Penyebab dan Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Hamil

Kenali penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat saat hamil yuk Ma!

26 November 2020

Penyebab Cara Mengatasi Hidung Tersumbat saat Hamil
Freepik/Yanalya

Selama hamil, ada berbagai macam keluhan yang akan Mama rasakan. Tak hanya mual, muntah atau gangguan pencernaan saja yang mungkin dialami, masalah hidung tersumbat tidak jarang juga harus dialami sebagian ibu hamil.  

Berdasarkan data yang dilansir dari Baby Center, setidaknya hampir 30 persen ibu hamil mengeluhkan masalah hidung tersumbat di masa kehamilannya.

Masalah hidung tersumbat selama kehamilan kerap dikaitkan dengan penyakit rhinitis, namun bisa pula disebabkan karena hal lain.

Keluhan yang umumnya mulai dirasakan pada akhir trimester pertama dan dapat berlangsung hingga beberapa minggu setelah melahirkan bisa disebabkan oleh berbagai macam hal.

Dilansir dari Mom Junction, berikut beberapa penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat pada ibu hamil:

Editors' Picks

1. Penyebab hidung tersumbat saat hamil:

1. Penyebab hidung tersumbat saat hamil
Freepik/Evening_tao

Selain disebabkan karena flu, hidung tersumbat saat hamil juga disebabkan karena:

  • Umumnya, hidung tersumbat saat hamil disebabkan karena rhinitis. Rhinitis sangat mirip dengan hidung tersumbat saat pilek, namun penyebabnya bukan karena infeksi virus, melainkan karena perubahan hormon yang terjadi selama kehamilan.
    Peningkatan volume darah dan estrogen selama kehamilan menyebabkan terjadinya pembengkakan pada selaput hidung sehingga menyebabkan hidung menjadi banyak lendir. Selain itu, peningkatan sirkulasi darah, termasuk pada pembuluh darah hidup juga membuat Mama menjadi lebih mudah mengalami hidung tersumbat.
  • Hidung tersumbat saat hamil yang disertai dengan lendir yang encer, bersin, mata berair, tenggorokan dan hidung terasa gatal, maka bisa jadi disebabkan karena alergi. Mama yang sebelumnya tidak sensitif terhadap zat allergen tertentu dapat menjadi alergi saat hamil.

2. Cara mengatasi hidung tersumbat saat hamil

2. Cara mengatasi hidung tersumbat saat hamil
Freepik/Phduet

Untuk mengatasi ketidaknyamanan yang ditimbulkan, ada beberapa cara mengatasi hidung tersumbat pada ibu hamil:

  1. Menghirup uap
    Untuk mengatasi hidung tersumbat saat hamil, Mama dapat menghirup uap. Caranya mudah, tuangkan air hangat ke dalam mangkuk, dekatkan wajah mama ke mangkuk tersebut lalu hirup uap air panas beberapa saat sambil menutupi kepala mama dengan kain atau handuk. Hirup uap secara perlahan dan hembuskan secara perlahan.
  2. Gunakan pelembap ruangan
    Mama dapat menggunakan pelembap ruangan atau vaporizer. Pelembap ruangan mampu meningkatkan kelembapan udara dengan baik sehingga masalah hidung tersumbat yang Mama alami dapat tertangani dengan baik.
  3. Posisikan kepala lebih tinggi
    Saat tidur atau berbaring, Mama disarankan untuk menggunakan bantal yang lebih banyak agar posisi kepala lebih tinggi. Ini dapat membantu meringankan masalah hidung tersumbat lho Ma.
  4. Tetap terhidrasi
    Untuk mengatasi masalah hidung tersumbat, Mama disarankan untuk memperbanyak konsumsi air putih atau sup kaldu hangat. Hal ini tak hanya mampu mengatasi hidung tersumbat dan membuat tubuh mama terhidrasi saja, tetapii juga baik untuk kesehatan janin dalam kandungan.
  5. Menggunakan semprotan saline
    Untuk mengatasi hidung tersumbat, Mama dapat menyemprotkan cairan saline ke hidung guna membantu mengencerkan lendir dan meredakan hidung tersumbat. Mama dapat menanyakan kepada dokter terkait cara penggunaan yang aman agar manfaat saline dapat diperoleh.

Jika cara tersebut telah Mama lakukan dan hidung tersumbat saat hamil tidak kunjung membaik atau menimbulkan ketidaknyamanan yang parah, konsultasikanlah kepada dokter.

Itulah tadi informasi mengenai penyebab dan cara mengatasi hidung tersumbat pada ibu hamil. Semoga bermanfaat ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.