Comscore Tracker
TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

5 Ibadah yang Bisa Diamalkan saat Hamil Tua

Jadikan salah satu ikhtiar agar diberi kemudahan hingga persalinan

30 November 2022

5 Ibadah Bisa Diamalkan saat Hamil Tua
Popmama.com/Fx Dimas
This article supported by vivo as Official Journalist Smartphone Partner IDN Media

Saat usia kehamilan memasuki trimester ketiga, tubuh mama tentunya mulai mempersiapkan kelahiran sang Calon buah hati yang telah lama dinantikan.

Oleh karena itu, di masa-masa ini, ada baiknya untuk menjalani amalan ibadah sebagai salah satu ikhtiar memohon perlindungan diri dan janin yang dikandung hingga persalinan nantinya.

Ada beberapa amalan menurut ajaran Islam yang bisa diterapkan dan tentunya ringan untuk Mama yang tengah hamil tua dan semakin terbatas ruang geraknya.

Berikut Popmama.com telah rangkum 5 ibadah yang bisa diamalkan saat hamil tua khusus untuk Mama. Langsung saja disimak, yuk! 

1. Rutin membaca 2 ayat terakhir Surah Al-Baqarah

1. Rutin membaca 2 ayat terakhir Surah Al-Baqarah
Freepik/Freepik

Membaca surat Al-Baqarah memiliki banyak keutamaan bagi perempuan yang tengah hamil. Di antara ayat Al-Baqarah yang baik dibaca di trimester ketiga kehamilan ialah ayat 285-286.

Dengan membaca ayat ini secara rutin, Mama memohon pada Allah SWT agar dijauhkan dari segala yang berbahaya, terutama di bulan-bulan terakhir menjelang persalinan.

Berikut pelafalan dan arti surat Al-Baqarah ayat 285:

"Aamana rasuulu bimaa unzila ilaihi min rabbihii wal mu'minuun kullun aamana billaahi wamalaaaikatihii wakutubihii warusulihi laa nufarriqu baina ahadin min rusulihii wa qaaluu sami'naa wa atha'naa ghufroonaka rabbanaa wa ilaikal mashiiir."

Artinya:

"Rasul (Muhammad) beriman kepada Al Quran yang diturunkan kepadanya dari Tuhannya, demikian pula orang-orang yang beriman. Semuanya beriman kepada Allah, malaikat-malaikat-Nya, kitab-kitab-Nya dan rasul-rasul-Nya. (Mereka berkata): "Kami tidak membeda-bedakan antara seseorangpun (dengan yang lain) dari rasul-rasul-Nya", dan mereka mengatakan: "Kami dengar dan kami taat". (Mereka berdoa): "Ampunilah kami ya Tuhan kami dan kepada Engkaulah tempat (kami) kembali."

Berikut pelafalan dan arti surat Al-Baqarah ayat 286:

"Laa yukallifullaahu nafsan illaa wus'ahaa lahaa maa kasabat wa 'alaihaa maktasabat. Rabbanaa laa tuahidznaa in nasiiinaa auw akhtha'naa rabbanaa walaa tahmil 'alainaa ishran kamaa hamaltahuu 'ala ladziina min qablinaaa. Rabbanaa walaa tuhammilnaa maalaa thooqata lanaa bih. Wa'fu 'annaa waghfir lanaaa war hamnaa anta maulaanaa fanshurnaaa 'alal qoumil kaafiriin."

Artinya:

"Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya. Dia mendapat pahala (dari kebajikan) yang diusahakannya dan dia mendapat siksa (dari kejahatan) yang dikerjakannya. (Mereka berdoa): "Ya Tuhan kami, janganlah Engkau hukum kami jika kami lupa atau kami tersalah. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau bebankan kepada kami beban yang berat sebagaimana Engkau bebankan kepada orang-orang sebelum kami. Ya Tuhan kami, janganlah Engkau pikulkan kepada kami apa yang tak sanggup kami memikulnya. Beri maaflah kami; ampunilah kami; dan rahmatilah kami. Engkaulah Penolong kami, maka tolonglah kami terhadap kaum yang kafir."

Editors' Picks

2. Rutin membaca ayat 54 Surah Al-A'raf

2. Rutin membaca ayat 54 Surah Al-A'raf
Freepik/Freepik

Surah Al-A'raf ayat 54 dipercaya memiliki keutamaan bagi ibu hamil yang usia kandungannya memasuki trimester ketiga. Sebab surat ini umumnya dibaca untuk memohon kelancaran proses persalinan.

