7 Rekomendasi Merek Bottle Sterilizer untuk Bayi

Pilihlah bottle sterilizer yang tepat agar botol bayi terhindar dari bakteri dan kuman

6 April 2021

7 Rekomendasi Merek Bottle Sterilizer Bayi
Freepik/rawpixel.com

Sterilisasi merupakan salah satu upaya yang dilakukan untuk membunuh kuman dan bakteri yang dapat menyebabkan berbagai penyakit pada suatu benda. Zaman dahulu, orangtua masih menggunakan cara tradisional, yaitu dengan merebus botol susu atau barang lainnya yang digunakan oleh bayi.

Namun, saat ini teknologi semakin canggih yang membuat semakin mudah dan praktis dalam mensterilisasi barang perlengkapan bayi. Dengan menggunakan bottle sterilizer dapat memudahkan Mama untuk menghilangkan bakteri dan kuman yang terdapat pada botol susu atau perlengkapan bayi lainnya.

Selain itu, sebagian bottle sterilizer memiliki fungsi lainnya, yaitu menghangatkan ASI dan merebus ataupun mengukus makanan bayi. Semakin banyak merek bottle sterilizer yang dijual di pasaran, mungkin akan membuat Mama kebingungan untuk memilih manakah yang aman dan bagus.

Berikut ini Popmama.com telah merangkum beberapa merek bottle sterilizer untuk perlengkapan bayi.

1. Baby Safe LB317 Express Steam Sterilizer

1. Baby Safe LB317 Express Steam Sterilizer
Tokopedia.com

Baby Safe merupakan salah satu merek bottle sterilizer yang mampu mensterilkan enam botol susu sekaligus. Alat ini memiliki lampu indikator dan thermostatic control (pengatur suhu) yang tentunya memudahkan Mama untuk menjamin seluruh botol tetap berada pada suhu sesuai standar.

Saat Mama menggunakan alat ini, mesin pengontrol suhu akan bekerja secara otomatis. Jika proses sterilisasi botol telah selesai, lampu indikator akan mati dan mesin berhenti bekerja dengan sendirinya.

Biasanya alat Baby Safe memerlukan waktu untuk mensterilisasi botol selama delapan menit. Uniknya, alat ini dilengkapi penjepit botol yang akan memudahkan Mama untuk mengambil botol setelah proses sterilisasi selesai agar tangan mama tidak kepanasan.

Jika Mama tertarik untuk membeli alat ini, Baby Safe LB317 Express Steam Sterilizer terjual di pasaran dengan harga sekitar Rp 265.000.

2. Crown CR-1288 Sterilizer Multifunction

2. Crown CR-1288 Sterilizer Multifunction
Tokopedia.com

Alat sterilisasi merek Crown CR-1288 dapat menampung sebanyak enam botol. Alat ini mengeluarkan panas hingga 100 derajat celcius, sehingga botol susu bayi terhindar dari kuman dan bakteri yang menempel.

Sterilizer multifungsi ini hemat listik, sehingga tidak perlu membuat Mama khawatir akan tagihan listrik. Biasanya alat ini hanya memerlukan waktu untuk mensterilisasi botol susu bayi selama sembilan menit saja.

Alat sterilizer yang satu ini dilengkapi dengan alat lainnya, seperti perasan jeruk, penjepit botol susu bayi, dan mangkuk bubur. Alat tambahan ini dapat Mama gunakan setelah si Kecil berusia di atas enam bulan.

Namun, Crown CR-1288 harus dikeringkan secara manual. Setelah Mama menggunakan alat ini, sebaiknya rajin dibersihkan karena bagian besi pemanas mudah berkerak.

Crown CR-1288 Sterilizer Multifunction terdapat di pasaran dengan harga sekitar Rp 213.000.

Editors' Picks

3. Dr. Brown s Deluxe Electric Bottle Sterilizer

3. Dr. Brown s Deluxe Electric Bottle Sterilizer
Tokopedia.com

Dr. Brown’s Deluxe merupakan alat sterilizer uap listrik yang dapat menampung sebanyak enam botol. Alat ini memerlukan waktu untuk mensterilisasi botol hanya dalam 12 menit.

Alat sterilizer ini telah dilengkapi dengan penjepit botol yang memudahkan Mama untuk mengambilnya ketika selesai mensterilisasinya. Produk ini juga memiliki tombol switch off. Jika proses sterilisasi botol telah selesai, mesin akan berhenti bekerja dengan sendirinya.

Dr. Brown s Deluxe terjual di pasaran dengan harga sekitar Rp 1.200.000.

