Tips Bepergian dengan Bayi Naik Pesawat ala Tarra Budiman dan Gya

Tarra Budiman dan Gya juga punya cara sendiri ketika anak menangis di pesawat

1 Juni 2019

Tips Bepergian Bayi Naik Pesawat ala Tarra Budiman Gya
Popmama.com/Michael Andrew

Setiap orangtua yang baru pertama kali mengajak bayi bepergian ke luar kota, tentunya menjadi momen yang mendebarkan apalagi jika menggunakan transportasi udara. 

Tarra Budiman dan Gya Sadiqah pun memiliki pengalaman tersendri ketika mengajak putri kecilnya bernama Kalea Jada Agyra pergi menggunakan pesawat.

Selain membawa banyak barang selama bepergian keluar, pasangan muda ini pun memiliki cara tersendiri ketika mengatasi anak menangis di dalam pesawat. 

Untuk Mama yang ingin mengetahui cerita dari Tarra Budiman dan Gya ketika mengajak anak bepergian menggunakan pesawat, kali ini Popmama.com telah mewawacarainya secara eksklusif disela-sela pemotretan Millennial Family of the Month edisi Mei 2019.

Penasaran seperti apa? Intip cerita Tarra dan Gya yuk, Ma!

Editors' Picks

1. Kalea selalu memiliki koper besar untuk keperluannya saat bepergian

1. Kalea selalu memiliki koper besar keperluan saat bepergian
Popmama.com/Michael Andrew

Saat bepergian dengan mengajak anak, tentu setiap orang memiliki cara tersendiri untuk memenuhi kebutuhan si Kecil selama jauh dari rumah begitu juga dengan Tarra dan Gya. 

"Aku dan Tarra belajar mengalah untuk anak. Jadi, sekarang itu kalau mau pergi sekoper berdua. Biasanya lebih centil, satu koper sendiri dengan ukuran agak gede udah seperti fashion show. Sekarang punya anak lebih banyak bawa barang-barang Kalea," ucap Gya kepada Popmama.com disela-sela waktu pemotretan. 

Walau hanya pergi beberapa hari saja, Gya menjelaskan kalau koper anaknya cukup besar seperti ingin pindahan lemari. Bahkan dirinya sampai beli payung kecil karena Kalea cukup sensitif terhadap sinar matahari dan mukanya sering merah-merah. 

"Aku itu mending bawa lebih daripada kurang, jadi semuanya dibawa. Apalagi aku itu Mama baru dan takut ada barang keperluan Kalea yang kurang. Barang-barang yang dibawa mulai dari popok bayi, payung kecil, kacamata, topi, sunblock, kacamata renang, popok khusus untuk berenang, stroller kecil, stok ASI, essential oils, minyak kutus-kutus baju dan beberapa barang lain. Untuk gendongan Kalea pun aku bawa dua," tambah Gya. 

Salut untuk Tarra dan Gya karena semua kebutuhan untuk anak pertamanya benar-benar sangat diperhatikan ketika bepergian ke luar kota.

Baca juga: 

2. Tarra dan Gya punya pertimbangan sendiri ketika mengajak bayi naik pesawat

2. Tarra Gya pu pertimbangan sendiri ketika mengajak bayi naik pesawat
Popmama.com/Michael Andrew

Mengikutsertakan bayi yang masih kecil untuk bepergian ke luar kota tentunya butuh persiapan dan pertimbangan ya, Ma. Ketika memilih perjalanan darat, laut ataupun udara ada banyak yang perlu diperhatikan saat harus membawa bayi. 

Sebagai pasangan yang resmi menjadi orangtua tepatnya pada tanggal 28 Desember 2018 lalu, Tarra dan Gya sudah beberapa kali mengajak putrinya liburan ke Bali menggunakan pesawat. 

Pengalaman Tarra dan Gya untuk selalu membuat Kalea merasa nyaman di dalam pesawat pun sempat dibagikan kepada Popmama.com ketika diwawancarai. 

"Aku selalu memastikan kalau naik pesawat itu selalu memilih ketika memang sedang jam-jam tidur Kalea. Usahakan untuk tidak di jam tanggung ketika memang waktunya melek," kata Gya. 

Tarra dan Gya pun memakaikan earmuff untuk Kalea agar meminimalisir rasa nyeri terhadap perubahan tekanan udara. Barang ini sangat berguna ketika pesawat sedang landas atau mendarat karena akan selalu ada perubahan tekanan udara yang dapat memengaruhi telinga bayi. 

