73 Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial A-Z

Nama santo sering kali dipilih untuk nama bayi laki-laki Katolik, Ma

27 November 2023

73 Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial A-Z
Freepik/freepic.diller

Saat hamil, orangtua mulai memilih-milih nama bayi yang cocok untuk calon buah hati. Bagi keluarga Katolik, nama santo santa atau orang kudus menjadi pilihan untuk anak-anaknya.

Memberikan nama santo santa untuk si Kecil, orangtua berharap anaknya kelak akan meneladani orang kudus.

Bila Mama sedang memilih nama bayi, berikut ide nama bayi laki-laki Katolik berdasarkan nama santo berawalan A-Z yang sudah dikumpulkan oleh Popmama.com. Selamat memilih, Ma!

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial A-F

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial A-F
Freepik/freepik

Adalbert: Adalbert dari Magdeburg (lahir di Alsace, Prancis) adalah seorang biarawan Benediktin dari Biara Santo Maximinus dari Trier di Jerman. Adelbertus ditahbiskan sebagai uskup dan pada tahun 961 dan dikirim ke Kievan Rus, atas permintaan Ratu Olga kepada Kaisar Otto Agung dari Kekaisaran Romawi Suci agar mengirimkan para misionaris ke Kievan Rus demi mengajarkan iman Katolik kepada mereka.

Adrianus: Santo Paus Adrianus III adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 17 Mei 885 hingga September 885. Ia lahir di Roma dan meninggal di San Cesario sul Panaro (Modena) pada saat akan mengadakan perjalanan ke Worms, Jerman. Alasan akan pemujaan kepada Adrianus III tidak jelas, tetapi ia tercatat pernah menolong orang-orang Romawi pada waktu kelaparan. Ia dikanonisasi pada 1891 dan dirayakan setiap 8 Juli.

Alexander: Santo Paus Aleksander I adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 106 hingga 115. Menurut Liber Pontificalis, Aleksander adalah rakyat Roma yang hidup pada masa pemerintahan Kaisar Trayanus.

Ambrosius: Santo Ambrosius adalah Uskup Milan yang tersohor sebagai salah seorang tokoh gereja paling berpengaruh pada abad ke-4. Ia adalah Gubernur Romawi atas wilayah Liguria dan Emilia yang berpusat di Milan, sebelum dipilih secara aklamasi menjadi Uskup Milan oleh warga kota itu pada 374. Ambrosius adalah seorang penentang paham Arianisme yang gigih. Ia didakwa telah menghasut rakyat untuk memersekusi golongan Arianis, umat Yahudi, dan kaum penyembah berhala.

Aloysius Gonzaga: Aloysius Gonzaga (9 Maret 1568 – 21 Juni 1591) adalah santo pelindung kemurnian kaum muda Katolik yang dilambangkan dengan seorang rohaniwan (frater) dan bunga lili (bakung).

Andreas: Santo Andreas adalah salah satu dari keduabelas rasul Yesus. Namanya disebutkan 13 kali di dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Dalam denominasi Kekatolikan, Andreas termasuk orang kudus dan diperingati setiap tanggal 30 November.

Anselmus: Anselmus, Uskup Agung Canterbury, lahir di Aosta, Italia, sekitar tahun 1033. Ia menolak keinginan ayahnya agar ia meniti karier di bidang politik dan mengembara keliling Eropa untuk beberapa tahun lamanya. Seperti anak-anak muda lainnya yang cerdas dan bergejolak, ia bergabung ke biara. Di biara Bec, Normandia, di bawah asuhan seorang guru yang hebat, Lanfranc, Anselmus memulai karier yang patut dicatat. Karyanya yang terkenal adalah Cur Deus Homo dan Proslogion.

Antonius: Antonius lahir di Mesir sekitar tahun 250, dalam keluarga kaya. Ketika ia berumur 20 tahun, orangtua-nya wafat, meninggalkan seluruh harta untuknya. Mengikuti petunjuk Yesus, ia membagikan tanah miliknya kepada orang-orang sekampung, menjual harta lainnya dan menyumbangkan uangnya kepada orang-orang miskin. Ia berguru pada seorang Katolik yang sudah berumur, dan belajar tentang sukacita penyangkalan diri. Antonius makan hanya satu kali sehari, yang terdiri dari roti dan air, serta tidur di atas lantai tidak beralas.

