Potret Bayi Audi Marissa saat Melakukan Metode Bayi Kanguru

Melahirkan anak pertama secara prematur, Audi Marissa akhirnya bisa melakukan kangaroo mother care

9 April 2021

Potret Bayi Audi Marissa saat Melakukan Metode Bayi Kanguru
Instagram.com/audimarissa

Kabar bahagia datang dari pasangan artis Audi Marissa dan Anthoni Xie yang telah menyambut kelahiran anak pertama mereka, pada Rabu (7/4/2021) lalu.

Bayi dari Audi Marissa lahir dengan kondisi prematur dan memerlukan perawatan intensif. Walau begitu, saat ini perempuan tersebut sudah bisa memberikan metode kanguru atau kangaroo mother care kepada bayinya.

Yuk Ma simak, potret bayi Audi Marissa saat melakukan metode bayi kanguru kepada bayi prematurnya, yang telah Popmama.com rangkum berikut ini.

1. Transisi dari rahim ke dunia luar

1. Transisi dari rahim ke dunia luar
Instagram.com/audimarissa

Di masa awal kehidupan, bayi mungkin akan merasa asing dengan dunia sekitarnya. Terlebih mengenai suhu udara.

Saat di dalam kandungan, rahim merupakan tempat yang hangat dan nyaman juga tenang. Sementara saat lahir, dunia luar memiliki suhu yang dingin. Sehingga bayi sering merasa kesulitan untuk beradaptasi.

Untuk membuat bayi merasa nyaman kerap kali bayi membutuhkan kehangatan, salah satunya dengan menggunakan metode kangaroo mother care.

Editors' Picks

2. Metode kangaroo mother care

2. Metode kangaroo mother care
Instagram.com/audimarissa

Metode kangaroo mother care merupakan metode yang dikembangkan sejak tahun 1970-an untuk mengatasi angka kematian yang terjadi pada bayi prematur.

Hal ini lah yang dilakukan oleh Audi Marissa yang melahirkan bayi prematur di usia kehamilan 31 minggu.

Karena, salah satu manfaat dari metode kangaroo mother care adalah dapat membantu meningkatkan saturasi oksigen dan menstabilkan laju jantung dan pernapasan si Kecil, Ma.

2. Kontak kulit ke kulit

2. Kontak kulit ke kulit
Instagram.com/audimarissa

Cara melakukan metode kangaroo mother care ini cukup mudah Ma. Yaitu dengan menyiapkan bayi tanpa busana kecuali popok, lalu letakkan bayi di dada mama atau papa kemudian tutupi dengan selimut.

Dari kontak kulit ke kulit yang dilakukan antara Mama dan bayi ini bertujuan untuk meniru kondisi rahim dan membuat bayi lebih hangat sehingga bayi bisa menjadi tenang.

4. Metode yang baik untuk menyusui

4. Metode baik menyusui
Instagram.com/audimarissa

Metode kangaroo mother care juga baik untuk menyusui si Kecil, Ma. Karena, saat bayi diletakan di atas perut mama, maka bayi akan merangkak untuk mencari payudara.

Kontak kulit ke kulit ini akan membuat rutinitas menyusui lebih cepat dan produksi ASI juga akan meningkat.

5. Meningkatkan ikatan batin mama dan bayi

5. Meningkatkan ikatan batin mama bayi
Pexels/rodnae-productions

Kontak dari kulit ke kulit yang dilakukan antara bayi dan orangtuanya dipercaya dapat meningkatkan ikatan antara anak dan orangtua.

Selain itu, metode ini juga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri orangtua untuk mengasuh dan membesarkan anaknya.

Itulah informasi terkait bayi Audi Marissa saat melakukan metode bayi kanguru. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama ya.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.