4. IQ Baby Steam Sterilizer Express 6 Bottles

4. IQ Baby Steam Sterilizer Express 6 Bottles
Shopee.co.id

IQ Baby merupakan alat sterilizer yang aman dak tidak mengandung Bispheol-A. Alat ini memiliki kapasitas yang besar, sehingga bisa mensterilisasi hingga enam botol susu dalam satu waktu.

IQ Baby juga dilengkapi dengan lampu indikator yang akan menyala saat Mama mulai menggunakannya. IQ Baby juga memiliki rak terpisah untuk dot dan tutup botol.

Alat ini membutuhkan waktu untuk mensterilisasi botol selama 15 menit dan lampu indikator akan mati secara otomatis. 

IQ Baby Steam Sterilizer Express bisa Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 200.000.

5. Little Giant LG.4907 Multifunctional Sterilizer

5. Little Giant LG.4907 Multifunctional Sterilizer
Tokopedia.com

Little Giant memiliki kapasitas yang cukup besar dan bisa mensterilisasi hingga empat botol susu dalam satu waktu. Alat ini dilengkapi oleh timer dan indikator lampu.

Ketika Mama menggunakan sterilizer ini dan prosesnya telah selesai, akan terdengar suara bunyi otomatis. Sehingga, memudahkan Mama untuk mengetahui apakah sudah selesai mensterilisasi atau belum.

Alat ini mudah dibersihkan dan dapat dibongkar pasang, sehingga kebersihannya tetap terjaga. Selain itu, alat sterilizer ini bisa digunakan untuk berbagai fungsi lainnya, seperti mengukus sayuran, merebus telur, menghangatkan susu bayi, dan memanaskan bubur bayi. Jadi Mama bisa menggunakannya hingga masa MPASI.

Little Giant LG.4907 Multifunctional Sterilizer bisa Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 250.000.

6. Panasonic FD S03S1 Dsterile Sterilizer Dish Dryer

6. Panasonic FD S03S1 Dsterile Sterilizer Dish Dryer
Tokopedia.com

Alat sterilizer merek ini memiliki bentuk yang unik dan berbeda dari lainnya, yaitu berbentuk seperti rak piring. Sehingga, berkapasitas besar dan dapat mensterilisasi botol atau barang lainnya dengan jumlah banyak dalam sekali pemakaian.

Alat ini mengeluarkan panas hingga 70 derajat celcius yang dapat mensterilisasikan botol si Kecil, sekaligus mengeringkannya.  Tak hanya milik si Kecil, perlengkapan piring keluarga mama juga bisa di sterilisasi menggunakan alat ini.

Panasonic Sterilizer ini hanya dilengkapi dengan satu tombol, sehingga memudahkan Mama saat menggunakannya. Alat ini memerlukan waktu untuk mensterilisasi hanya dalam 20 menit.

Namun, ukuran alat ini cukup besar sehingga membutuhkan ruang penyimpanan dengan space yang besar. Selain itu, listrik yang digunakan dalam satu kali pemakaian bisa mencapai 250 watt.

Panasonic FD S03S1 Dsterile Sterilizer Dish Dryer dijual di pasaran dengan harga sekitar Rp 820.000.

7. Philips Avent 3in1 Electric Steam Sterilizer

7. Philips Avent 3in1 Electric Steam Sterilizer
Tokopedia.com

Philips Avent memiliki ukuran alat yang kecil, sehingga lebih mudah disimpan. Kapasitas dari alat ini cukup besar untuk menampung hingga enam botol yang ukuran berbeda dalam satu kali pemakaian.

Alat sterilizer merek Philips ini terbuat dari bahan yang bebas BPA, sehingga aman digunakan untuk sterilisasi perlengkapan bayi. Alat ini memerlukan waktu yang cepat untuk mensterilisasi, yaitu hanya enam menit.

Namun, setelah proses sterlisasi selesai, Mama diharuskan mengeringkan botol tersebut secara manual. Alat sterilisasi ini membutuhkan daya listirik sebesar 650 watt dalam sekali pemakaian.

Philips Avent 3in1 Electric Steam Sterilizer bisa Mama dapatkan dengan harga sekitar Rp 1.000.000.

Itulah beberapa rekomendasi merek bottle sterilizer yang aman untuk bayi. Semoga informasi di atas dapat membantu Mama untuk memilih ya, Ma.

Baca juga:

Tanya Ahli

Mulai konsultasi seputar parenting yuk!

Hai Ma, mama mulai bisa bertanya dan berbagi pengalaman dengan ahli parenting.