Penuh Makna, Ini Deretan Bayi Artis Diberi Nama dengan Unsur Islami

Pemberian nama pada anak adalah salah satu bentuk doa orangtua

19 Agustus 2021

Penuh Makna, Ini Deretan Bayi Artis Diberi Nama Unsur Islami
Unsplash/Jonathan Borba

Salah satu tugas calon orangtua sebelum anaknya lahir adalah memberi nama si Bayi yang telah disepakati bersama

Pemberian nama dapat dikatakan sebagai hadiah yang diberikan dari orangtua ke anaknya yang baru saja terlahir ke dunia. Sebagaimana nama yang diberikan oleh orangtua sekaligus menjadi doa dan harapan, sehingga setiap nama memiliki maknanya tersendiri. 

Hal ini juga berlaku untuk para artis Tanah Air yang memiliki anak dan telah memberikan nama dengan unsur Islami, dari mulai Adly Fairuz sampai Zaskia Sungkar. 

Tertarik seperti apa nama-nama yang diberikan? Ini dia deretan arti nama bayi artis berunsur Islami yang telah Popmama.com lansir dari IDN Times! 

1. Ardashir Behrouz Al Barraq

1. Ardashir Behrouz Al Barraq
Instagram.com/adlyfayruz

Aktor tampan bernama Adly Fairuz telah menikahi seorang perempuan yaitu Angbeen Rishi pada 28 Maret 2020 lalu. Dari pernikahan tersebut mereka kini telah dikaruniai seorang anak laki-laki yang diberi nama Ardashir Behrouz Al Barraq. 

Nama anak Adly Fairuz dan Angbeen Rishi diambil dari bahasa Arab yang memiliki makna pemimpin yang memiliki kewibawaan. Nama "Ardhasir" sendiri diartikan sebagai pemimpin yang penuh kejujuran. Kemudian, nama "Behrouz" adalah orang yang memiliki keberuntungan, lalu "Al Barraq" itu artinya cemerlang. 

2. Baihaqqi Syaki Ramadhan

2. Baihaqqi Syaki Ramadhan
Instagram.com/da2_rizki123

Sempat bercerai, kini Rizki DA baru saja rujuk dengan sang Istri, Nadya Mustika pada Idul Adha 2021 kemarin. Dari pernikahan tersebut mereka memiliki satu anak yang diberi nama Baihaqqi Syaki Ramadhan. 

Di balik nama yang indah ini pastinya memiliki makna tersendiri. Anak dari Rizki DA dan Nadya Mustika memiliki arti yang dimulai dari nama "Baihaqqi" yang bermakna imam perawi hadis, yaitu seseorang yang rendah hati, bijaksana, dan rajin. Nama kedua "Syaki" diambil dari bahasa Arab yang berarti seseorang yang menuangkan air. 

Terakhir, "Ramadhan" yang artinya anak Rizki DA dan Nadya Mustika lahir bertepatan pada bulan Ramadhan yakni 13 April 2021. 

3. Louisa Latifah Michiels

3. Louisa Latifah Michiels
Instagram.com/diegomichiels24

Diego Michiels adalah pemain belakang sepak bola Indonesia yang bermain untuk Arema FC dan Tim nasional U-23 Indonesia. Pada tahun 2013, Diego Michiels memutuskan untuk menjadi mualaf dan memeluk agama Islam. 

Diego Michiels kini juga sudah memiliki pendamping hidup yakni Dhea Ananda Boru Simatupang yang telah menikah pada 5 Juli 2019 lalu. Dari pernikahan tersebut mereka dikaruniai dua orang anak. Anak kedua diberi nama yang berunsur Islami yaitu Louisa Latifah Michiels. 

Diawali dengan nama "Louisa" yang mengandung arti memiliki jiwa pembimbing, menarik, dan baik hati. Sementara itu, "Latifah" dalam bahasa Arab, bermakna halus, manis, atau lemah lembut. 

Ditutup dengan "Michiels" sendiri merupakan nama terakhir dari Diego Michiels. Louisa Latifah Michiels berarti anak keluarga Michiels yang kelak akan menjadi pembimbing yang lemah lembut.
 

Editors' Picks

4. Akleema Regalo Zulaikha

4. Akleema Regalo Zulaikha
Instagram.com/syamsir11alam

Masih dari anak pesepakbola Indonesia yang bermain untuk RANS Cilegon FC, yaitu Syamsir Alam. Sudah memiliki seorang istri yang bernama Bunga Jelitha Ibrani, dan memiliki anak perempuan pertama yang lahir di RSIA Tambak Menteng, Jakarta Pusat pada 6 Januari 2021 lalu.

Anak perempuan pertamanya tersebut diberi nama Akleema Regalo Zulaikha. Sebagaimana arti dari "Akleema" ternyata diambil dari Iqlima, yaitu nama anak perempuan Nabi Adam AS. 

