengalami kram perut saat hamil 
Instagram.com/chafrederica

Kondisi ibu hamil dialami selama masa kehamilan tentu tidak akan sama karena perubahan fisik dan mental setiap orang akan berbeda. Masa dari itu, penting sekali untuk tetap menikmati segala situasi agar si Kecil di dalam kandungan pun ikut merasa bahagia. 

Momen selama masa kehamilan pun dirasakan oleh Chacha yang telah menanti kelahiran anak pertamanya. 

"MasyaAllah, baru tau ini yang namanya lemah ketika mengandung. Alhamdulillah, ini aja kata keluarga dan teman-temanku termasuk yang enak hamilnya, kata mereka “enak banget hamilnya, enak makan, nggak mabok yang gimana, nggak mood swing (kecuali sama suami & mama lebih manja aja sih, pengennya disayang terus)," tulis Chacha pada salah satu ceritnya di Instagram. 

Sama seperti ibu hamil lainnya, Chacha sempat merasakan perutnya kram dan cukup kencang di bagian bawah dan kiri. 

Namun, kondisi perut yang terasa nyeri atau kram wajar tejadi selama masa kehamilan. Perubahan tubuhlah yang bisa menjadi salah satu pemicunya. 

Saat rahim yang berguna segala ruang pada janin di dalam perut terus bertambah besar membuat tekanan terjadi pada otot, sendi hingga pembuluh darah. Hal inilah yang semakin lama membuat bagian perut merasa sakit atau kram. 

Ketidaknyamanan ini tentu akan membuat kondisi ibu hamil menurun. Rasa sakit pun bisa berhubungan dengan sembelit atau aliran darah pada rahim meningkat. 

Meskipun sempat merasakan keluhan kram perut, namun Chacha tetap memeriksakan diri ke dokter demi kesehatannya dan si Kecil. Dalam kondisi ini, Chacha pun diminta untuk istirahat. 

"Udah periksa ke dokter alhamdulillah baik-baik aja baby-nya. Kandungannya pun sehat, plasenta ada di atas termasuk normal dan baik-baik aja kata dokter," tulisnya. 

Baca juga: Sering Dikeluhkan, Ini Penyebab Kram Perut Selama Hamil

2. Menjalani tes NIPT demi kesehatan anak pertamanya

2. Menjalani tes NIPT demi kesehatan anak pertamanya
Instagram.com/chafrederica

Disela-sela masa kehamilan pertamanya, Chacha meluangkan waktu untuk menjalani tes NIPT. Non-Invasive Prenatal Test (NIPT) merupakan tes yang bisa dilakukan untuk mendeteksi kelainan kromosom saat hamil. 

Jika sebelumnya ada beberapa artis yang menjalani tes NIPT seperti Marissa Nasution, Nadya Mulya, Tasya Kamila, Aura Kasih dan Tya Ariestya kini Chacha pun melakukan hal serupa demi medeteksi kesehatan si Kecil sejak dalam kandungan. 

Perlu diketahui juga bahwa tes NIPT mampu mendekteksi beberapa kelainan kromosom yang sering terjadi seperti trisomi 13 (Patau Syndrome), trisomi 18 (Edward Syndrome), trisomi 21 (Down Syndrome), Klinifelter Syndrome hingga Turner Syndrome. Semua kelainan kromosom ini bisa dikenali keberadaannya sejak dari masa kehamilan menggunakan tes NIPT. 

"Alhamdulillah sudah test NIPT dan hasilnya MasyaAllah baik semua," tulis Chacha. 

Menurut Chacha sendiri berdasarkan ceritanya di Instagram mengatakan bahwa tes NIPT perlu dilakukan oleh ibu hamil untuk mendeteksi sedini mungkin terhadap kromosom bayi. 

Baca juga: 

Editors' Picks

3. Saling berbagi cerita dengan Shandy Aulia sebagai pejuang dua garis biru

3. Saling berbagi cerita Shandy Aulia sebagai pejuang dua garis biru
Instagram.com/chafrederica

Pertemuan Chacha dan Shandy Aulia sebagai pejuang dua garis menjadi sesuatu yang menarik untuk dibahas. Melalui Instagram pribadinya, Chacha pun menceritakan bahwa dirinya dan Shandy sempat bercanda kalau bisa hamilnya bareng-bareng. 

Doa pun menjadi kenyataan apalagi Shandy baru saja melahirkan anak pertamanya yang bernama Claire Herbowo. 