Barnabas: Barnabas adalah salah satu anggota jemaat mula-mula di Yerusalem. Nama aslinya adalah Yusuf. Ia dipanggil Barnabas oleh para rasul. Arti Barnabas adalah "anak penghiburan". Ia kemudian dikenal sebagai penginjil di Antiokhia dan Siprus, serta teman seperjalanan Paulus.

Cuthbert Mayne: Cuthbert Mayne adalah seorang imam Katolik Roma Inggris yang dieksekusi di bawah hukum Elizabeth I. Mayne dibeatifikasikan pada 1886 dan dikanonisasikan sebagai salah satu dari Empat Puluh Martir Inggris dan Wales pada 1970.

Dionisius: Paus Dionisius (lahir di Yunani) adalah seorang paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari 22 Juli 259 hingga 26 Desember 268.

Fabianus: Paus Fabianus (lahir di Roma, Italia) adalah seorang paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari 10 Januari 236 hingga 20 Januari 250.
Selama masa kepausannya, gereja mengalami periode yang cukup tenang dan aman dari penganiayaan penguasa Romawi. Pada Januari 250, Paus Fabianus ditangkap dan dianiaya. Ia meninggal dunia sebagai martir dan dimakamkan di permakaman Kallixtus.

Filipus: Filipus adalah satu dari 12 Rasul Yesus Kristus. Tradisi Kristiani kemudian menggambarkan Filipus sebagai seorang rasul yang berkhotbah di Yunani, Suriah dan Phrygia.

Fransiscus Assisi: Giovanni di Pietro di Bernardone, dikenal dengan Fransiskus dari Assisi merupakan seorang biarawan Gereja Katolik yang mendirikan Ordo Fratrum Minorum pada tahun 1209. Fransiskus terinspirasi dalam menjalani hidup kemiskinan sebagai pewarta Injil. Menjadi salah satu tokoh yang paling dihormati dalam Kekristenan, Fransiskus menerima kanosisasi oleh Paus Gregorius IX pada 16 Juli 1228. Fransiskus sering digambarkan memakai jubah coklat dengan ikatan tali di sekitar pinggang dan nampak tiga simpul sebagai simbol tiga kaul Fransiskan yakni kemiskinan, kesucian, dan ketaatan.

Editors' Pick

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial G-K

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial G-K
Freepik/YuliiaKa

Gabriel: Malaikat Agung pembawa kabar gembira kepada Bunda Maria, Ibu Yesus.

Georgius: Santo Georgius, menurut legenda, merupakan seorang tentara Romawi asal Yunani dan perwira di Garda Kaisar Romawi Diokletianus. Ia dijatuhi hukuman mati karena tetap mempertahankan kepercayaan Kristennya.

Hieronimus: Hieronimus adalah seorang imam, konfesor, teolog, dan sejarawan. Ia lahir di Stridon, sebuah desa di dekat Emona, tapal batas antara Dalmatia dan Panonia. Ia lebih dikenal karena karya terjemahan Alkitab ke dalam bahasa Latin yang dikerjakannya dan ulasan-ulasannya atas kitab-kitab Injil. Selain itu, ia juga menghasilkan banyak sekali karya tulis.

Ignatius dari Loyola: Ignatius dari Loyola adalah seorang mantan kesatria Spanyol keturunan bangsawan Basque yang menjadi teolog dan imam Katolik, pendiri Ordo Serikat Yesus serta menjadi Superior Jenderal pertamanya.

Isidorus: Santo Isidorus adalah santo pelindung para petani.

Juan Diego: Santo Juan Diego Cuauhtlatoatzin berasal Meksiko. Ia adalah santo Katolik Roma pertama dari benua Amerika. Juan Diego mengalami penampakan Bunda Maria pada empat kesempatan terpisah pada Desember 1531 di bukit Tepeyac.

Klemens: Santo Paus Klemens I adalah seorang paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma antara tahun 88-98.

Kolumba: Santo Kolumba adalah seorang biarawan dan misionaris Irlandia yang dikenal karena menyebarkan agama Katolik di sekarang wilayah Skotlandia pada permulaan Misi Hiberno-Skotlandia.

Kristoforus: Santo Kristoforus dikenal dan dihormati oleh beberapa denominasi Kekristenan sebagai penginjil dan martir. Sebuah cerita kuno yang berkembang sekitar abad pertengahan tentang Kristoforus adalah ia adalah seorang asal Kanaan, perawakannya besar dan tinggi. Cita-citanya yaitu hanya mau melayani orang yang paling kuat dan berkuasa di dunia ini.