Berikut lafal Surat Al-A'raf ayat 54 beserta dengan artinya:

"Inna rabbakumullāhullażī khalaqas-samāwāti wal-arḍa fī sittati ayyāmin ṡummastawā 'alal-'arsy, yugsyil-lailan-nahāra yaṭlubuhụ ḥaṡīṡaw wasy-syamsa wal-qamara wan-nujụma musakhkharātim bi`amrihī alā lahul-khalqu wal-amr, tabārakallāhu rabbul-'ālamīn."

Artinya:

"Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah yang telah menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, lalu Dia bersemayam di atas 'Arsy. Dia menutupkan malam kepada siang yang mengikutinya dengan cepat, dan (diciptakan-Nya pula) matahari, bulan dan bintang-bintang (masing-masing) tunduk kepada perintah-Nya. Ingatlah, menciptakan dan memerintah hanyalah hak Allah. Maha Suci Allah, Tuhan semesta alam."

3. Rutin bersalawat Syifa

3. Rutin bersalawat Syifa
freepik.com/wayhomestudio

Salawat Syifa merupakan salah satu amalan yang sering dibaca pada saat seseorang sedang sakit dengan tujuan memohon agar penyakitnya diringankan dan diangkat oleh Allah SWT.

Pada saat usia kandungan menginjak trimester ketiga, ibu hamil kerap kali merasakan sakit pada bagian panggul dan area tubuh lainnya karena beban yang bertambah.

Saat merasakan sakit, Mama bisa mengamalkan salawat ini. Berikut lafal dan arti Salawat Syifa:

"Allahumma shalli alaa Sayyidinaa Muhammadin thibbil quluubi wa dawaa-ihaa wa ‘aafiyatil abdaani wa syifaa-ihaa wa nuuril abshaari wa dhiyaa-ihaa wa ‘alaa aalihi wa shahbihi wa baarik wa sallim."

Artinya:

“Ya Allah, limpahkanlah sholawat dan salam kepada junjungan kami, Nabi Muhammad, sebagai dokter hati dan menjadi obatnya. Obat untuk badan dan penyembuhnya, cahaya segala penglihatan dan menjadi sinarnya. Semoga keberkahan dan keselamatan dicurahkan pada keluarga dan sahabat-sahabatnya.”

4. Doa memohon kesehatan janin

4. Doa memohon kesehatan janin
Pexels/Thirdman

Menjelang persalinan yang semakin di depan mata, Mama tentunya berharap agar bayi yang dilahirkan nanti dalam keadaan sehat dan sempurna tanpa kekurangan apa pun.

Berikut doa yang dibaca untuk memohon kesehatan diri dan janin di trimester akhir kehamilan beserta dengan artinya:

"Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama."

Artinya:

"Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau berikan, kesehatan yang tidak diakhiri dengan penyakit lain."

5. Doa memohon perlindungan janin hingga persalinan

5. Doa memohon perlindungan janin hingga persalinan
Freepik/Nongsurachai

Selain memohon kesehatan janin, perlindungannya dari beragam marabahaya dan hal yang tak diinginkan pun juga menjadi doa yang umum dilafalkan ibu hamil.

Berikut lafal doa memohon perlindungan janin hingga hari persalinan beserta dengan artinya:

"Allahummah fazh waladii maa daama fii bathnii. Wasyfihi ma'ii. Anta asy-syaafii laa syifaa 'an illaa syifaa 'uka syifaa 'an laa yughaadiru saqama."

Artinya:

"Ya Allah, semoga Engkau lindungi bayiku ini selama ada dalam kandunganku. Berikanlah kesehatan kepadanya bersamaku. Sesungguhnya Engkaulah Maha Penyembuh. Tidak ada kesehatan selain kesehatan yang Engkau."

Itu tadi 5  ibadah yang bisa diamalkan saat hamil tua, Ma. Yuk, jadikan salah satu ikhtiar agar diberi kemudahan hingga persalinan.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.

Mama CerdAZ

Ikon Mama CerdAZ

Panduan kehamilan mingguan untuk Mama/Ibu, lengkap dengan artikel dan perhitungan perencanaan persalinan

Cari tahu yuk