Mimpi Janin Bergerak Dalam Perut, Pertanda Baik atau Buruk?

Ibu hamil cenderung bermimpi lebih sering dibanding mereka yang tidak hamil

7 Oktober 2021

Mimpi Janin Bergerak Dalam Perut, Pertanda Baik atau Buruk
Unsplash/victoriaborodinova

Mimpi bagi sebagian orang dianggap hanya sebagai bunga tidur. Oleh karena itu, mereka menganggap mimpi tidak memiliki arti dan dampak bagi kehidupan. Contohnya, jika mimpi sedang hamil, itu dikaitkan dengan kondisi seseorang yang sedang hamil juga. 

Namun, tak sedikit juga yang percaya bahwa setiap mimpi memiliki makna tertentu. Ada mimpi yang membawa pengaruh positif pada kehidupan, namun ada juga mimpi yang perlu diwaspadai karena bisa berdampak negatif pada kehidupan. 

Mama pun konon akan sering bermimpi selama masa kehamilan. Benarkah demikian?

Lantas, apa arti mimpi janin bergerak dalam perut ketika hamil? Berikut Popmama.com telah merangkum penjelasan terkait mimpi janin bergerak dalam perut.

Ibu Hamil Sering Bermimpi

Ibu Hamil Sering Bermimpi
Unsplash/All_who_wander

Sebelum membahas lebih lanjut tentang arti mimpi janin bergerak dalam perut, Mama perlu mengetahui fakta tentang ibu hamil dan mimpi terlebih dahulu. 

Dalam penelitian yang berjudul Women’s Dreams Reported During First Pregnancy yang diterbitkan tahun 2011, disebutkan bahwa ibu hamil cenderung bermimpi lebih sering dibanding mereka yang tidak hamil. Mimpinya pun cenderung seputar kehamilan atau persalinan. 

Durasi mimpi yang terlalu sering itu bisa disebabkan oleh perubahan hormon selama kehamilan. Perubahan hormon membuat tubuh mudah lelah, sehingga ibu hamil cenderung lebih sering tidur dan bermimpi. 

Lantas, apa arti mimpi janin bergerak dalam perut? Berikut tiga arti mimpi tersebut yang perlu diketahui. 

Editors' Picks

1. Mendapatkan kesialan

1. Mendapatkan kesialan
Unsplash/Jordanbauer

Ibu hamil mungkin merasa aneh ketika membaca arti mimpi janin bergerak dalam perut. Namun, Mama harus menerima bahwa mimpi tersebut bukanlah pertanda baik. 

Mimpi janin bergerak saat hamil, baik yang dirasakan sendiri maupun melihat janin bergerak dari perut orang lain, menandakan Mama akan mendapatkan kesialan dalam waktu dekat. Kesialan tersebut berkaitan dengan diri sendiri maupun kerabat terdekat. 

2. Ada orang lain yang ingin bertindak jahat

2. Ada orang lain ingin bertindak jahat
Unsplash/Spanic

Arti lainnya dari mimpi janin bergerak dalam perut juga tidak baik. Mimpi tersebut bermakna akan ada seseorang yang bertindak jahat kepada Mama. 

Ada orang lain yang akan melakukan sesuatu dan cenderung berniat jahat, seolah ingin membuat kehidupan keluargamu sedikit terganggu. 

3. Bisnis mengalami kerugian

3. Bisnis mengalami kerugian
Unsplash/Dani_franco

Apabila Mama memiliki usaha bisnis, maka bermimpi janin bergerak dalam perut bisa menandakan bisnis yang dijalani akan merugi. Rencana-rencana yang telah disusun untuk meningkatkan laba bisnis berisiko tidak terealisasikan dengan baik. 

Hal yang sama juga berlaku ketika baru saja merintis usaha bisnis. Mama dikhawatirkan mendapatkan masalah, sehingga bisnis tidak berjalan sesuai rencana. 

Arti Mimpi Menurut Islam

Arti Mimpi Menurut Islam
Unsplash/Lllezz

Pada intinya, Islam memang menyetujui jika mimpi bukan sekadar bunga tidur semata. Mimpi bisa memberikan sinyal atau pertanda baik dan buruk tentang kehidupan. 

Namun, Mama hanya perlu waspada dan lebih berhati-hati ketika mimpi buruk. Usahakan tidak perlu bereaksi berlebihan karena pertanda buruk dari mimpi bisa saja tak benar-benar terjadi. 

Dalam Alquran surat Yunus Ayat 107 Allah SWT telah berfirman, yakni:

وَإِنْ يَمْسَسْكَ اللَّهُ بِضُرٍّ فَلَا كَاشِفَ لَهُ إِلَّا هُوَ ۖ وَإِنْ يُرِدْكَ بِخَيْرٍ فَلَا رَادَّ لِفَضْلِهِ يُصِيبُ بِهِۦ مَن يَشَآءُ مِنْ عِبَادِهِۦ ۚ وَهُوَ ٱلْغَفُورُ ٱلرَّحِيمُ

Artinya:

"Jika Allah menimpakan sesuatu kemudharatan kepadamu, maka tidak ada yang dapat menghilangkannya kecuali Dia. Dan jika Allah menghendaki kebaikan bagi kamu, maka tak ada yang dapat menolak kurnia-Nya. Dia memberikan kebaikan itu kepada siapa yang dikehendaki-Nya di antara hamba-hamba-Nya dan Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang."

Artinya, Mama masih bisa meminta pertolongan dari Allah ketika mendapat pertanda buruk dari mimpi.

Mimpi hanya memberikan pertanda buruk yang kemungkinan terjadi pada hidup. Selebihnya, Mama bisa berusaha dan berdoa agar pertanda buruk itu tidak benar-benar menjadi kenyataan. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.