5 Hal yang Harus Dicermati Sebelum Membeli Stroller

Bukan asal beli, pertimbangkan dulu hal berikut!

14 Januari 2021

5 Hal Harus Dicermati Sebelum Membeli Stroller
Dok. Bugaboo Fox2

Stroller boleh dibilang jadi salah satu perlengkapan bayi yang perlu dimiliki. Pemakaian stroller lebih dari sekadar alat bantu saat bepergian dengan bayi, tetapi juga dalam keseharian Mama dan si Kecil.

Apalagi, ada banyak sekali tipe kereta bayi yang beredar di pasaran dengan harga bervariasi. Semakin banyak pilihan, kadang membuat Mama semakin bingung. 

Nah, untuk mempermudah Mama menjatuhkan pilihan pada stroller yang tepat, berikut Popmama.com bagikan hal apa saja yang perlu dicermati sebelum membeli stroller. Yuk, simak bersama!

1. Bagaimana pemakaian stroller sehari-hari

1. Bagaimana pemakaian stroller sehari-hari
Pexels/Brett Sayles

Ini juga terkait bagaimana kebiasaan atau gaya hidup yang Mama jalani sehari-hari. Coba ajukan pertanyaan ini pada diri sendiri:

  • Apakah stroller akan dipakai dalam kegiatan sehari-hari atau untuk bepergian ke luar rumah sesekali?

  • Di mana Mama akan menggunakan stroller, di sekitar rumah atau apartemen, naik turun transportasi umum atau mobil pribadi, atau pergi menyusuri jalanan maupun mall?

Dua pertanyaan itu saja sudah bisa mengerucutkan pilihan stroller tertentu. Contohnya, jika Mama hanya memakai stroller di rumah, model apa pun tidak jadi masalah sepanjang sesuai dengan usia bayi. 

Sebaliknya, Mama butuh stroller ringan dan mudah dibuka atau dilipat jika sering bepergian keluar rumah. Bahkan, jumlah anak juga menentukan jenis stroller Mama. 

Punya anak kembar atau dua anak usia berdekatan, stroller dengan dua dudukan tentu lebih fungsional ketimbang membeli dua stroller berbeda.

Editors' Picks

2. Usia bayi dan lama pemakaian

2. Usia bayi lama pemakaian
Pexels/Yan

Jangan lupa cek detail peruntukan stroller, apakah bisa dipakai sejak bayi baru lahir atau tidak. Jika ya, stroller yang dapat dipakai newborn umumnya memiliki mode bassinet atau bisa direbahkan hingga 180 derajat.

Namun, ada pula stroller yang hanya diperuntukkan bagi bayi usia 6 bulan ke atas. Maka, usia bayi jadi pertimbangan penting dalam memilih stroller. 

Untuk Mama yang sedang hamil, membeli stroller yang bisa dipakai sejak bayi baru lahir hingga balita tentu lebih hemat. Pertimbangkan juga keinginan ‘mewariskan’ stroller tersebut pada anak kedua dan seterusnya.

Jika ya, carilah model kereta bayi yang memiliki desain timeless atau punya fitur add-on untuk car seat maupun dudukan tambahan.

3. Karakteristik stroller juga jadi pertimbangan

3. Karakteristik stroller juga jadi pertimbangan
Pexels/Tatiana Syrikova

Masing-masing stroller punya fitur yang membedakan satu dan lainnya. Karakteristik stroller ini penting untuk Mama tahu agar bisa menyesuaikan dengan kebiasaan harian Mama sekeluarga saat memakai stroller nanti.

Beberapa yang patut jadi dicermati antara lain:

  • Seberapa mudah stroller dilipat dan dibuka kembali
  • Berapa bobot stroller itu
  • Fitur keselamatan yang dimiliki, seperti rem pengaman dan safety belt
  • Kualitas roda
  • Tempat penyimpanan
  • Kanopi 
  • Material yang mudah dicuci
  • Masa pemakaian

4. Jangan lupakan faktor kenyamanan dan keamanan

4. Jangan lupakan faktor kenyamanan keamanan
Dok. Bugaboo Fox2

Kenyamanan dan keamanan stroller juga menjadi salah satu pertimbangan yang harus diperhitungkan. 

