Alternatif Seru! Coba Aqua-Natal Yoga, Olahraga untuk Trimester Ketiga

Yoga juga bisa kok dilakukan di air lho Ma, sudah pernah coba?

17 Januari 2020

Alternatif Seru Coba Aqua-Natal Yoga, Olahraga Trimester Ketiga
Unsplash/joe pizzio

Meskipun berolahraga pada saat hamil masih dianggap sebagai suatu hal yang tabu, namun sebenarnya ada begitu banyak manfaat yang bisa Mama dapatkan dari berolahraga.

Salah satu jenis olahraga yang aman bagi ibu hamil adalah aqua-natal yoga. Pada dasarnya, jenis olahraga yang satu ini merupakan bentuk olahraga yang ringan namun paling efektif untuk ibu hamil.

Aqua-natal yoga juga memungkinkan Mama untuk melakukan peregangan tanpa merasa lelah ataupun kepanasan. Air sebagai media dari olahraga ini juga dapat memberikan lingkungan yang menenangkan serta dapat menstimulasi janin diperut Mama.

Nah, untuk mengetahui lebih jauh mengenai aqua-natal yoga, kali ini Popmama.comakan membahas 7 faktanya untuk Mama!

1. Apa sih aqua-natal yoga itu?

1. Apa sih aqua-natal yoga itu
Unsplash/camila cordeiro

Aqua-natal yoga adalah salah satu jenis olahraga yang tepat untuk Mama yang ingin tetap aktif selama masa kehamilan. Pada dasarnya aqua-natal yoga adalah kelas yoga dengan media air.

Pose yoga dalam air cenderung lebih mudah dilakukan, karena adanya pengurangan bobot di dalam air. Hal tersebut lah yang membuat aqua-natal yoga sangat cocok untuk ibu hamil yang tidak boleh berolahraga terlalu berat.

2. Aqua-Natal Yoga dapat dilakukan pada kehamilan trimester TIGA

2. Aqua-Natal Yoga dapat dilakukan kehamilan trimester TIGA
Unsplash/camila cordeiro

Dilansir dari laman Merbabies, Mama dapat memulai aqua-natal yoga ketika masa kehamilan sudah menginjak pada trimemester kedua atau sekitar 16 minggu.

Aqua-natal yoga juga dapat Mama lakukan hingga masa kehamilan Mama menginjak pada trimester ketiga.

Dengan melakukannya di penghujung masa kehamilan, olahraga air yang satu ini dapat berperan penting untuk melancarkan proses persalinan Mama lho!

Editors' Picks

3. Persiapan apa yang harus diperhatikan sebelum melakukan Aqua-Natal Yoga?

3. Persiapan apa harus diperhatikan sebelum melakukan Aqua-Natal Yoga
Unsplash/maarten van den heuvel

Sebenarnya tidak banyak persiapan yang harus Mama perhatikan sebelum melakukan olahraga air yang satu ini.

Mama hanya perlu membawa baju renang yang membuat Mama nyaman untuk bergerak di air, kacamata renang, swimming board ataupun swimming foam.

Cukup mudah kan, Ma?

4. Apa perbedaan aqua-natal yoga dengan berenang?

4. Apa perbedaan aqua-natal yoga berenang
Unsplash/thought catalog

Jelas berbeda! Kalau selama ini Mama mengenal berenang sebagai olahraga air yang berfokus pada kecepatan namun beda halnya dengan aqua-natal yoga.

Sesuai dengan namanya, aqua-natal yoga merupakan olahraga air yang berfokus pada gerakan tubuh yaitu pose-pose yoga yang dilakukan di dalam air sehingga memudahkan ibu hamil untuk mengangkat bobot tubuhnya.

5. Bagaimana cara melakukan aqua-natal yoga?

5. Bagaimana cara melakukan aqua-natal yoga
Unsplash/nsey benajah

Sebagai pemanasan, Mama dapat memulainya dengan melakukan lompatan-lompatan kecil di dalam air, setelah itu dilanjutkan dengan push-up yang bertopang pada dinding kolam renang.

Setelah pemanasan selesai dilakukan, Mama dapat langsung masuk pada sesi utama aqua-natal yoga. Manfaatkanlah alat-alat yang sudah disiapkan sebelumnya, seperti swimming board dan swimming foam.

Biasanya instruktur akan mengarahkan Mama untuk melakukan pose-pose tertentu, jadi tidak perlu khawatir tidak bisa melakukannya ya, Ma!

6. Apa manfaat fisik dari melakukan aqua-natal yoga?

6. Apa manfaat fisik dari melakukan aqua-natal yoga
Unsplash/jernej graj

Olahraga sudah pasti memiliki banyak manfaat bagi tubuh apalagi bagi Mama yang sedang mengandung si Kecil di dalam perut.

Begitu pula dengan aqua-natal yoga, olahraga untuk ibu hamil ini sangat bermanfaat untuk meningkatkan efisiensi sistem saraf, melancarkan aliran darah ke area panggul, mengurangi pembengkakan.

Tidak hanya itu, aqua-natal yoga juga dapat menyeimbangkan hormon, meningkatkan pasokan oksigen, menjaga kelenturan tulang belakang dan sendi, serta membuat Mama kuat secara fisik ketika persalinan berlangsung.

7. Apa manfaat emosional dari melakukan aqua-natal yoga?

7. Apa manfaat emosional dari melakukan aqua-natal yoga
Unsplash/bruce christianson

Tidak berhenti sampai manfaat fisik saja lho Ma, ternyata aqua-natal yoga juga memiliki manfaat emosional bagi Mama dan si Kecil.

Dilansir dari merbabies.online, melakukan kegitan yang satu ini nyatanya dapat meningkatkan koneksi Mama dengan bayi selama kehamilan.

Selain itu, mengikuti kelas aqua-natal yoga juga memungkinkan Mama untuk bertemu dengan ibu hamil lainnya sehingga dapat berbagi pengalaman satu sama lain.

Walaupun olahraga air yang satu ini terdengar asing, namun tidak ada salahnya untuk dicoba lho Ma, apalagi mengingat begitu banyak manfaat yang akan Mama dan si Kecil dapatkan nanti.

Happy trying tummies!

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.