Wajib Tahu! Salah Membeli Stroller bisa Membahayakan Kondisi Anak

Ma, teliti dan hati-hati sebelum membeli ya!

4 Desember 2018

Wajib Tahu Salah Membeli Stroller bisa Membahayakan Kondisi Anak
Freepik/Prostooleh

Kesalahan dapat membeli stroller untuk si Kecil ternyata akan membahayakan dirinya.

Saat si Kecil lahir, stroller menjadi barang yang pasti dibeli orangtua. Stroller, menjadi barang penting untuk membantu kelancaran mobilitas saat bepergian ke luar rumah. 

Sekarang ini, banyak jenis-jenis stroller. Mungkin Mama juga bingung melihatnya dan tak tahu pasti mana yang harus dibeli. Dalam memilih stroller tidak boleh sembarangan. Para orangtua pun harus lebih jeli dalam memeriksa fungsi sebuah stroller. 

Jangan hanya tergiur harga yang murah, Mama seolah bisa membeli stroller manapun tanpa memikirkan kondisi si Kecil ke depannya. Walau terkesan sederhana, memilih stroller harus mempertimbangkan mengenai fungsi, kenyamanan hingga keamanannya.  

Jika hal ini dilanggar, tanpa disadari si Kecil bisa terancam bahaya yang dapat merugikan pertumbuhannya kelak. Berikut rangkuman dari Popmama.com mengenai bahaya yang bisa terjadi akibat salah memilih dan membeli sebuah stroller. 

1. Roda mudah tergelincir

1. Roda mudah tergelincir
Unsplash/Tommaso Pecchioli

Sebelum membeli stroller, Mama perlu memerhatikan dan mempertimbangkan ukuran roda. Ini sangat penting karena roda juga bisa berpengaruh pada kondisi jalanan yang dilaluinya. Misalnya jika roda tidak tepat, saat di jalanan berlubang atau licin, stroller si Kecil bisa tergelincir.  

Pilihlah ukuran roda stroller dengan kualitas terbaik agar meminimalisir terjadinya goncangan dan membantu perjalanan tetap merasa nyaman. Ukuran roda yang besar dan memiliki bahan seperti karet bisa membantu Mama ketika melewati jalanan dalam kondisi apapun. 

Fitur sistem penguncian juga membantu roda tidak mudah tergelincir dan membuat si Kecil tetap aman saat berada di dalam stroller. 

Baca juga: Inilah, Tips Memilih Double Stroller yang Tepat

2. Mengalami kelainan tulang belakang 

2. Mengalami kelainan tulang belakang 
Unsplash/Humphrey Muleba

Mungkin Mama sudah mengetahui di bawah 6 bulan, si Kecil memiliki bentuk tulang belakang yang belum sempurna. Ia masih membutuhkan banyak usaha saat harus duduk sendiri saat berada di dalam stroller. 

Untuk itu, pemilihan stroller tidak boleh main-main. Pemilihan stroller seperti tempat duduk serta bantalan yang tepat dan nyaman mampu membantu meminimalisir terjadinya kelainan tulang belakang. 

Bila dipaksakan berada di dalam stroller yang kurang nyaman, kesehatan si Kecil juga bisa terganggu. Hal seperti ini dapat memicu terjadinya skoliosis dan membuat tinggi tubuhnya kurang optimal. 

Gangguan tulang yang sudah dialami si Kecil karena stroller dapat berpengaruh terhadap kondisinya kelak saat tumbuh dewasa. Jadi, mulai pertimbangkan segala fitur yang ditawarkan dan harus hati-hati sebelum membeli stroller ya!

Baca juga: 5 Cara Praktis Membersihkan Stroller Bayi

Baca juga: 5 Bagian Ini Perlu Diperhatikan Saat Membeli Stroller

Editors' Picks

3. Mudah rewel saat bepergian

3. Mudah rewel saat bepergian
Pixabay/TanteLoe

Ketidaknyamanan yang dirasakan si Kecil terhadap kondisi stroller dapat memicu dirinya semakin rewel saat diajak bepergian ke luar rumah. Padahal stroller seharusnya dapat membantu Mamamembuat si Kecil nyaman saat berjalan-jalan. 

Kondisi rewel yang terjadi bisa juga dikarenakan stroller yang dibeli kurang besar, sehingga ia kurang leluasa bergerak. Selain itu, kanopi pada stroller harus membuat nyaman serta aman dari paparan sinar matahari. 

Perlu diperhatikan, Mama perlu membeli stroller yang meminimalisir si Kecil terkena paparan sinar matahari mengingat kulitnya masih sangat sensitif. Usahakan tetap melindungi dirinya agar suhu tubuhnya tidak meningkat secara drastis karena dapat memicu sindrom kematian bayi mendadak (SIDS). 

Suhu yang panas dan pakaian yang terlalu tebal dan tertutup dapat meningkatkan metabolisme bayi, sehingga dirinya kehilangan kontrol pernapasan. Berbagai hal yang terkesan sederhana tetap harus diperhatikan agar kondisi si Kecil tetap terjaga. 

Baca juga: Tips Memilih Stroller Bayi yang Tepat untuk Traveling

Baca juga: 7 Jenis Stroller yang Harus Diketahui. Mana yang Punya Mama?

Orangtua Perlu Mencari Stroller Terbaik 

Orangtua Perlu Mencari Stroller Terbaik 
Popmama.com/Fx Dimas Prasetyo

BabyStyle menghadirkan terobosan baru melalui produk terbarunya yang dinamakan hyBrid. Setelah mengeluarkan berbagai koleksi untuk para orangtua yang senang bepergian, Kini hyBrid menghadirkan koleksi terbarunya hyBird Cabi Stacy Edition. 

Stroller hyBird Cabi Stacy Edition sendiri telah melakukan soft launching pada 30 November lalu di Indonesia Maternity, Baby and Kids Expo (IMBEX) 2018 yang berlokasi di Jakarta Convention Center. 

Stroller hyBird Cabi Stacy Edition tampil berbeda dari koleksi sebelumnya karena lebih fashionable, ergonomics dan tentunya unik. Hal ini bisa dilihat dari roda belakang yang tampil lebih besar. Roda hyBird Cabi Stacy Edition terbuat dari karet dan memiliki sistem penguncian pada bagian depan. Fitur ini membantu si Kecil terasa nyaman dan aman saat terjadi guncangan di jalan yang rusak. 

Selain itu, perjalanan si Kecil akan lebih menyenangkan karena desain kanopi dan bahan kain pelapisnya yang trendi dari sebelumnya. Adjustable Leg Rest hyBrid Stroller ini pun dibuat menggunakan bahan kain yang lembut dan dapat disesuaikan dengan kaki si Kecil. Kanopi hyBrid Stroller didesain menjadi lebih trendi dengan kain yang bermotif serta membuat kulit bayi yang sensitif terlindung dari sinar matahari. 

Stroller hyBird Cabi Stacy Edition dapat menampung barang-barang Mama saat berbelanja dengan si Kecil. Sistem duduk dari stroller ini juga memiliki 3 posisi berbeda. Fitur lainnya bernama One Handed Compact Folding dapat membantu Mama dalam melipat hyBird Stroller menjadi lebih rapi dan mudah dipindahkan hanya dengan satu tangan. 

Untuk Mama yang penasaran dengan HyBird Cabi Stacy Edition bisa dilihat melalui Instagram @hybridstroller.id.