Dalam suatu perjalanan hidupnya, ia menemukan bahwa yang paling berkuasa di dunia ini adalah Tuhan. Semenjak saat itu, Kristoforus memutuskan untuk menjadi abdi dan pelayan Tuhan. Ia bertobat dan kemudian pergi ke Lycia. Di sanalah ia memberitakan Injil dan mengajak banyak orang menjadi Kristen sebelum kematiannya. Kristoforus mati sebagai martir di Lycia, Asia Kecil pada masa pemerintahan kaisar Decius.

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial L-M

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial L-M
Freepik/freepik

Laurensius: Santo Laurensius adalah salah satu dari tujuh samas Roma kuno yang dimartirkan di bawah penganiyaan Kaisar Romawi, Valerian pada tahun 258.

Lazarus: Lazarus dari Betania, juga dikenal sebagai Santo Lazarus, adalah seseorang yang dibangkitkan oleh Yesus setelah empat hari kematiannya. Kisah mengenai mujizat ini tercatat dalam kitab Perjanjian Baru yaitu Injil Yohanes. Ia tinggal di Betania, kampung Maria dan adiknya Marta. Lazarus adalah saudara kedua perempuan itu.

Leo Agung: Paus Leo I adalah seorang aristokrat Romawi Kuno yang menjabat sebagai Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 440 hingga 461. Ia adalah Paus pertama yang dianugerahi gelar "Agung", sehingga dikenal sebagai Paus Leo Agung. Ia diketahui telah meyakinkan Attila untuk pergi dari gerbang Roma selama serangan militer tahun 452.

Lukas: Santo Lukas atau kadang kala juga disebut Lukas Penginjil (Ibrani: לוקא; Yunani: Λουκάς Loukás) adalah salah seorang pemimpin pertama umat Kristiani yang oleh tradisi dipercaya sebagai penulis Injil Lukas dan Kisah Para Rasul—buku ketiga dan kelima dari Kitab Perjanjian Baru.

Markus: Santo Markus Penginjil seorang Kristen yang hidup pada abad ke-1 dan diyakini sebagai penulis Injil Markus (bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen).

Marselinus: Paus Marselinus adalah seorang paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari 30 Juni 296 hingga 304.

Martinus: Santo Martinus dari Tours, yang dijuluki Martinus Pengiba, adalah Uskup Tours ketiga. Ia adalah salah satu orang kudus yang paling merakyat di Prancis, dihormati sebagai santo pelindung Prancis dan dijadikan santo pelindung oleh banyak komunitas dan organisasi di seluruh Eropa.

Matius: Santo Rasul Matius hidup pada abad pertama Masehi dan termasuk dalam 12 Rasul Yesus. Ayahnya bernama Alfeus dan ia pernah bekerja sebagai seorang pengumpul pajak di Kapernaum. Matius dibicarakan dalam tulisan Kristen awal, terutama tiga Injil Sinoptik. Dia dipercayai, dalam Tradisi Gereja, sebagai penyusun atau sumber utama dari Injil Matius, salah satu dari 4 Kitab Injil dalam Alkitab. Oleh karena itu, dia dikenal pula sebagai Matius Penginjil.

Maksiliamus Kolbe: Santo Maksimilianus Maria Kolbe, yang dihormati dengan nama Santo Maksimilianus Kolbe, adalah seorang biarawan Conventual Franciscan Polandia yang mengajukan diri untuk dihukum mati menggantikan Franciszek Gajowniczek di kamp konsentrasi Nazi di Auschwitz di Polandia.

Dia dikanonisasi oleh Gereja Katolik Roma sebagai Santo Maximilian Kolbe pada 10 Oktober 1982 oleh Paus Yohanes Paulus II dan diumumkan martir Charitas. Dia seorang santo pelindung ketergantungan obat, tahanan politik, keluarga, jurnalis, tahanan, dan gerakan pro-kehidupan. Paus Yohanes Paulus I juga mengumumkan dia sebagai "Santo Pelindung dari Abad Kesulitan Kita".

Miltiades: Paus Miltiades atau Melkhiades adalah seorang Paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari 2 Juli 311 hingga 11 Januari 314. Miltiades lahir di Afrika Utara pada tanggal yang tak diketahui. Ia memimpin Gereja Kristus sebagai Paus dari tahun 311 sampai 314 menggantikan Paus Eusebius yang mengakhiri masa jabatannya pada tahun 309. Masa kepemimpinannya ini tergolong suatu kurun waktu yang amat bergelora bagi umat Kristen.

Mikhael: Malaikat Mikhael adalah pemimpin bala tentara surga yang disebut dalam Kitab Wahyu 12:7.

