6 Tahap Tumbuh Kembang Bayi Umur 1 Bulan yang Harus Mama Tahu

Kemampuan indra dan motorik bayi semakin berkembang, penting untuk menstimulasinya di usia ini

17 Oktober 2020

6 Tahap Tumbuh Kembang Bayi Umur 1 Bulan Harus Mama Tahu
pexels

Banyak orangtua yang menganggap bahwa tidak ada perkembangan yang dimiliki oleh bayi berusia satu bulan. Mama juga mungkin menganggap bahwa si Kecil yang baru berusia satu bulan hanya bisa tidur dan menyusu. Padahal tanpa Mama sadari ada beberapa perkembangan yang sudah dimiliki si Kecil.

Apa saja sih perkembangannya sekarang? Simak hal-hal apa saja yang bisa terjadi padanya, yang berhasil Popmama.comrangkum.

1. Kemampuan indra pendengaran dan penciuman semakin baik

1. Kemampuan indra pendengaran penciuman semakin baik
youtube

Pendengarannya semakin sempurna, bayi akan menggerakan kepalanya atau matanya untuk menoleh ke sumber suara saat Mama memanggil namanya atau membunyikan suara di dekatnya.

Bayi juga semakin mengenali bau orangtuanya, di saat ada orang lain yang mendekatinya, biasanya bayi akan gelisah dan menangis.

2. Koordinasi tangan, kaki, dan mata semakin baik

2. Koordinasi tangan, kaki, mata semakin baik
pexels

Koordinasi gerak refleks kaki dan tangannya semakin baik. Jari tangan bayi secara refleks akan menggenggam benda yang diberikan kepadanya. Penglihatannya kini semakin peka dengan sinar atau cahaya terang yang ditandai dengan ketertarikan bola matanya mengikuti sumber cahaya.

Tangannya mulai diangkat mendekati kepala, biasanya sampai ke mulut dan mulai memasukan tangannya. Berilah mainan gantung berwarna-warni di atas tubuh bayi untuk melatih kemampuan sensorik dan motoriknya.

Editors' Picks

3. Frekuensi menyusu semakin bertambah

3. Frekuensi menyusu semakin bertambah
unsplash/Sean Roy

Frekuensi menyusu bayi semakin lama semakin bertambah dan waktu yang diperlukan untuk menyusu semakin panjang. Hal ini untuk memenuhi kebutuhannya karena lambungnya semakin besar dan aktivitasnya semakin banyak.

4. Pertumbuhan berat dan panjang yang semakin pesat

4. Pertumbuhan berat panjang semakin pesat
wallpaperscraft.com

Berat badan bayi kini sudah bertambah, untuk bayi laki-laki sekitar 3,4 kg – 5,7 kg dengan panjang badan sekitar 51,1 cm – 58,4 cm. Lingkar kepalanya kini berkembang menjadi 35,1 cm - 39,5 cm.

Sementara bayi perempuan, berat badannya menjadi sekitar 3,2 kg – 5,4 kg dengan panjang badan sekitar 50 cm – 57,4 cm. Lingkar kepala bayi perempuan di usia 1 bulan sekitar 34,3 cm – 38,8 cm.

Bayi baru lahir memiliki ubun-ubun yang lunak yang disebut fontanel dan akan mengeras seiring dengan bertambahnya usia. Jika fontanel bayi terlalu cekung atau masuk ke dalam itu pertanda ia mengalami dehidrasi. Namun jika fontanel terlalu menonjol bayi kemungkinan besar sedang mengalami masalah kesehatan, antara lain meningitis.

5. Waktu tidur semakin berkurang

5. Waktu tidur semakin berkurang
Freepik/yanalya

Memasuki usia satu bulan, waktu tidur si Kecil semakin berkurang. Di siang hari ia akan lebih lama bangun dan Mama bisa mengajaknya bermain dan ngobrol.

Mama juga sudah tidak perlu lagi begadang. Semakin baik kemampuan bayi mengenali jam alaminya, ia akan tidur lebih nyenyak di malam hari hingga pagi.

6. Mulai bisa bergumam dan tertawa

6. Mulai bisa bergumam tertawa
momjunction.com

Kemampuan berbicara bayi usia satu bulan memang belum sempurna, tapi dia sudah mulai mengeluarkan suara seperti gumaman, tawa memekik, untuk mengekspresikan perasaannya. Berikan balasan dengan mengikuti suara bayi dan bebicaralah face to face untuk kegiatan yang menyenangkan ini.

Nah itulah tahap tumbuh kembang bayi di usia satu tahun. Pastikan Mama selalu memerhatikannya dan periksakan ke dokter bila tumbuh kembang bayi tidak sesuai dengan usianya.

Baca juga: 

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.