Manfaat Self Hypnosis Saat Hamil Tua dan Cara Melakukannya

Saat merasa kontraksi palsu jangan panik, lakukan self hypnosis saja yuk, Ma

17 Desember 2018

Manfaat Self Hypnosis Saat Hamil Tua Cara Melakukannya
Freepik/yanalya

Saat hamil tua, Mama sering merasa sakit dan kontraksi ringan. Sebenarnya hanya kontraksi palsu saja, tapi bagi seorang perempuan yang baru pertama kali hamil tentu ini menjadi pengalaman mendebarkan.

Jangan panik Ma, cobalah untuk lakukan self hypnosis.

Lebih jelasnya, self hypnosis adalah melakukan hipnoterapi oleh diri kita dan ditujukan untuk diri kita sendiri.

Ketika stress terjadi pada ibu hamil, pastinya akan berpengaruh pada janin yang berada didalam kandungan. Janin di dalam kandungan juga bisa merasakan apa yang dialami oleh Mama.

Stres dan bosan yang membuat ibu hamil merasa jengkel bisa berdampak pada bayi. Ini bisa mempengaruhi tumbuh kembang janin.

Self hypnosis juga bisa menenangkan mama sekaligus meningkatkan rasa bersyukur terhadap apa yang kita miliki.

Berikut ini Popmama.com sebutkan 5 manfaat dari self hypnosis saat hamil tua:

1. Menyimpan tenaga

1. Menyimpan tenaga
Freepik/yanalya

Saat hamil tua, kamu akan mudah lelah. Perasaan negatif bisa membuat energi ibu hamil terkuras. Sama halnya saat sedang terjadi kontraksi palsu.

Untuk mengatasi gelombang cinta atau kontraksi pada saat hamil tua, Mama perlu tenang. Selanjutnya lakukan self hypnosis karena ini bisa menyimpan tenaga ibu hamil.

2. Mengurangi risiko hipertensi

2. Mengurangi risiko hipertensi
Freepik/yanalya

Selain karena makanan, hipertensi bisa dipicu karena beban pikiran. Ibu hamil biasanya merasa cemas saat sudah masuk bulan kelahiran.

Hamil tua ini benar-benar mudah membuat Mama panik dan sedih. Perubahan mood secara cepat dan sering bisa memicu hipertensi. Ditambah lagi jika mama tipe orang yang mudah marah besar kemudian mudah sedih.

Melakukan self hypnosis bisa mengurangi risiko hipertensi, lakukan ini saat Mama hamil tua.

Editors' Picks

3. Mengurangi rasa sakit

3. Mengurangi rasa sakit
Freepik/yanalya

Saat kontraksi palsu datang, jangan panik. Atur napas kamu dan segera ucapkan kalimat-kalimat positif. Lakukan self hypnosis dengan benar.

Baca Juga: 5 Posisi Meredakan Nyeri dan Sakit Saat Kontraksi Menjelang Persalinan

Cara Melakukan Self Hypnosis saat hamil tua

Cara Melakukan Self Hypnosis saat hamil tua
Freepik/yanalya

Duduk dengan kedua kaki menapak ke lantai, pejamkan mata dan berikan kalimat-kalimat seperti:

"Saya akan menghitung mundur dari 100 ke 1 bersama hembusan nafas saya, setiap kali saya menghitung, maka saya akan merasakan kenyamanan yang lebih dalam dari sebelumnya.”

"Dahi, saya perintahkan kamu menjadi sangat rileks, tenang dan sangat nyaman. Sedemikian nyamannya, sehingga kamu perlahan melunak. Hilang kerutan-kerutan, hilang kepanikan-kepanikan.."

"Mata, saya perintahkan kamu menjadi sangat rileks dan sangat nyaman. Sedemikian nyamannya, sehingga kamu tidak mau membuka pasrahkan saja, bahkan untuk bergerakpun kamu tidak bisa."

"Tangan, saya perintahkan kamu menjadi sangat rileks, tenang dan sangat nyaman. Kedua tangan, kamu sekarang menjadi sangat ringan. Pasrahkan saja, bahkan untuk bergerakpin kamu tidak bisa."

"Rasakan ketenangan, semua yang ada di dalam tubuh ini menjadi tenang. Pasrahkan saja, rasakan ketenangan yang semakin dalam sehingga tidak ada rasa negatif yang bisa dirasakan."

"Semua yang terasa adalah kebaikan, semua yang terasa adalah rasa syukur yang dalam. Sekarang yang saya rasakan adalah kebahagiaan. Sekarang yang saya rasakan adalah kebahagiaan. Sekarang yang saya rasakan adalah kebahagiaan. Sekarang yang saya rasakan adalah kebahagiaan. Sekarang yang saya rasakan adalah kebahagiaan."

"Semua yang terasa adalah kebaikan, semua yang terasa adalah rasa syukur yang dalam. Sekarang yang saya rasakan adalah kenyamanan. Sekarang yang saya rasakan adalah kenyamanan. Sekarang yang saya rasakan adalah kenyamanan. Sekarang yang saya rasakan adalah kenyamanan. Sekarang yang saya rasakan adalah kenyamanan."

Itulah kalimat-kalimat yang harus diucapkan. Masing-masing rangkaian kalimat tersebut bisa diucapkan minimal 3 kali. Demikian manfaat dan cara melakukan self hypnosis saat hamil tua. Semoga Mama bisa merasakan manfaatnya.

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!

;