7 Manfaat Sayur Bayam untuk Ibu Hamil Tua

Tak hanya zat besi, bayam juga memiliki nutrisi lain yang baik untuk ibu hamil

2 April 2021

7 Manfaat Sayur Bayam Ibu Hamil Tua
Freepik/racool-studio

Mengonsumsi makan bernutrisi sangat disarankan bagi ibu hamil. Manfaatnya pun tidak hanya untuk kesehatan ibu hamil saja, tetapi juga untuk perkembangan bayi dalam kandungan. Salah satu makanan kaya nutrisi yang disarankan untuk dikonsumsi bagi ibu hamil, yakni sayuran hijau.

Bayam bisa menjadi sayuran yang bisa dikonsumsi ibu hamil karena memiliki beragam manfaat untuk kesehatan. 

Ya, bayam mengandung banyak nutrisi yang baik untuk ibu hamil dan bayi dalam kandungan. Selama masa kehamilan, segala asupan yang didapatkan setiap harinya bukan lagi untuk diri sendiri, melainkan juga untuk bayi.

Nah, berikut ini Popmama.com telah merangkum manfaat sayur bayam yang baik untuk ibu hamil dan janin di dalam kandungan. Cek yuk, Ma!

1. Mengurangi stres dan meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif

1. Mengurangi stres meningkatkan suasana hati menjadi lebih positif
Pexels/yankrukov

Jika membicarakan kehamilan, sudah tidak asing lagi mendengar mood ibu hamil yang cenderung berubah-ubah. Kondisi tersebut tentu akan berdampak kurang baik untuk janin di dalam kandungan.

Dalam sayur bayam terdapat kandungan vitamin B yang mampu membantu meningkatkan mood ibu hamil, sehingga intensitas timbulnya stres dan kecemasan yang sedang dirasakan bisa menurun.

Sayur bayam atau jus bayam bagus dikonsumsi ketika pagi hari sebelum memulai aktivitas. 

2. Mencegah kelahiran prematur

2. Mencegah kelahiran prematur
Pexels/amina-filkins

Perlu diketahui bahwa bayam mengandung asam folat yang cukup tinggi, di mana bermanfaat untuk membantu mencegah terjadinya kelahiran prematur.

Selain itu, kandungan asam folat bisa memainkan peran penting dalam perkembangan janin yang sedang bertumbuh. Jika ibu hamil tidak mendapatkan asupan asam folat yang cukup, maka bisa berisiko meningkatkan potensi kelahiran prematur.  

Editors' Picks

3. Membantu kesehatan tulang selama hamil

3. Membantu kesehatan tulang selama hamil
Pexels/yankrukov

Pada umumnya, ibu hamil akan rutin mengonsumi susu yang mengandung nutrisi untuk kesehatan tulang.

Namun, asupan sayur bayam selama masa kehamilan bisa membantu menjaga dan meningkatkan kesehatan tulang. Hal ini dikarenakan bayam kaya akan vitamin K yang dikenal baik untuk kesehatan tulang. 

Selain itu, vitamin K yang terkandung dalam bayam ini juga berguna untuk memperkuat dan mencegah kerusakan tulang selama masa kehamilan. 

4. Meningkatkan imun tubuh

4. Meningkatkan imun tubuh
Pexels/amina-filkins

Selama masa kehamilan, imun tubuh pada ibu hamil akan rentan menurun dan bisa memengaruhi kondisi janin di dalam kandungan. Sebelum ada risiko buruk yang terjadi, ibu hamil disarankan untuk mengonsumsi bayam karena bisa membantu meningkatkan imun tubuh. 

Bayam mempunyai kandungan vitamin C yang mampu melawan infeksi, sehingga kekebalan tubuh pada ibu hamil akan lebih stabil dan meningkat.

Selain itu, bayam juga mampu menangkal penyakit selama masa kehamilan. Dengan demikian, ibu hamil tidak mudah terserang penyakit dan akan membantu kesehatan janin selama berada di dalam kandungan. 

5. Menjaga kesehatan mata janin

5. Menjaga kesehatan mata janin
Pexels/amina-filkins

Diketahui, selama masa kehamilan kebutuhan vitamin A pada ibu hamil meningkat hingga 10-20 persen. Nah, mungkin kita sudah banyak mengetahui berbagai makanan yang mengandung vitamin A, seperti wortel.

Namun, tidak hanya wortel saja yang mengandung vitamin A. Sayur bayam bisa menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan vitamin A selama hamil. Asupan nutrisi dari vitamin A ini bisa menjaga kesehatan mata ibu hamil serta janin.

Selain itu, vitamin A yang terkandung dalam bayam juga dibutuhkan untuk perkembangan organ lain pada janin mulai dari perkembangan tulang dan sistem kekebalan tubuh.

6. Menjaga kesehatan kulit

6. Menjaga kesehatan kulit
Pexels/yankrukov

Hormon yang dimiliki setiap ibu hamil memang berbeda-beda. Mungkin juga ada sebagian perempuan merasa kondisi kulitnya menjadi kurang sehat ketika hamil.

Untuk mengatasi permasalahan tersebut, kandungan protein di dalam bayam bisa membantu menjaga kesehatan kulit selama masa kehamilan.

Tidak hanya itu, protein dalam bayam juga bermanfaat untuk memperbaiki sel, memproduksi asam amino dalam tubuh serta menjaga kesehatan kulit, tulang dan otot.

Nah, jadi Mama tidak perlu khawatir jika saat ini kondisi kulit terlihat kurang sehat. Sayur bayam bisa menjadi solusi untuk tetap menjaga kulit agar tetap sehat selama masa kehamilan.

7. Mencegah anemia

7. Mencegah anemia
Pexels/amina-filkins

Bagi sebagian orang mungkin sudah tidak asing lagi mendengar bahwa bayam menjadi sumber utama zat besi. Mama pun bisa mengolahnya menjadi menjadi sup atau jus dipadukan dengan bahan-bahan bernutrisi yang lain. 

Menurut World Health Organization, zat besi dibutuhkan ibu hamil untuk membentuk sel darah merah bagi ibu hamil serta janin dalam kandungan.

Nah, itulah manfaat dari sayur bayam apabila rutin dikonsumsi selama kehamilan. Jangan lupa menambahkan bayam dalam menu makanan sehari-hari ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.