Agar Tak Membengkak, Ini Dia 5 Tips Hemat Pengeluaran Popok Bayi

Merawat bayi memang menyita biaya yang besar

15 Mei 2019

Agar Tak Membengkak, Ini Dia 5 Tips Hemat Pengeluaran Popok Bayi
Freepik/Yanalya

Setelah melahirkan tentunya menjadi banyak pengeluaran yang cukup besar, salah satunya adalah kebutuhan popok sekali pakai (diaper).

Menghemat pengeluaran dalam pembelian popok merupakan hal yang perlu Mama lakukan. Lalu bagaimana caranya agar pengeluaran untuk popok tidak jadi semakin membengkak?

Nah, pertanyaan tersebut sering kali muncul di benak Mama bukan? Oleh karenanya simak 5 tips menghemat pengeluaran popok yang sudah dirangkum Popmama.com, yuk!

1. Jangan terlalu cepat mengganti ukuran popok

1. Jangan terlalu cepat mengganti ukuran popok
Freepik/waqassha

Kunci keberhasilan dalam pengelolaan keuangan adalah kejelian. Ketika memiliki bayi tentunya pengeluaran menjadi sangat membengkak.

Pada umumnya kebutuhan bayi terkadang menyita anggaran cukup banyak bukan? Oleh karena itu, Mama harus menghemat pengeluaran. Sadarilah bahwa semakin besar ukuran popok maka semakin sedikit pula jumlahnya dalam 1 pak.

Jadi sebaiknya Mama tidak terlalu cepat mengganti ukuran popoknya. Dengan cara ini Mama bisa menghemat biaya untuk membelinya. Bayi membutuhkan popok yang pas. Terlalu sempit akan membuat kulitnya terluka karena terkena paparan kotoran, sementara terlalu longgar menyebabkan kebocoran. 

Ukuran popok biasanya ditentukan oleh berat badan bayi. Dan range berat badan itu cukup besar sehingga Mama bisa menyetok persediaan popok jika sedang diskon.  

2. Manfaatkan voucher belanja

2. Manfaatkan voucher belanja
Freepik/Snowing

Di zaman yang serba canggih ini sudah banyak marketplace atau e-commerce yang bermunculan di Indonesia

Beberapa e-commerce memiliki kanal khusus perlengkapan bayi. Nah, Mama pun dapat memanfaatkannya sebaik mungkin.

Biasanya mereka memiliki banyak pilihan dan promo dari situs e-commerce. Mama dapat mencari voucher dan kode kuponnya, sehingga dengan penawaran tersebut Mama tidak membeli dengan harga normal dan dapat menghemat pengeluaran.

Editors' Picks

3. Mencoba berbagai merek

3. Mencoba berbagai merek
Freepik

Tentunya setiap orangtua selalu ingin memberikan yang terbaik untuk anaknya. Tak jarang orangtua rela menghabiskan uangnya demi membeli perlengkapan sang buah hati.

Padahal kalau bisa menghemat kenapa tidak. Jika Mama memang ingin berhemat, maka Mama harus mau mencoba berbagai merek popok.

Sebab tidak selamanya merek popok yang dipakai si Kecil ada harga promonya. Oleh karenanya jangan terpaku pada 1 merek saja. Tapi cobalah beralih pada berbagai merek jika ada merek lain yang sedang memiliki promo.

4. Beli banyak saat lagi diskon

4. Beli banyak saat lagi diskon
Freepik

Mama perlu tahu, bahwa salah satu tempat terbaik mendapatkan popok dengan harga murah yaitu ada di pameran khusus bayi.

Di sanalah berbagai merek hadir di satu tempat, Mama pun bisa mendapat sampel gratis dan bisa langsung membeli bermacam tipe popok berbeda dengan potongan harga menarik.

Tapi pastikan Mama datang lebih awal ke acara pameran dan jangan ragu membeli banyak ketika menemukan banyak harga promo seperti buy 1 get 1. Dengan begitu Mama bisa membeli dalam jumlah banyak.

5. Tidak tertipu dengan harga

5. Tidak tertipu harga
Freepik/user5679684

Setelah punya bayi, sebaiknya Mama tidak menyepelekan pengeluaran untuk popok.

Oleh karenanya hindari memilih harga popok dari kemasannya saja, karena setiap kemasan popok memiliki jumlah popok yang berbeda-beda.

Coba perhatikan, ada beberapa popok berisi 34 per pak. Tapi ada pula yang hanya isi 22 per pak. Jadi pastikan Mama tidak terpatok pada harga dari kemasannya saja. Cobalah menghitung harga per popok untuk menghemat pengeluaran.

Setiap orang pasti ingin memiliki cara tepat dalam mengatur keuangan. Dengan menghemat pengeluaran popok bayi adalah salah satu bentuk pengaturan keuangan yang perlu Mama lakukan sedini mungkin.

Baca juga:

Berlangganan Newsletter?

Mau dapat lebih banyak informasi seputar parenting?
Daftar sekarang!