Jika Mama berencana memasukkan new born ke stroller, cari model yang menawarkan sandaran atau tempat tidur bayi. Gabungkan semua bagian.

Nah, kalau kamu berencana membeli stroller untuk dijadikan kereta dorong untuk travelling, maka perhatikan keamanannya untuk dijadikan kursi mobil, dan perhatikan apakah stroller bisa dipasang dalam kursi mobil kamu dan apakah aman saat dipasang menjadi car seat. 

Sebagai informasi, Bugaboo Fox2 memiliki kursi empuk dan bassinet yang ergonomis, sehingga anak Mama dapat merasa nyaman dari sejak lahir sampai usia balita.

Ada beberapa upgrade pada warna, bahan, jahitan, dan beberapa fitur premium yang ditambahkan seperti kantong depan dobel pada bassinet yang berguna, yang kini  termasuk sebagai bentuk standar.

Ini adalah stroller luar biasa untuk musim apapun dengan kanopi premium  pelindung dari sinar matahari berukuran XXL yang extendable dan panel khusus untuk alur udara yang lebih segar di musim panas, yang juga sudah menjadi standar.  

Stroller ini bisa dilipat untuk berdiri sendiri dalam satu bagian utuh dalam konfigurasi apapun atau memiliki  lipatan 2-piece untuk penanganan ekstra ringan dan ekstra ringkas tanpa roda. 

5. Harga pun menjadi hal yang krusial dalam membeli stroller

5. Harga pun menjadi hal krusial dalam membeli stroller
lazada.co.id

Seperti Mama tahu, harga stroller begitu beragam, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Jangan langsung merasa minder saat mengetahui harga stroller yang dibeli selebriti karena mereka tentu punya kebutuhan dan alasan sendiri.

Benar bahwa harga menentukan rupa, kualitas, dan kelengkapan fitur. Namun, harga stroller pun harus sesuai dengan bujet yang Mama anggarkan. 

Stroller mahal memang punya berbagai fitur yang memberi ekstra kenyamanan. Misalnya, pegangan yang dapat disesuaikan, rain shields, tempat penyimpanan lapang di bawah, maupun ekstra fungsi yang bisa berubah jadi car seat. 

Coba perhatikan, tidak semua fitur tersebut masuk kategori “harus ada” dalam sebuah stroller. Jika fitur itu tidak ada dan Mama tetap bisa memakai stroller sesuai fungsinya, plus bayi merasa nyaman, tidak masalah bukan?

Bagaimanapun juga daftar perlengkapan bayi cukup panjang dan stroller baru satu item saja. Alih-alih fokus membeli stroller dengan aneka fitur tetapi harga selangit, lebih baik Mama jatuhkan pilihan pada stroller yang terjangkau, tahan lama, dan sesuai kebutuhan.  

Sebagai rekomendasi, Mama yang ingin menghemat membeli stroller dengan harga yang ramah di kantong. Mama bisa mencoba merek Creative termasuk salah satu yang ekonomis, namun tetap memerhatikan desain serta keunggulan yang nyaman untuk dipakai oleh newborn

Stroller Creative dome classic cukup kokoh serta dilengkapi dengan kelambu. Ini membantu bayi terhindar dari paparan sinar matahari secara langsung. 

Posisi back rest (jok) pada stroller ini bisa diatur menjadi 3 posisi agar nyaman sesuai kebutuhan bayi, mulai dari posisi duduk, menyender sampai posisi untuk tidur.

Selain itu, roda pada stroller ini memiliki sistem penguncian agar memberikan keamanaan ketika digunakan. Nah, untuk harga stroller Creative berkisar dari Rp 500.000 hinga Rp 1.500.000. Cukup terjangkau kan? 

Itulah beberapa hal yang perlu Mama cermati sebelum membeli stroller untuk si Kecil. Semoga informasi ini bermanfaat dan selamat berburu stroller idaman!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.