Begini Cara Ampuh Mengatasi Kolik pada Bayi Baru Lahir

Kolik ditandai dengan bayi menangis tanpa henti. Begini cara mengatasinya yang benar

23 Juni 2020

Begini Cara Ampuh Mengatasi Kolik Bayi Baru Lahir
Pixabay/joffi

Bayi menangis adalah hal yang wajar. Namun, jika Mama menemukan bayi mama menangis tanpa henti dan sulit ditenangkan, maka kemungkinan bayi mama sedang mengalami kolik.

Kolik merupakan kondisi yang membuat bayi menangis secara berlebihan selama beberapa jam dan sulit ditenangkan. Kondisi ini umum terjadi pada bayi baru lahir. Diduga penyebab utamanya berasal dari gangguan pencernaan seperti produksi gas berlebih pada saluran cerna atau usus yang sensitif terhadap jenis protein tertentu.

Meskipun tidak berbahaya, kolik membuat bayi merasa sangat tidak nyaman dan tentu saja hal itu seringkali membuat orangtua bingung dan panik. Namun, periode kolik biasanya tidak berlangsung lama.

Kondisi ini umumnya akan berhenti dengan sendirinya seiring dengan membaiknya saluran pencernaan dan meningkatnya sistem imunitas bayi.

Berikut ini Popmama.com merangkum cara ampuh mengatasi kolik pada bayi baru lahir:

Editors' Picks

1. Gejala kolik

1. Gejala kolik
Pixabay/StockSnap

Sebelum membahas cara ampuh mengatasi kolik pada bayi baru lahir, Mama sebaiknya mengenali gejala kolik pada bayi. Bayi yang terserang kolik cenderung lebih rewel dari biasanya. Selain itu, tangisan bayi akan terdengar lebih melengking dengan wajah yang memerah. Kondisi ini biasanya berlangsung selama beberapa menit hingga tiga jam atau lebih dan kadang disertai dengan buang angin atau buang air besar.

Ciri-ciri lain yang ditunjukkan pada bayi kolik adalah posisi tangannya yang mengepal, lutut ditarik ke arah perut dan otot-otot perut yang mengencang.

2. Cara mengatasi bayi kolik

2. Cara mengatasi bayi kolik
Unsplash/Julie Johnson

Umumnya, kolik dapat hilang dengan sendirinya seiring dengan membaiknya sistem pencernaan bayi. Namun, tetap saja Mama perlu melakukan sesuatu untuk menenangkan dan membuat bayi merasa nyaman.

Beberapa cara ampuh untuk mengatasi kolik pada bayi baru lahir adalah:

  • Pijat perut bayi dengan lembut. Lakukan pijat ‘ILU’ yang direkomendasikan untuk mengatasi masalah perut kembung atau kolik pada bayi. Pijatan ini dilakukan di sekitar area perut samping dan perut bawah bayi guna mengeluarkan gas berlebih di dalam saluran cerna.
  • Gendong bayi selama menangis dan usap lembut punggungnya agar ia merasa nyaman.
  • Mandikan bayi dengan air hangat, kemudian balur bagian punggung, perut, dan kaki menggunakan minyak telon.
  • Gunakan cahaya redup dan pastikan suhu di kamar cukup sejuk untuk membantu bayi merasa lebih tenang saat beranjak tidur.
  • Jika bayi minum ASI, pastikan posisi pelekatannya benar dan tidak ada ruang untuk udara menyelinap melalui mulut yang bisa mengakibatkan perut kembung. Sementara pada bayi yang minum susu formula, cek penggunaan botol dot agar tidak ada udara yang masuk saat bayi menyusu.

3. Tips mencegah kolik pada bayi

3. Tips mencegah kolik bayi
breastfeeding.support

Jika Mama memberikan ASI untuk bayi, maka batasi konsumsi teh, kopi, soda, dan makanan pedas yang dapat menimbulkan produksi gas berlebih pada saluran cerna bayi. Pastikan posisi menyusui benar dan usahakan untuk selalu menyendawakan bayi tiap selesai menyusu.

Perlu diingat bahwa kolik adalah kondisi yang normal terjadi di hari-hari awal kehidupan bayi. Jadi jangan panik, apalagi sampai menyalahkan diri sendiri ya, Ma.

Kondisi ini akan mereda dan hilang dengan sendirinya. Hanya dibutuhkan kesabaran ekstra dari Mama dan Papa saat menghadapi bayi yang sedang kolik dan bantu ia agar merasa lebih nyaman.

Nah, itulah cara ampuh mengatasi kolik pada bayi baru lahir. Semoga informasi ini bermanfaat.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.