Tips Menjaga Keamanan Bayi saat Mulai Tumbuh Gigi

Agar si Kecil tidak tersedak selama masa tumbuh gigi, perhatikan 5 hal ini yuk, Ma!

1 September 2021

Tips Menjaga Keamanan Bayi saat Mulai Tumbuh Gigi
Freepik/jcomp

Selama beradaptasi dengan pertumbuhan gigi, bayi sering menunjukkan perubahan seperti lebih sering menangis dan memasukkan tangan ke mulut, menggigit-gigit barang, hingga sulit makan.

Meski di rumah saja, Mama tetap perlu ekstra waspada agar dalam masa adaptasi ini bayi tidak tersedak. Jika tersedak, pernafasannya dapat terganggu bahkan terhenti. Bahaya, bukan?

Jangan khawatir, kali ini Popmama.com akan berbagi lima tips penting untuk menjaga keamanan bayi agar tidak tersedak selama masa awal pertumbuhan giginya. Yuk, simak informasinya berikut ini!

1. Jauhkan benda kecil dari jangkauan bayi

1. Jauhkan benda kecil dari jangkauan bayi
Pexels/Bruno Bueno

Rasa penasaran bayi dengan gigi baru yang menyembul dari gusinya seringkali mendorongnya untuk memasukkan benda-benda kecil ke dalam mulut. Jika benda tersebut tertelan, tentu bayi bisa tersedak dan sulit bernapas.

Pastikan Mama menjauhkan barang-barang kecil seperti jepit rambut, mainan, peniti, uang logam, penghapus, dan lain sebagainya dari jangkauan bayi. Agar lebih aman, berikan bayi teether khusus yang tidak dapat ia gigit.

Editors' Picks

2. Perhatikan mainan bayi

2. Perhatikan mainan bayi
Freepik

Baterai berukuran cukup kecil untuk dimasukkan ke dalam mulut bayi, namun cukup besar untuk membuatnya tersedak dan tidak bisa bernapas jika tertelan. Baterai dalam mainan bayi harus sudah terpasang dengan ekstra aman dan tersembunyi hingga sulit untuk diambil oleh si Kecil.

Selain itu, jika Mama punya anak yang sudah lebih besar dan memiliki mainan berukuran kecil seperti lego, hot wheels, dan manik-manik, pisahkan kotak mainan keduanya agar bayi terhindar dari tidak sengaja menelan mainan kakaknya.

3. Biasakan makan sambil duduk

3. Biasakan makan sambil duduk
Pexels/Andrea Piacquadio

Makan dalam posisi duduk baik untuk pencernaan dan membuat bayi lebih mudah diawasi. Jika si Kecil makan atau minum dalam posisi berbaring, berlarian, atau sambil bermain, risiko untuk tersedak juga semakin tinggi.

Ajak bayi duduk lalu ajak bicara atau hibur bayi agar i a nyaman dan dapat duduk dengan tenang sambil menyantap makanan atau minumannya.

4. Perhatikan ukuran, bentuk, dan tekstur makanan bayi

4. Perhatikan ukuran, bentuk, tekstur makanan bayi
Pexels/Vanessa Loring

Saat gigi bayi mulai tumbuh, Mama boleh bereksperimen dengan memberi makanan yang lebih padat dan bertekstur. Namun, di waktu ini juga bayi rentan tersedak karena masih belajar untuk mengunyah dan menelan dengan benar.

Mama tetap disarankan untuk mengolah makanan dalam potongan kecil, sudah ditumbuk walau kasar, dan hindari kacang-kacangan serta makanan yang terlalu padat hingga bayi berusia satu tahun.

5. Ajari bayi untuk mengunyah dengan benar

5. Ajari bayi mengunyah benar
Freepik/prostooleh

Penting untuk mengajari cara mengunyah dan menelan makanan dengan benar pada bayi yang baru tumbuh gigi agar tidak tersedak. Mama bisa melakukannya dengan ikut makan bersama bayi dan menyontohkannya secara perlahan sambil memberi instruksi verbal.

Nah, itu dia lima tips jitu menjaga keamanan bayi agar tidak tersedak di rumah selama masa awal pertumbuhan giginya. Jika bayi tersedak, segera lakukan pertolongan pertama atau bawa ke rumah sakit terdekat ya, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.