Akui Sempat Ada Masalah, Cut Meyriska Siapkan Mental Jelang Lahiran

Udah nggak sabar ketemu baby "S" nih Ma

16 Juli 2020

Akui Sempat Ada Masalah, Cut Meyriska Siapkan Mental Jelang Lahiran
Instagram.com/cutratumeyriska

Tak sabar jelang persalinan anak pertama, Cut Meyriska dan Roger Danuarta tampak sibuk menyiapkan kedatangan anggota keluarga baru di rumah mereka. Mulai dari membeli peralatan bayi secara online, menyiapkan kamar bayi dan lain sebagainya.

Menjelang kelahiran Cut Meyriska yang diprediksi akan terjadi pada akhir pekan ini, Roger mengatakan ia dan istrinya sudah menyiapkan mental untuk menyambut sang Anak. Bahkan Roger sudah siap untuk begadang lho.

"(Siapin) mental aja," tutur Roger dalam virtual press conference film Cinta Subuh dari Youtube Falcon Picture, Rabu (15/7/2020).

Bagaimana persiapan pasangan muda ini menyambut putra pertama mereka ini? Berikut Popmama.comrangkum informasi selengkapnya.

1. Roger dan Cut Meyriska siap begadang setelah punya anak

1. Roger Cut Meyriska siap begadang setelah pu anak
Instagram.com/cutratumeyriska

Menyambut anak pertama menjadi momen paling bahagia untuk orangtua baru. Hal itu juga yang dirasakan oleh Roger Danuarta dan Cut Meyriska. Keduanya mengungkapkan bahwa mereka merasa sangat senang sekaligus deg-degan dengan hal ini.

"Ya, deg-degan juga, ya. Excited juga, sih, karena ini, kan, anak pertama. Ini perlengkapan bayi, sih, sudah siap. Pokoknya, semua sudah amanlah," tutur Roger dalam konferensi pers virtual pada Rabu kemarin.

Bahkan Roger dan Cut Meyriska sudah siap jika harus begadang setiap malam untuk menemani si Kecil yang ingin menyusu.

"Siapin tenaga buat begadang," tutur Cut Meyriska pada kesempatan yang sama.

Editors' Picks

2. Ingin melahirkan normal, Cut Meyriska akui ada masalah dengan hemoglobinnya

2. Ingin melahirkan normal, Cut Meyriska akui ada masalah hemoglobinnya
Instagram.com/cutratumeyriska

Untuk kelahiran anak pertamanya ini, Cut Meyriska dan Roger sama-sama menginginkan persalinan secara normal. Namun, Cut Meyriska akui ketika terakhir ia kontrol ke dokter sempat ada masalah dengan hemoglobinnya. Selain itu, berat bayinya pun cukup besar.

"Akan dicek lagi (bisa lahiran normal atau tidak), untuk berat baby-nya (sudah besar) karena kemaren itu sempat ada masalah sedikit di Hb aku, dan berat baby-nya sudah terlalu besar. Jadi ada proses diet juga," ungkap Cut Meyriska.

3. Berapa kadar Hb normal untuk ibu hamil menjelang melahirkan?

3. Berapa kadar Hb normal ibu hamil menjelang melahirkan
Instagram.com/cutratumeyriska

Hemoglobin adalah protein di dalam sel darah merah yang bertugas untuk mengantarkan oksigen dari paru-paru ke seluruh tubuh. Karena fungsinya yang penting itu, ibu hamil perlu memiliki kadar Hb yang normal selama kehamilan.

WHO telah memberikan acuan mengenai kadar Hb normal pada ibu hamil, sekaligus memberikan batasan kategori untuk anemia ringan dan berat selama kehamilan:

  • Normal: Hb > 11 gr/dl
  • Anemia Ringan: Hb 8-11 gr/dl
  • Anemia Berat: Hb < gr/dl

Adapun kadar Hb Normal pada ibu hamil sesuai usia kehamilan adalah:

  • Perempuan dewasa (tidak hamil): 12–15.8 gr/dl
  • Hamil trimester pertama: 11.6–13.9 gr/dl
  • Hamil trimester kedua: 9.7–14.8 gr/dl
  • Hamil trimester ketiga: 9.5–15.0 gr/dl

Di bawah batas terendah tersebut berarti Hb rendah dan perlu penanganan yang tepat dari dokter. Karena ada risiko yang mengintai Mama ketika melahirkan normal dalam keadaan Hb yang rendah. Sebenarnya ibu hamil dengan Hb rendah cukup umum ditemui.

Namun, jika menjelang kelahiran Hb masih di bawah batas minimal maka harus hati-hati. Menurut Pakistan Journal of Medical Sciences, anemia defisiensi besi menjadi salah satu penyebab utama seorang Mama meninggal saat melahirkan.

Berikut adalah risiko melahirkan normal saat Hb rendah:

  • Kesulitan saat melahirkan

Faktor Hb rendah bisa membuat Mama kelelahan saat proses persalinan normal. Melahirkan normal menuntut Mama untuk memiliki fisik yang kuat. Hal tersebut tidak bisa dipenuhi bila kadar Hb rendah.

  • Mengalami perdarahan

Melahirkan baik secara normal maupun caesar sama-sama berisiko mengalami perdarahan. Namun, pada Mama dengan Hb rendah, melahirkan normal dapat meningkatkan risiko terjadinya perdarahan.

  • Risiko kematian

Pada kasus anemia berat, efek gagal jantung selama persalinan menjadi penyebab utama kematian pada Mama.

4. Bikin penasaran fans, Cut Meyriska bocorkan inisial nama anak

4. Bikin penasaran fans, Cut Meyriska bocorkan inisial nama anak
Instagram.com/cutratumeyriska

Cut Meyriska mengumumkan bahwa tak lama lagi ia akan segera menggendong putra kecilnya itu di pelukannya. Saking bahagianya, ia bahkan sudah tak sabar untuk mengungkapkan nama anaknya ke publik. Sayangnya, Cut Meyriska hanya memberikan inisial saja.

"Bismillah. Mohon Doanya. Udah gak sabar pengen ketemu Baby S," tulisnya di Instagram Rabu (15/7/2020) malam.

    5. Deg-degan, Cut Meyriska menunjukkan kamar sementaranya di rumah sakit

    5. Deg-degan, Cut Meyriska menunjukkan kamar sementara rumah sakit
    Instagram.com/cutratumeyriska

    Selain menyiapkan kebutuhan bayi di rumah, pasangan ini rupanya juga sudah menyiapkan kamar yang akan ditempati Cut Meyriska dan anak mereka di rumah sakit. Diungkapkan dalam Instagram Story Cut Meyriska, ia akan melahirkan putranya di RSIA Bunda Jakarta. 

    "Kamarnya gede banget, bagus, lega, dan ada ruang tamu jadi bisa buat nunggu. Buat nanti kalau udah bisa jenguk," ujar Cut Meyriska yang bersemangat menyambut kelahiran anaknya.

    Selain merasa semangat menyambut kehadiran anak pertama, Cut Meyriska juga merasa deg-degan.

    Momen melahirkan anak pertama memang jadi hal yang ditunggu setiap Mama di luar sana. Itulah cerita Cut Meyriska dan Roger Danuarta dalam menyambut anak pertamanya.

    Semoga Cut Meyriska dan si Kecil yang akan dilahirkan sehat-sehat ya, Ma.

    Baca juga

    Tanya Ahli

    Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

    Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.