6 Barang yang Harus Disiapkan di Kamar Bayi, Bikin Nyaman & Fungsional

Sudah lengkapi kamar bayi, Ma?

14 Juli 2021

6 Barang Harus Disiapkan Kamar Bayi, Bikin Nyaman & Fungsional
Unsplash/ÖmürdenCengiz

Menuju kehadiran buah hati, Mama tentu melakukan berbagai persiapan. Mulai dari fisik, mental, keuangan, hingga kenyamanan di rumah. Salah satu hal penting yang harus menjadi fokus adalah kenyamanan kamar bayi.

Selain nyaman dan estetik, penting untuk mengisi ruangan tersebut dengan berbagai kebutuhan bayi untuk mempermudah Mama melakukan berbagai aktivitas merawat bayi di satu tempat.

Agar merasa nyaman, aman, indah, serta fungsional, Popmama.com akan mengajak Mama menyiapkan enam barang yang harus ada di kamar bayi.

1. Tempat tidur

1. Tempat tidur
Unsplash/HelenaLopes

Tentu saja, satu hal yang mutlak harus ada dalam kamar bayi adalah tempat tidur. Berinvestasi pada tempat tidur bayi yang kokoh, luas, dan berkualitas akan sangat menguntungkan secara jangka panjang.

Selain aman untuk bayi, tempat tidur tersebut bisa tetap digunakan hingga usia bayi tiga tahun dan bisa digunakan juga sebagai tempat tidur bayi selanjutnya. Dalam mempersiapkan kamar bayi, isi dengan tempat tidur terlebih dahulu adalah langkah yang tepat!

2. Kain tempat tidur

2. Kain tempat tidur
Freepik

Setelah mempersiapkan kerangka tempat tidur, pastikan material kasur dan kain yang akan bersentuhan dengan bayi lembut serta tahan lama.

Bayi usia 0-6 bulan disarankan untuk menggunakan alas tidur yang tidak terlalu empuk untuk mencegah SIDS. Namun tetap gunakan bahan kain lembut yang nyaman untuk kulit sensitif bayi. Jangan lupa siapkan stok kain dan perlengkapan tidur bayi agar dapat rutin diganti secara berkala.

Editors' Picks

3. Meja bayi

3. Meja bayi
Pinterest/BrittaniBarber

Hal esensial lainnya yang harus Mama persiapkan adalah tempat atau meja khusus bayi. Karena kamar bayi akan jadi pusat kegiatan bayi di awal-awal usianya, meja bayi multifungsi akan sangat bermanfaat.

Baik untuk mengganti popok bayi, memakaikan baju setelah mandi, hingga menyiapkan botol susu dan makanan bisa dilakukan di meja ini. Agar lebih mudah, pastikan perlengkapan pendukung seperti popok, pakaian, botol susu, tisu basah, dan lain sebagainya ada di dekat meja.

4. Kursi untuk Mama

4. Kursi Mama
Pixabay/erikawittlieb

Mama akan menghabiskan banyak waktu merawat bayi di dalam kamarnya. Untuk membuat kamar lebih nyaman bagi Mama, siapkan satu kursi khusus yang dapat Mama duduki dalam waktu lama baik untuk menyusui bayi, membaca buku, hingga beristirahat.

Mulai dari single sofa empuk atau kursi goyang yang dapat digunakan untuk menidurkan bayi, semua kembali pada preferensi pribadi mama. Pastikan kursi yang Mama pilih cukup luas dan nyaman, ya.

5. Aliran udara

5. Aliran udara
Freepik/gpointstudio

Pastikan suhu kamar bayi tidak terlalu panas, tidak terlalu dingin, dan tidak pengap. Ventilasi dan aliran udara yang baik penting untuk menjaga kualitas udara di dalam kamar tempat Mama dan bayi banyak menghabiskan waktu sepanjang hari.

Mengingat kita berada di negara tropis yang cenderung bercuaca panas, disarankan untuk memiliki pendingin ruangan khusus di dalam kamar bayi untuk mencegah suhu tubuh bayi terlalu panas.

6. Dekorasi

6. Dekorasi
Instagram.com/tasyafarasya

Hal terakhir yang tidak kalah penting untuk disiapkan adalah dekorasi kamar. Karena ruangan ini akan sering ditempati Mama dan si Kecil, kenyamanan dekorasi juga harus dipikirkan dengan matang.

Mulai dari lantai, karpet, warna cat dinding, langit-langit kamar, hingga perabotan, usahakan menggunakan bahan yang nyaman dan aman untuk si Kecil serta senada dalam warna agar Mama betah berlama-lama.

Itu dia enam benda yang harus ada di kamar bayi. Persiapkanlah sebelum kehadiran si Kecil. Selamat bersiap, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.