Mengenal Kangaroo Mother Care, Perawatan untuk Bayi Prematur

Metode perawatan ini dilakukan dengan melakukan kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu

17 November 2021

Mengenal Kangaroo Mother Care, Perawatan Bayi Prematur
mariebiancuzzo.com/

Bayi prematur ialah bayi yang lahir kurang dari 37 minggu. Kelahiran bayi prematur bisa disebabkan dari beberapa kondisi seperti infeksi, penyakit tertentu. Bisa juga karena gaya hidup yang tidak sehat ibu hamil ketika mengandung. 

Bayi prematur bisa saja akan mengalami perlambatan dalam tumbuh kembangnya jika tidak dirawat sesuai kebutuhan si Kecil. Merawat bayi prematur tidak sama dengan merawat bayi yang lahir normal.

Organ-organ penting dalam tubuh bayi prematur seperti saluran pencernaan, kulit, daya tahan tubuh serta paru-parunya belum berfungsi secara normal, ini karena memang sebenarnya mereka belum siap untuk lahir.

Perawatan khusus tentu dilakukan untuk bayi prematur supaya tumbuh kembangnya optimal. Selain menggunakan inkubator yang biasa digunakan untuk perawatannya, ada juga jenis perawatan yang biasa disebut Kangaroo Mother Care atau Perawatan Metode Kanguru (PMK).

Simak selengkapnya di bawah ini untuk mengetahui apa itu perawatan kangaroo mother care yang telah dirangkum Popmama.com.

1. Apa itu Kangaroo Mother Care?

1. Apa itu Kangaroo Mother Care
Parenting.firstcry.ae

Dikutip dari situs Ikatan Dokter Anak Indonesia, kangaroo mother care pertama kali diperkenalkan oleh Ray dan Martinez di Bogota, Columbia pada tahun 1979.

Metode ini merupakan perawatan untuk Bayi Berat Lahir Rendah (BBLR) atau untuk bayi yang terlahir dengan kondisi prematur. 

Dikenalkan sebagai alternatif untuk perawatan BBLR di tengah tingginya angka BBLR dan terbatasnya fasilitas kesehatan yang ada pada saat itu. 

Metode perawatan ini dilakukan dengan melakukan kontak langsung antara kulit bayi dengan kulit ibu atau skin-to-skin contact, di mana ibu menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan bayi. Metode ini bisa membantu bayi berkembang dengan baik karena Mama menggunakan suhu tubuhnya untuk menghangatkan si Kecil. 

Seperti namanya, kangaroo mother care ialah metode yang meniru binatang kanguru yang memiliki kantung di dirinya. Kanguru sendiri diketahui melahirkan bayi yang sangat prematur.

Sehingga setelah lahir, induk kanguru akan menyimpan anaknya di kantung perut untuk mencegah kedinginan sekaligus mendapatkan makanan yaitu air susu induknya. 

Editors' Picks

2. Manfaat Kangaroo mother care untuk bayi prematur

2. Manfaat Kangaroo mother care bayi prematur
Pexels/Pixabay

Dokter Spesialis Anak Konsultan Perinatologi, Prof. Dr. dr. Rinawati Rohsiswatmo, Sp. A(K) mengatakan kalau bayi prematur akan banyak membutuhkan hal-hal yang sangat dasar, misalnya saja kehangatan.

Ketika berada di dalam kandungan bayi merasa hangat, maka ketika ia lahir belum pada waktunya, sebisa mungkin memberikan kehangatan untuknya agar merasa seperti masih dalam kandungan. 

"Kalau di dalam kandungan dia kan hangat ya. Nah kita harus bisa meniru itu juga, misalnya dipeluk dan tidak jauh-jauh dari ibunya," tuturnya saat diskusi daring pada Selasa (16/112021).

Rinawati juga menambahkan kalau motode kangaroo mother care bermanfaat untuk membuat suhu tubuh pada bayi lebih stabil, meningkatkan fungsi organ tubuh bayi yang belum bisa berfungsi secara optimal, mempercepat peningkatan berat badan bayi dan juga memudahkan bayi menyusui. 

Selain itu, metode ini juga bisa membuat bayi lebih tenang, tidurnya kebih nyaman serta frekuensi menangis lebih jadi lebih sedikit. Membangun hubungan cinta dan kasih sayang antara orangtua dengan si Kecil. 

3. Kapan kangaroo mother care mulai dilakukan?

3. Kapan kangaroo mother care mulai dilakukan
Freepik

Dikutip dari situs Breastfeeding.support, semakin cepat bayi mendapatkan perawatan metode ini, maka semakin baik karena itu akan membantu tubuh si Kecil untuk segera beradaptasi dengan kehidupan di luar rahim. 

Metode kanguru dapat menstabilkan bayi lebih cepat daripada inkubator dan memberikan stimulasi pada indra mereka yang dieprlukan untuk perkembangan otak yang sehat seperti merasa aman dan hangat. 

Bayi prematur dapat mulai menyusui sejak usia kehamilan 28 minggu, tetapi perawatan kanguru dapat dimulai sebelum ini, bahkan saat bayi mama masih membutuhkan oksigen atau cairan infus, dan akan membantu menyusui lebih awal.

4. Apakah bisa melakukan kangaroo mother care pada bayi prematur di rumah?

4. Apakah bisa melakukan kangaroo mother care bayi prematur rumah
Pexels/Pixabay

Rinawati mengatakan bahwa kangaroo mother care merupakan perawatan terbaik untuk bayi prematur sekalipun di rumah.

Namun kembali lagi bahwa pihak medis pun tidak akan membiarkan bayi prematur yang belum cukup perkembang pulang ke rumah. 

"Yang terbaik perawatan bayi prematur, di rumah sekalipun ya kangaroo mother care. Bukan pakai botol panas, inkubator ataupun lampu (lampu perawatan di rumah sakit). Tempelin saja bayinya (ke dada ibunya). Kita meniru binatang kangguru gitu ya, bisa dibawa-bawa," kata Rinawati.

Tetapi, untuk itu ada baiknya melihat kondisi bayi terlebih dahulu dan kesiapan dari Mama agar tetap berada dalam pantauan dokter yang menangani. Karena bagaimanapun juga, bayi prematur membutuhkan perawatan yang khusus. 

Itulah informasi mengenai perawatan kangaroo mother care untuk bayi prematur. Semoga artikel ini dapat membantu Mama yang kini sedang merawat bayi prematur ya. 

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.