Gya pun menyarankan para Mama untuk menggunakan baju yang cocok selama perjalanan termasuk model baju khusus saat menyusui. Tujuan agar lebih mudah ketika si Kecil lapar dan butuh ASI.  

Selain itu, sebenarnya ada beberapa hal yang perlu dipertimbangkan ketika mengajak bayi bepergian menggunakan pesawat, seperti: 

  • Tetap membawa berbagai kebutuhan anak selama di dalam pesawat. 
  • Mengetahui jarak tempuh dan lamanya penerbangan. 
  • Memerhatikan peraturan maskapai penerbangan. 
  • Menjaga kesehatan telinga si Kecil ketika pesawat landas dan mendarat. 

Semoga beberapa pengetahuan baru ini bisa menginspirasi Mama ketika mengajak si Kecil naik pesawat ya, Ma.

Baca juga: Eksklusif: Terapkan Sharenting, Tarra Budiman Tetap Jaga Privasi Anak

3. Tarra dan Gya memiliki cara sendiri mengatasi anak menangis di pesawat

3. Tarra Gya memiliki cara sendiri mengatasi anak menangis pesawat
Popmama.com/Michael Andrew

"Kalea sempat rewel ketika perjalanan mau pulang dari Bali ke Jakarta karena pesawatnya sempat delay. Jadi waktu itu udah tidur terus waktu sampai pesawat, kondisi pesawatnya lagi panas banget. Kalea itu paling nggak bisa kalau berada di ruangan yang panas. Waktu bangun tidur di dalam pesawat, jadi dianya kesel karena udara memang lagi panas. Abis itu, Kalea nangis," jelas Gya. 

Gya sempat menjelaskan kalau Kalea itu tipe anak yang kalau nangis tidak bisa didiamkan begitu saja. Kalea harus diajak jalan-jalan agar kembali tenang dan tangisannya berhenti. 

"Kalea itu anaknya senang gerak. Jadi kalau nangis, aku bawa Kalea jalan-jalan biar tenang suka gantian juga sama suster atau Tarra. Tapi akhir-akhir ini, Kalea udah bisa milih untuk digendong sama siapa. Kalau kemarin di pesawat, dia maunya sama aku dan Tarra untuk dibawa jalan-jalan," tambah Gya saat menjelaskan caranya mengatasi Kalea yang menangis di dalam pesawat. 

Sebagai orangtua baru, Tarra pun sempat memiliki pengalaman perdana ketika Kalea menangis di dalam pesawat. 

"Awalnya gue takut kalau Kalea nangis dan ganggu penumpang lain, terutama saat dirinya nggak mau tidur. Tetapi untungnya kita sebagai orangtua memiliki bonding yang cukup kuat. Jadi kalau Kalea nangis, gue udah muka badak sama penumpang lain. Pertama kali yang dilakukan otomatis gue angkat, lalu maratonlah bolak-balik di dalam pesawat untuk menenangkan agar lebih tenang," kata Tarra. 

Saat penumpang terganggu, Tarra pun meminta maaf  kepada penumpang lain untuk memaklumi putri kecilnya. 

Itulah beberapa cerita menarik ketika Tarra dan Gya bepergian ke luar kota menggunakan pesawat. Semoga cerita pasangan ini bisa memberikan inspirasi sendiri ketika membawa si Kecil bepergian ya, Ma. 

Baca juga: Tarra dan Gya Punya Prinsip Selalu Menyelesaikan Masalah Tanpa Ditunda

#MillennialFamily of the Month Edisi Mei 2019 – Tarra Budiman dan Gya Sadiqah
Production - Popmama.com 
Editor in Chief - Sandra Ratnasari
Fashion Beauty Editor - Onic Metheany  
Fashion Stylist – Girah Ababyl
Reporter – Sarrah Ulfah,  FX Dimas Prasetyo
Social Media - Sekar Retno Ayu
Photographer - Michael Andrew
Videographer - Bima Bintoro
Art Designer – Rama
Makeup & Hair Do – Linda Kusumadewi
All wadrobe by: Argyle & Oxford, Lekat di Hati, Fin, Wearbobe, Sinau Socks
Hairpin by: LaKomple

#MillennialMama of the Month

Tarra Budiman dan Gya Sadiqah
Millennial Mama

Tarra Budiman dan Gya Sadiqah

"Keluarga bahagia itu apa adanya, tanpa pencitraan"

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.