Teman-teman pejuang dua garis, Bismillah ya setiap orang punya perjuangannya masing-masing. Tetap semangat ikhtiar berharap sama Allah, Allah Yang Maha tau apa yang terbaik untuk kita. Aku baru dikasih kepercayaan di tahun ke-4, Shandy baru dapat kepercayaan di tahun ke-8 perkawinan (dulu pernah becanda, nanti kita hamilnya bareng ya. MasyaAllah omongan doa ya ketika bicara dan walaupun becanda, tetap harus yang baik-baik). 

Dalam ceritanya di Instagram, Chacha pun menceritakan bahwa dirinya dan Shandy memiliki karakter yang berbeda selama menanti momen kehamilan anak pertama. 

"Kita punya karakter yang Shandy lebih santai aku lebih melow. Apapun karakter kamu di luar sana, kamu nggak sendiri. Allah sangat dekat pertolongannya," tutupnya. 

Sehat terus untuk Chacha yang sebentar lagi akan menyusul kebahagiaan Shandy karena telah bertemu secara langsung dengan si Kecil. 

Baca juga: 

4. Sudah belajar metode hypnobirthing menjelang persalinan 

4. Sudah belajar metode hypnobirthing menjelang persalinan 
Instagram.com/chafrederica

Disela-sela kehamilannya yang sudah mendekati hari persalinan, Chacha mulai menggali berbagai informasi dan kelas untuk mempelajari banyak hal agar proses persalinan pertamanya berjalan lancar. 

Bersama seorang doula bernama Lanny Kuswandi, Chacha mulai pelan-pelan belajar metode hypnobirthing. 

Seperti yang sudah Mama ketahui bahwa hypnobirthing adalah metode untuk menyamankan selama menjalani proses persalinan. Metode hypnobirthing ini menggunakan kekuatan sugest, sehingga ibu hamil bisa dalam kondisi tetap terjaga hanya saja bisa lebih rileks dan nyaman saat menjalani proses persalinan.

Belajar metode hypnobirthing. anyway apa sii hypnobirthing? long story short itu adalah tools untuk me-manage rasa kotraksi yang InsyaAllah akan aku hadapi nanti saat persalinan. Hari ini pertemuanku yang kedua dengan Bidan Lanny dan saya meneteskan air mata ketika diputarkan video 9 bulan baby dalam kandungan. 

Mulai dari pertemuan sel sperma dengan telur, tumbuh calon tangan dan kaki, berbentuk tangan dan kakinya, baby membuka mata bahkan sampai bisa mecicipi air ketuban. Allahuakbar kebesaran Allah, langsung melow takut kurang baik jadi ibu buat calon bayi, ciptaan Allah yang Allah titipkan atau percayakan kepada kita. 

Baca juga: Serba-serbi Teknik Hypnobirthing untuk Redakan Nyeri Persalinan

5. Chacha merasa terharu karena usia kandungannya telah masuk 7 bulan 

5. Chacha merasa terharu karena usia kandungan telah masuk 7 bulan 
Instagram.com/chafrederica

Chacha sedang bahagia karena usia kandungannya telah masuk 7 bulan. 

"Mommy-ku baru tahu kalau aku hidup di dalam rahimnya ketika aku umur 7 minggu sekarang usiaku sudah 7 bulan. Mommy ucapin aku “selamat 7 bulan ya baby”, dia terharu," tulis Chacha di salah satu unggahannya. 

Sejak hamil hingga sudah masuk usia 7 bulan, Chacha pun selalu menjadikan setiap perkembangan anak pertamanya sebagai sebuah prioritas. 

Dalam menjalani kehamilan di bulan ke-7, perlu diketahui memang ada baiknya ibu hamil tetap fokus dan rutin memeriksa kondisi janin di dalam kandungan. 

Jika Mama, usia kehamilannya sama dengan Chacha maka perlu mengetahui posisi bayi dalam kandungan serta berat badan yang ia miliki. Dari situ Mama pun dapat mengetahui perkiraan berat plasenta dan cairan ketuban yang ada di dalam perut.

Itulah beberapa rangkuman cerita suka dan duka yang dirasakan oleh Chacha Frederica selama hamil anak pertama.

Sehat-sehat terus untuk Chacha hingga proses persalinan!

Baca juga: Kehamilan Minggu ke-28

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!