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial N-S

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial N-S
Freepik/Lifestylememory

Nikolaus: Santo Nikolaus dari Myra adalah seorang uskup yang sangat populer yang berasal dari Myra. Ia pernah dipenjarakan di bawah pemerintahan Kaisar Dioklesianus. Nikolaus adalah santo pelindung Rusia, para pelaut dan anak-anak. Pada hari pestanya pada tanggal 6 Desember, ia membawa berbagai macam hadiah untuk anak-anak. Santo Nikolaus dikenal sebagai santo yang sangat baik hati dan oleh karena itulah ia menjadi populer.

Paskalis: Santo Paus Paskalis I, nama lahir Paschalis Massimi, putra Bonosus, adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 25 Januari 817 hingga 11 Februari 824.

Paulus: Paulus atau Saulus, yang juga dikenal sebagai Paulus dari Tarsus, Saulus dari Tarsus, atau Rasul Paulus, diakui sebagai tokoh penting dalam penyebaran dan perumusan ajaran Katolik yang bersumberkan dari pengajaran Yesus Kristus.

Petrus: Petrus atau Kefas, disebut juga Simon Petrus, Rasul Petrus, Petrus sang Rasul, Santo Petrus, atau Paus Petrus, adalah salah seorang dari 12 Rasul Yesus dan salah satu pemimpin Gereja perdana. Ia adalah seorang nelayan dari Galilea yang diberi posisi pemimpin oleh Yesus.

Ia dan saudaranya, Andreas adalah rasul pertama yang dipanggil oleh Yesus. Simon dinamakan sebagai Petrus atau "batu karang", yang mengisyaratkan bahwa Yesus meletakkan landasan gereja-Nya di atas Petrus.

Pio: Padre Pio atau Santo Pius dari Pietrelcina adalah biarawan dari Ordo Saudara Dina Kapusin dalam Gereja Katolik Roma. Padre Pio menjadi terkenal karena mendapatkan stigmata selama hampir seluruh hidupnya. Kondisi ini menimbulkan banyak minat dan kontroversi di sekelilingnya. Ia diperingati sebagai seorang santo dalam Gereja Katolik Roma.

Pius: Pius V adalah Paus yang menjabat sejak 7 Januari 1566 sampai 1 Mei 1572.

Polikarpus: Polikarpus dari Smirna adalah uskup Gereja di Smirna (sekarang di daerah Izmir di Turki) pada abad ke-2. Ia ditikam dan mati, setelah usaha untuk membakarnya hidup-hidup pada tiang pancang gagal. Polikarpus dikenal sebagai seorang santo oleh Gereja Katolik Roma dan Gereja Ortodoks Timur.

Selestinus: Paus Selestinus I adalah Paus Gereja Katolik Roma dari 422 hingga 432.

Sergius: Santo Paus Sergius I adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 687 hingga 8 September 701.

Servatius: Santo Servatius adalah seorang misionaris Katolik dari Asia yang juga turut serta dalam kegiatan misi Katolik di Eropa Barat.

Silverius: Santo Paus Silverius (lahir tidak diketahui dan meninggal 2 Desember 537) adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 536 hingga Maret 537.

Simplisius: Paus Simplisius adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 468 hingga 10 Maret 483.

Sirisius: Paus Sirisius adalah seorang paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari 11 Desember 384 hingga 26 November 399.

Sirilus: Sirilus dari Aleksandria menjabat sebagai uskup di Aleksandria, Mesir mulai tahun 412. Ketika ia ditahbiskan menjadi uskup, Cyrillus menggantikan pamannya yaitu, Theofilus.

Sistus: Santo Paus Sistus I adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 117/119 hingga 126/128.

Soter: Santo Paus Soter adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 166 hingga 174.
Dalam masa kepemimpinannya, ia memutuskan untuk mengajar orang Katolik menyambut sakramen Mahakudus saat Kamis Putih, melarang kaum perempuanmembakar dupa, dan menetapkan bahwa sebuah pernikahan baru dapat dinyatakan sah bila dilaksanakan sebagai sakramen yang diberkati oleh seorang imam.

Stefanus: Stefanus adalah tokoh yang dihormati umat Katolik sebagai martir Katolik perdana.

Silvester: Paus Silvester I adalah seorang paus, pemimpin Gereja Katolik Roma, uskup Roma dari 31 Januari 314 hingga 31 Desember 335.

