TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA

Kapan Malam Nuzulul Quran 2024? Ini Jadwalnya

Jatuh pada malam ke-17 Ramadan, Ma

Pexels/Michael Burrows

Bukan tanpa alasan kenapa Ramadan disebut bulan yang istimewa dan penuh berkah. Di bulan ini, ada hari spesial yaitu nuzulul Qur'an. 

Al-Qur'an diturunkan pertama kali pada bulan Ramadan, tepatnya di tanggal 17 Ramadan. Surat yang pertama diturunkan adalah Al-Alaq, mengenai perintah untuk membaca. 

Peristiwa turunnya Al-Qur'an pertama kali disebut dengan Nuzulul Qur'an. 

Setiap tahun, masyarakat Indonesia kerap menjadikan malam Nuzulul Quran sangat spesial. Di tahun ini, Popmama.comakan memberikan jadwalnya. 

1. Pertama kali wahyu Al-Qur'an turun

Freepik

Al-Quran memiliki 2 periode penyampaian wahyu yaitu periode Mekkah dan Madinah. Wahyu turun secara berangsur-angsur selama 23 tahun lamanya. 

Mengutip pernyataan Imam Ibnu Katsir dalam kitab 'Al-Bidayah wan Nihayah, disebutkan kapan waktu tepatnya Al-Qur'an turun pertama kali. 

"Permulaan wahyu (diturunkannya Al-Qur'an) kepada Rasulullah SAW bertepatan dengan hari Senin malam ketujuh belas bulan Ramadan,"(Ibnu Katsir, Al-Bidayah wan Nihayah, [Beirut, Darul Fikr], juz III, halaman 11)

2. Malam Nuzulul Qur'an 2024

Freepik/rawpixel.com

Berdasarkan kalender Hijriyah yang dikeluarkan Kementerian Agama RI, Nuzulul Qur'an tahun ini bertepatan pada tanggal 28 Maret 2024. 

Dengan begitu, malam pada hari Rabu, 27 Maret 2024 merupakan malam Nuzulul Qur'an. Jadi, pastikan untuk memaksimalkan ibadah dan berbagai kebaikan di malam ini, ya. 

3. Keistimewaan malam Nuzulul Qur'an

Freepik

Ditengok dari situs NU Online, umat Islam dianjurkan untuk membaca Al-Qur'an pada malam Nuzulul Qur'an. Selain itu, ada juga beberapa keistimewaan dari malam Nuzulul Qur'an. 

Ini dia daftar keistimewaannya: 

  1. Memperoleh pedoman hidup dan petunjuk dari Allah SWT.
  2. Memperoleh pahala yang berlipat ganda.
  3. Memberikan syafaat di hari kiamat.
  4. Menentramkan jiwa dan pikiran. 

Di malam ini, Mama disarankan untuk membaca kitab suci Al-Qur'an. Agar lebih maksimal, Mama bisa membaca Al-Qur'an setiap selesai salat tarawih. Jika melakukan tarawih sebanyak 8 rakaat, maka bisa 4 kali baca Al-Qur'an. 

Mama juga bisa membaca Al-Qur'an setelah salat malam. 

Yuk, maksimalkan ibadahnya agar dapat pahala yang berlimpah!

Baca juga:

The Latest