Nama tengah "Regalo" merupakan bahasa Spanyol yang artinya anugerah atau hadiah untuk orangtua. Sementara, "Zulaikha" diambil karena Bunga Jelitha suka dengan cerita nabi Yusuf-Zulaikha. 

5. Malka Jennahara Al Fajr

5. Malka Jennahara Al Fajr
Instagram.com/michelladlen

Pemain FTV Indonesia, Michella Adlen kini tengah menikmati perannya sebagai Mama. Di balik suksesnya membintangi FTV dan film, Michella Adlen kini juga sudah memiliki dua anak. Anak perempuan kedua diberi nama Malka Jennahara Al Fajr. 

Pemberian nama Malka Jennahara Al Fajr memiliki makna yang mungkin membuat Mama terinspirasi. Arti keseluruhan dari namanya yaitu seorang putri yang insyaAllah menjadi untaian mutiara surga. "Malka" kemungkinan diambil dari bahasa Arab yang artinya perempuan atau ratu. 

Untuk "Jennahara" merupakan nama dengan karakteristik bahwa orang tersebut memiliki ambisi yang tinggi. Diakhiri dengan "Al Fajr" yaitu salah satu surah dalam Al-Qur'an. 

6. Ali Razi Bawazier

6. Ali Razi Bawazier
Instagram.com/vebbypalwinta

Model sekaligus penyanyi, Vebby Palwinta telah menikah dengan seorang laki-laki bernama Razi Bawazier pada 18 April 2020, setelah menjalani proses taaruf. Kini, keduanya tengah dikaruniai oleh satu anak laki-laki yang diberi nama Ali Razi Bawazier.

Namanya memang terlihat sederhana namun maknanya luar biasa. Nama "Ali" diambil dari menantu Nabi Muhammad SAW yaitu Ali Bin Abi Thalib dan harapannya dapat tumbuh seperti Ali Bin Abi Thalib. 

"Razi Bawazier" dapat dilihat seperti nama suami Vebby Palwinta ini, kemungkinan mengartikan bahwa Ali merupakan anak dari kepala keluarga Razi Bawazier. 

7. Khan Gionino

7. Khan Gionino
Instagram.com/ezagio

Eza Gionino adalah aktor Indonesia yang dikenal sebagai pemain di FTV maupun layar lebar. Saat ini Eza sudah menikah dengan perempuan yang bernama Meiza Aulia Coritha. Dari pernikahannya tersebut mereka dikaruniai dua anak, pada 21 Februari 2021 lalu Meiza melahirkan bayi laki-laki diberi nama Khan Gionino.

Khan Gionino, nama yang cukup singkat namun berunsur Islami di dalamnya. "Khan" adalah nama laki-laki yang banyak digunakan di Turki dan Arab yang memiliki arti pangeran. Sedangkan untuk "Gionino" diambil dari nama belakang Eza Gionino. 

8. Arshakalif Muhammad Mbayang

8. Arshakalif Muhammad Mbayang
Instagram.com/rey_mbayang

Pasangan Dinda Hauw dan Rey Mbayang saat ini sedang menikmati perannya sebagai orangtua. Sebab, pada 20 Juni 2021 lalu, Dinda Hauw baru saja melahirkan bayi laki-laki tampan yang diberi nama Arshakalif Muhammad Mbayang. 

Nama yang diawali dari kata "Arshakalif" memiliki karakteristik seseorang yang kuat dan berpendirian teguh. Kemudian dilanjut dengan "Muhammad" diambil dari Nabi Muhammad SAW yang harapannya dapat mengambil pelajaran dari Rasulullah. Diakhiri dengan kata "Mbayang" yang diambil dari nama belakang sang Papa, Rey Mbayang. 

9. Ukkasya Muhammad Syahki

9. Ukkasya Muhammad Syahki
Instagram.com/irwansyah_15

Setelah menanti selama 10 tahun lamanya, Zaskia Sungkar dan Irwansyah kini sudah dikaruniai bayi laki-laki dengan mengikuti program bayi tabung. Melalui operasi caesar, Zaskia berhasil melahirkan Ukkasya Muhammad Syahki pada 30 Maret 2021 lalu. 

Nama bayi laki-laki ini mungkin membuat Mama penasaran apa arti dari nama tersebut. Berdasarkan penjelasan Zaskia, "Ukkasya"  adalah salah satu sahabat Rasulullah yang pemberani dan saleh. Selanjutnya, nama "Muhammad" diambil dari Nabi Muhammad SAW, dan terakhir "Syahki" ternyata adalah singkatan dari nama Irwansyah dan Zaskia.

Demikianlah deretan nama bayi artis berunsur Islami. Setiap nama memiliki makna tersendiri ya, Ma. Mungkin saja Mama tersinpirasi dari salah satu nama bayi tersebut. Semoga bermanfaat, Ma!

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.