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial T-Z

Nama Bayi Laki-Laki Katolik Berdasarkan Nama Santo Inisial T-Z
Pexels/The Craft Wonder

Tarsisius: Santo Tarsisius adalah seorang martir awal Gereja Katolik yang hidup pada abad ke-3. Sedikit yang diketahui tentang dirinya berasal dari prasasti metrikal oleh Paus Damasus I.

Thomas: Santo Thomas adalah salah seorang dari 12 Rasul Yesus menurut catatan keempat Injil dan Kisah Para Rasul. Nama lainnya adalah Didimus ("orang kembar").

Timotius: Santo Timotius adalah seorang uskup Katolik abad pertama yang meninggal sekitar tahun 97 Masehi. Dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen dicatat bahwa Timotius bepergian dengan Rasul Paulus, yang juga menjadi mentornya.

Ulrich: Ulrich dari Augsburg merupakan seorang Uskup Augsburg di Jerman. Ia adalah santo pertama yang dikanonisasikan bukan oleh otoritas lokal melainkan oleh Paus.

Urbanus: Santo Paus Urbanus I adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 222 hingga 230.

Viktor: Santo Paus Viktor I adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak 189 hingga 199. Lahir di Provinsi Romawi Afrika (kemungkinan di Leptis Magna atau Tripolitania), ia merupakan paus pertama yang berasal dari tanah Afrika.

Vincentius: Vincentius a Paulo adalah seorang kudus (santo) dan tokoh pembaru Gereja Katolik Prancis.

Yakobus: Santo Yakobus, Anak Zebedeus adalah salah satu dari 12 Rasul Yesus. Ia adalah putra dari Zebedeus dan Salome, juga merupakan saudara dari Yohanes.
Ia disebut Yakobus Tua atau Yakobus Besar untuk membedakannya dengan rasul lainnya yakni Yakobus anak Alfeus. Yakobus tercatat bersama-sama Petrus dan Yohanes sebagai 3 murid yang paling dekat dengan Yesus Kristus.

Yoakim: Santo Yoakim adalah ayah dari Bunda Maria, yang merupakan ibu dari Yesus Kristus. Dengan demikian, Santo Yoakhim adalah kakek dari Yesus. Santo Yoakhim dan Santa Anna, istrinya, adalah keturunan Daud.

Yohanes: Yohanes Pembaptis atau Yohanes Pemandi adalah seorang guru dan penginjil terkenal di Provinsi Yudea pada abad ke-1 M yang dicatat riwayatnya dalam bagian Perjanjian Baru di Alkitab Kristen. Ia merupakan keturunan suku Lewi, putra dari Elisabet, saudara sepupu Maria, ibu Yesus.

Ayahnya, Zakharia adalah seorang imam dari rombongan Abia yang bertugas di Bait Allah. Dalam ajaran Katolik, Yohanes disimbolkan dengan seorang pertapa mengenakan pakaian dari bulu domba yang sedang berkhotbah dan bersanding dengan seekor domba dan tanggal peringatannya adalah 24 Juni dan 29 Agustus.

Yosef: Yusuf atau Yosef adalah suami dari Maria, ibu Yesus. Riwayatnya dicatat dalam Perjanjian Baru di Alkitab. Injil Matius memberi kesaksian bahwa Yosef adalah orang baik dan sederhana. Dia disebut "anak Daud", karena memang keturunan dari Daud. Santo Yosef bekerja sebagai tukang kayu.

Yulius: Paus Yulius I adalah Uskup Roma dari 6 Februari 337 hingga 12 April 352. Dia dikenal sebagai orang yang menetapkan tanggal 25 Desember sebagai hari kelahiran Yesus. 

Yustinus: Santo Yustinus dipandang sebagai penafsir terpenting teori Logos pada abad ke-2. Ia wafat sebagai martir bersama dengan sejumlah muridnya dan dihormati sebagai seorang santo atau orang kudus oleh Gereja Katolik.

Zakarias: Santo Paus Zakharias adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak November 741 hingga 14 Maret 752. Dia paus terakhir dari Kepausan Bizantium.

Zefirinus: Santo Paus Zefirinus adalah Paus Gereja Katolik Roma sejak tahun 199 hingga 217.
Dia memimpin gereja pada saat pemerintahan Kaisar Septimus Severus yang menganiaya umat Kristen. Zefirinus berjuang untuk mengembalikan umat yang murtad dan menegakkan iman yang kuat.

Nah, itu ide nama bayi laki-laki Katolik berdasarkan nama santo, Ma. Selamat memilih nama yang cocok untuk si Kecil!

Baca juga:

The Latest